Image: Pixabay

Vitamin apa saja yang ada di dalam pisang?

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 1, 2021)

Buah Pisang Yang Kaya Manfaat

Pisang merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Pisang adalah salah satu jenis buah tropis yang memilik tekstur daging buah yang lembut tumbuh dengan rasa dan jenis yang bermacam-macam.

Pisang termasuk buah-buahan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan seperti berguna untuk menekan depresi, mengurangi mual di pagi hari, mencegah penyakit kanker ginjal, diabetes, osteoporosis dan kebutaan.

Karena manfaatnya yang sangat besar, lalu Vitamin apa saja yang ada dalam buah pisang? Dan apa manfaat buah pisang untuk kesehatan? Berikut ini adalah informasi tentang buah pisang yang pastinya akan bermanfaat untuk anda.

Apa saja manfaat buah pisang?

Pisang adlaah salah satu buah tropis yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Selain rasanya yang enak, ternyata buah pisang memiliki manfaat yang luar biasa.

Lalu vitamin apa saja yang terkandung dalam buah pisang sehingga pisang dapat memberikan efek perlindungan bagi kesehatan? berikut ini adalah ulasannya.

Buah Pisang kaya akan serat, antioksidan dan berbagai nutrisi. Hal ini tentunya pisang bisa memberikan kita asupan serat yang bermanfaat untuk pencernaan.

Pisang merupakan sumber kalium dan magnesium, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Hal ini pun menjadikan pisang sebagai makanan konsumsi bagus untuk mencegah penyakit jantung.

Mengkonsumsi pisang ukuran sedang setiap hari dapat membantu tubuh membuat kalogen dan melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Walhasil anda pun akan memiliki wajah dan kulit menarik jika sering mengonsumsi pisang.

Pisang juga mampu mengatur tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang dan dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan tinggi nutrisi dan serat.

BACA JUGA:  Apakah Zaitun Bisa Menghilangkan Flek Hitam?

Makan pisang rutin selama seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50%. Pisang dapat membantu meredakan kram otot akibat olahraga.

Pisang juga ampuh untuk memperkuat helai rambut, Anda pun akan memiliki rambut yang lebih tebal dan panjang.

Dengan kandungan vitamin B yang tinggi, membantu mengurangi stres dan mempersiapkan dasar untuk tidur yang nyaman.

Studi menunjukkan bahwa makan pisang dapat membantu mencegah mengi pada anak penderita asma. Karena kandungan zat besi yang tinggi, pisang juga bisa membantu mereka yang menderita anemia.

Pisang juga berfungsi untuk melindungi kesehatan otak. Pisang kaya pektin membantu pencernaan serta mengeluarkan racun dan logam berat dari tubuh.

Serat yang tinggi pada pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus. Makan pisang melindungi mata dari degenerasi makula dan meningkatkan penyerapan kalsium, menciptakan tulang yang kuat.

Vitamin apa yang ada di dalam buah Pisang?

Karena pisang memiliki manfaat yang sangat besar sebagaimana di atas, ternyata hal itu dikarenakan pisang mengandung banyak sekali vitamin yang berguna untuk tubuh.

Dalam 100 gram pisang terkandung zat-zat kurang lebih: Air: 74,91 g, Energi: 89 kkal, Protein: 1,09 g, Lemak Total: 0,33 g, Karbohidrat: 22,84 g, Serat: 2,6 g, Gula total: 12,23 g, Kalsium: 5 mg, Besi: 0,26 mg, Magnesium: 27 mg, Fosfor: 22 mg, Kalium: 358 mg, Natrium: 1 mg, Seng: 0,15 mg, Vitamin C: 8,7 mg, Tiamin: 0,03 mg, Riboflavin: 0,07 mg, dan Niasin: 0,67 mg.

Beragam vitamin lain yang dikandung pun juga termasuk vitamin B-6 0,37 mg, Folat: 20 µg, Vitamin B-12:0 µg, Vitamin A, RAE: 3 µg, Vitamin A, İÜ: 64 IU, Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,1 mg, Vitamin D (D2 + D3): 0 µg, Vitamin D: 0 IU, Vitamin K (phylloquinone): 0,5 µg, Minyak asam, jenuh total: 0,11 g, Asam lemak, tak jenuh tunggal total: 0,03 g, Asam lemak, tak jenuh ganda total: 0,07 g, Asam lemak, trans total: 0 g, dan Kolesterol: 0 mg.

BACA JUGA:  Kisah Nabi Yusuf Lengkap | Kisah Islami


Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *