Image: Pixabay

Siapakah Ummu Aiman Itu? Biografi Ummu Aiman

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 27, 2021)

Siapakah Ummu Aiman?

Barakah Arab: بركة, putri Tha’alaba bin Amr, yang dikenal sebagai Umm Ayman (bahasa Arab: أم أيمن), adalah seorang budak perempuan Abyssinian dari Abdullah ibn Abdul-Muttalib atau istrinya Aminah. Sejak Aminah meninggal, Umm Ayman mengasuh anaknya, Muhammad, hingga dewasa. Kemudian Muhammad membebaskannya, tapi dia dengan penuh kasih sayang melayani Muhammad dan keluarganya untuk waktu yang lama. Nabi Islam telah memperkenalkannya sebagai wanita surgawi. Umm Ayman hadir di Pertempuran Uhud dan Pertempuran Khaybar.

Orang Tua Dan Keluarga Ummu Aiman

Barakah , putri Tha’alaba bin Amr, yang dikenal sebagai Umm Ayman , adalah budak perempuan Abyssinian dari Abdullah ibn Abdul-Muttalib, ayah Muhammad, atau istrinya Aminah. Dia menjadi pembantu Muhammad setelah kematian Abdullah dan Aminah.

Ummu Aiman Merawat Nabi Muhammad Saw. Saat Kecil

Sejak Aminah wafat di Al-Abwa, Barakah menjaga Muhammad sampai masuk ke Makkah. Juga dia melayani Muhammad untuk waktu yang lama dan mengambil alih perawatannya sampai dia dewasa. Abdul-Muttalib telah berkata kepada Barakah bahwa jangan mengabaikan anak saya, Ahli Kitab berpikir bahwa anak saya adalah nabi bangsa ini.

Pernikahan dan Keluarga Ummu Aiman

Ketika Muhammad menikah dengan Khadijah, dia mengatur kebebasan Barakah dan pernikahan dengan seorang Khazrajite bernama Ubayd ibn Zaid. Barakah melahirkan seorang putra bernama Ayman sehingga dia dikenal sebagai Umm Ayman yang berarti ‘ibu dari Ayman’. tak lama kemudian suaminya, yang merupakan sahabat Nabi Islam, tewas dalam Pertempuran Khaybar. Selain itu putranya tewas dalam Pertempuran Hunayn.

Zayd ibn Harithah menikah dengan Barakah. Dikatakan bahwa mereka memiliki seorang putra bernama Usama yang akan menjadi salah satu pemimpin masa depan Islam. Namun, anak laki-laki ini lahir dari Zayd antara 612 dan 615, yang membuat Umm Ayman tidak mungkin menjadi ibu, karena dia tidak akan menjanda sampai 628, setelah itu dia menikah dengan Zayd. Karena Umm Ayman setidaknya delapan tahun lebih tua dari Muhammad, dia setidaknya akan berusia 50 tahun ketika Usama lahir dan setidaknya 66 tahun ketika menikah dengan Zayd.

BACA JUGA:  Siapakah Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu? Biografi Abu Hurairah Ra

MIGRASI
Ketika Muhammad menerima kenabian Islam, Umm Ayman termasuk di antara Muslim pertama. Kemudian, dia pindah ke Madinah.

Ummu Aiman Dalam Pertempuran

Umm Ayman hadir di Pertempuran Uhud. Dia menyirami para pejuang dan mengobati luka-luka. Dia juga menemani Nabi Islam dalam Pertempuran Khaybar.

Dalam pertempuran Uhud, banyak orang melarikan diri ke Madinah setelah rumor kematian Muhammad. Umm Ayman memercikkan debu ke wajah beberapa buronan, memberi mereka spindel dan berkata: “berikan aku pedangmu dan [kamu] putar spindle.” Kemudian dia pergi ke medan perang bersama dengan beberapa wanita.

Selanjutnya dia terluka oleh panah yang ditembakkan oleh Hebban bin Araqa, seorang tentara musuh padanya.

HUBUNGAN DENGAN AHL AL-BAYT

Nabi Islam sangat menyayangi Umm Ayman, bahkan konon terkadang ia menyebut Umm Ayman sebagai ibunya. Beberapa hadits dikutip tentang martabatnya yang tinggi untuk Nabi Islam. Nabi mengunjungi Umm Ayman di rumahnya, dan mengikuti Nabi Islam, Abu Bakar dan Umar melakukan hal yang sama. Makanya, dalam beberapa sumber hadits, ada bab tentang keutamaan Umm Ayman. Dalam sumber-sumber Syiah dia disebutkan dengan hormat juga.

Nabi Islam telah memperkenalkannya sebagai wanita surgawi. Setelah Nabi wafat dan penyitaan Fadak oleh Abu Bakar, Umm Ayman bersama Imam Ali adalah satu-satunya yang bersaksi bahwa Nabi memberikan Fadak kepada Fatimah.

Beberapa hadits diriwayatkan dari Umm Ayman. Mereka seperti Anas ibn Malik, Abu Yazid Madani dan Hanash bin Abdullah San’any telah meriwayatkan darinya.

Wafatnya Ummu Aiman

Tanggal pasti kematian Umm Ayman tidak jelas. Beberapa orang mengatakan dia meninggal kira-kira lima bulan setelah kematian Nabi Islam. Tetapi menurut ibn Sa’d mengutip dia masih hidup sampai hari-hari awal kekhalifahan Utsman.



BACA JUGA:  Siapakah Imam Syafii? Biografi Imam Syafii
Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *