Siapakah Syaikh az-Zarnuji? Biografi Syaikh Zarnuji Pengarang Ta’lim Muta’allim

Syaikh Zarnuji adalah seorang ulama yang masyhur dikarenakan salah satunya sebab kitab yang ia karang yang populer di kalangan pesantren hingga sekarang, yaitu kitab Ta’limul Muta’allim.

Kitab Ta’limul Muta’allim adalah karangan Syaikh Zarnuji yang sampai sekarang masih dikaji para santri dan menjadi kurikulum tetap dalam bidang akhlak serta tatacara mencari ilmu.

Lalu siapakah Syaikh Zarnuji itu? Siapa nama lengkap Syaikh Zarnuji? Berikut ini adalah biografi Syaikh Zarnuji yang secara rinci akan dibahas dalamislam.info.

Biografi Burhanuddin Zarnuji

Syaikh Zarnuji memiliki nama lengkap Burhanuddin Zarnuji برهان الدين الزرنوجي atau ada juga yang menyebut namanya sebagai Burhanul Islam Zarnuji. Nama Zarnuji adalah sebutan untuk sebuah daerah kekuasaan bangsa Turki yaitu Zarnuj yang terletak di Turkistan daerah Transaxonia.

Burhanuddin Zarnuji wafat pada tahun 591 H dan merupakan seorang imam fakih (mendalam ilmunya) dan termasuk ahli fikih mazhab Hanafi. Syaikh Zarnuji berguru kepada Burhanuddin Marginani Hanafi pengarang kitab al-Hidayah. 

Burhanul Islam az-Zarnuji merupakan sealah satu ulama pada abad ke 6 hijriyah yang serius dalam mempelajari masalah-masalah tarbiyaha tau pendidikan dan menuliskan dalam bukunya.

Adapun dirinya lebih terkenal dengan gelar Burhanuddin dan juga Burhanul Islam. Menurut satu pendapat, gelar Burhanuddin ini masyhur melebihi namanya yang asli yang tidak disebutkan dalam kitab-kitab biografi ulama.

Syaikh Zarnuji lahir di Zarnuj negara Turki pada masa itu daerah Turkistan. Adapun tanggal kelahirannya itu tidak diketahui.

Mengenai biografi syaikh Zarnuji secara lengkap, dalam kitab-kitab biografi para ulama tidak disebutkan secara rinci tentang kehidupan Syaikh Zarnuji. Ketenaran syaikh Zarnuji tidak lain adalah karena kitab yang ia karang yaitu Ta’lim muta’allim. Baca juga: Siapa pengarang kitab ta’lim muta’alim?

Salah satu informasi yang berhasil di dapat adalah bahwa syaikh Zarnuji berguru kepada pengarangkitab al-Hidayah fi Furuil Fiqh yaitu Syaikh Burhanuddin Ali bin Abu Bakr al-Firgani al-Margitani yang wafat pada tahun 593. dalamislam.info.

Juga disebutakn bahwa Fakhrul Islam al-Hasan bin Mansur al-Firgani yang pernah menjabat sebagai Qadi Khan (wafat 592) merupakan guru syaikh Zarnuji.

Syaikh Zarnuji Pengarang Kitab Ta’lim Muta’allim

Syaikh Zarnuji terkenal karena kitab fenomenal karyanya yang sampai sekarang masih menjadi rujukan di pesantren, yaitu Ta’limul Muta’llim fi Tariqitta’allum. Kitab ini ditahkik oleh Shalah Muhammad al-Khayyumi dan Nazir Hamdan.

Doktor Ibrahim Salamah mengatakan bahwa kitab Ta’lim Muta’allim ini termasuk kitab penting selain kitab karya al-Qabisi dalam bidang tarbiyyah atau pendidikan. kitab Ta’lim Muta’allim banyak berbicara tentang ilmu, keutamaan ilmu, bagaimana cara mencari ilmu, cara memilih guru, murid dan lain sebagainya.

Karya-karya Syaikh Zarnuji

Tidak ada informasi mengenai karya-karya syaikh Zarnuji kecuali kitab yang berhasil sampai kepada kita dan masih dikaji hingga saat ini yaitu kitab ta’lim muta’allim تعليم المتعلم طرق التعلم.

Kitab ini merupakan kitab yang kecil dan ringkas yang halamannya tidak lebih dari 80 halaman. Kitab ini secara umum berbicara tentang akhlak mencari ilmu yang bersumber dari para ulama zaman dahulu. Kitab ini termasuk kitab yang sangat baik dalam penyajian dan pemilihan qaul-qaul atau ucapan para ulama dalam bidang pendidikan.

Sampai sekarang kitab ini masih dikaji di pesantren menjadi kurikulum tetap dalam bidang akhlak mencari ilmu. Kitab ta’lim muta’allim ini juga banyak dikaji pada saat bulan Ramadhan di pesantren-pesantren di Indonesia.

Originally posted on December 28, 2021 @ 7:10 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *