Siapakah Yang menurunkan Al Quran?

Siapakah Yang menurunkan Al Quran? Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang memuat berbagai petunjuk untuk pedoman hidup umat manusia. Al-Quran diturunkan berangsur-angsur atau tidak sekaligus selama kurun waktu 23 tahun. Al-Quran diterima oleh Nabi Muhammad Saw, seorang nabi berkebangsaan Quraisy yang nasabnya sampai kepada Nabi Ibrahim melalui Nabi Ismail.

Al-Quran pada saat diturunkan tidak ditulis dalam kitab yang kemudian disebut mushaf seperti sekarang. Dulu al-Quran setelah diturunkan dihafal langsung oleh para sahabat. Karena kebutuhan tertentu al-Quran pun kemudian mulai ditulis dalam mushaf.

Siapakah Yang menurunkan Al Quran?

Mungkin para pembaca ada yang bertanya tentang asal dari al-Quran, dari mana turunnya al-Quran dan siapakah menurunkan Al Quran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara lebih rinci.

Adapun al-Quran adalah kitab yang diturunkan oleh Allah Swt, Tuhan seluruh alam semesta dengan tujuan sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam surah Waqiah ayat 80 berikut:

تَنزِيلٌ مِّن رَّبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

“Diturunkan dari Rabbil ‘alamiin.”

Pada saat diturunkan, kaum Kafir Quraisy mengingkari bahwa al-Quran berasal dari Allah. Namun setelah ditantang untuk membuat kalam yang melebihi keindahan al-Quran, mereka pun tak mampu.

Orang-orang kafir Quraisy itu sebenarnya tahu bahwa al-Quran adalah kalam Allah, namun mereka sombong dan keras hati karena enggan mengakuinya. Mereka enggan meninggalkan menyembah berhala dan tradisi-tradisi jahiliyah yang menguntungkan mereka namun merugikan orang lain seperti berbohong, fitnah, dan perbuatan buruk lainnya.

al-Quran adalah Kitab Terakhir

Al-Qur’an adalah kitab terakhir yang diturunkan Allah kepada umat manusia. Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad Saw. al Quran diwahyukan kepada Nabi Muhammad (saw) oleh Jibril (as) melalui wahyu dan telah bertahan hingga hari ini dengan ditransmisikan darinya melalui riwayat yang mutawatir atau diriwayatkan oleh masyarakat dalam jumlah yang banyak sekali.

Al-Qur’an adalah kitab yang berisi panduan terhadap aspek material dan spiritual yang diperuntukan bagi individu dan masyarakat, untuk semua kelas masyarakat, untuk seluruh kehidupan manusia di semua negara dan setiap masa.

Setiap orang siapapun itu mulai dari kepala pemerintahan, pemimpin maupun masyarakat biasa akan bisa menemukan suatu hal yang menjadi petunjuk baginya di dalam al-Quran. Al-Quran mencakup pengetahuan dan pelajaran yang diperlukan untuk mencapai kedamaian dan kebahagiaan duniawi dan dunia lain.

Originally posted on December 25, 2021 @ 11:16 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *