Image: wikipedia

Siapakah Recep Tayyip Erdogan? Biografi Recep Tayyip Erdogan

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 31, 2021)

Siapakah Recep Tayyip Erdogan?

Recep Tayyip Erdogan adalah presiden Turki, lahir pada tanggal 26 Februari 1954 di Istanbul. Recep Tayyip Erdogan menyelesaikan pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Kasımpaşa Piyale.

Recep Tayyip Erdogan kemudian menyelesaikan pendidikan menengahnya di Sekolah Menengah Imam Hatip Istanbul dan pendidikan tingginya di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi Universitas Marmara.

Recep Tayyip Erdogan bermain sepak bola di Camialtı, İETT dan Erokspor selama 16 tahun. Selama waktu ini, dia terpilih untuk Istanbul Amateur Mix dan Istanbul Youth Mix beberapa kali. Recep Tayyip Erdogan juga telah melakukan dinas militernya sebagai perwira cadangan.

Setelah masa itu, Recep Tayyip Erdogan bekerja sebagai konsultan dan manajer senior di organisasi sektor swasta.

Recep Tayyip Erdogan terlibat dalam politik de facto mulai tahun 1969. Pada tahun 1975, Recep Tayyip Erdogan diangkat menjadi Presiden Cabang Pemuda Distrik MSP dan pada saat yang sama ia juga terpilih sebagai anggota Pengurus Umum Cabang Pemuda.

Tugas ini berlanjut hingga 1980. Recep Tayyip Erdogan menjadi Presiden Distrik RP Beyoğlu pada tahun 1984, Presiden Provinsi RP Istanbul pada tahun 1985, dan anggota RP MKYK pada tahun 1986.

Recep Tayyip Erdogan kemudian terpilih sebagai Walikota Kota Metropolitan Istanbul dalam pemilihan lokal yang diadakan pada tanggal 27 Maret 1994.

Keberhasilan Recep Tayyip Erdogan dalam memimpin rakyat diakui publik selama masa jabatannya sebagai walikota.

Recep Tayyip Erdogan Dipenjara Karena Tuduhan Ujaran Kebencian

Karena pidato yang disampaikan Recep Tayyip Erdogan di daerah Siirt, Erdogan pun diadili berdasarkan Pasal 312 dengan alasan bahwa “Recep Tayyip Erdogan menghasut orang untuk membenci dan bermusuhan dalam hal kasta, ras, agama, sekte atau perbedaan daerah” dan dia pun dijatuhi hukuman penjara setelah persidangan.

BACA JUGA:  Tafsir Mimpi Melihat Saudara Laki-laki Dalam Islam

Recep Tayyip Erdogan pun menghabiskan 120 hari hukuman di penjara di Penjara Distrik Pınarhisar di Kırklareli.

Recep Tayyip Erdogan berhasil menjabat sebagai Perdana Menteri Republik Turki sejak 2003 dan juga menjabat sebagai Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan. Sebagai perdana menteri, Erdogan menerapkan banyak perubahan di Turki.

Ketua Partai AK, yang, meskipun berkuasa untuk pertama kalinya di Turki, meningkatkan pilihan partainya memenangkan suara pada kuartal kedua dan ketiga. Partai AK Turki 2007 dalam pemilihan umum di Turki dan pemilihan umum 2011 46,58% karena memiliki pemerintah sendiri adalah 49,9% suara.

Recep Tayyip Erdogan keluar dengan kemenangan yang lebih besar daripada pemilu 12 Juni 2011 dan membentuk pemerintahan ke-61 dengan mendapatkan 49,8% suara. Pada 10 Agustus 2014, Presiden ke-12 terpilih dengan suara rakyat.

Karir Politik Erdogan Menurut Urutan tahun

1976, ia terpilih sebagai Presiden Cabang Pemuda MSP Istanbul.
Pada tahun 1984, Partai Kesejahteraan terpilih sebagai Presiden Distrik Beyoglu.
Pada tahun 1985, ia terpilih sebagai Presidensi Provinsi Istanbul dari Partai Kesejahteraan.
Pada tahun 1994, ia terpilih sebagai Kotamadya Metropolitan Istanbul.
Ia menjadi Perdana Menteri Republik Turki pada 15 Maret 2003.
Dia memulai Kepresidenannya pada 28 Agustus 2014.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *