Siapakah Ibnu Kasir? Biografi Ibnu Kasir

Siapakah Ibnu Kasir? Biografi Ibnu Kasir. Ibn Kasir (1301 – 1373) adalah seorang muhaddis berkebangsaan Suriah, Ahli tafsir dan juga seorang sejarawan. Ibnu Kasir telah menulis sebuah kitab sejarah terkenal yaitu al-Bidayah wan-Nihayah, yang merupakan salah satu sumber karya sejarah penting dalam dunia Islam.

Siapakah Ibnu Kasir? Biografi Ibnu Kasir

Masa kecil Ibnu Kasir

Ibn Kasir lahir pada 1301 ( Hijriah 701) di desa Micdel atau Mecdel di Busra, dekat Damaskus. Nama lengkapnya adalah Abu’l-Fida Ismail Imadu’d-Din bin Umar bin Kasir bin Dawud bin Kasir al-Dimasyki al-Quraysyi.

Ibnu Kasir berusia tiga atau empat tahun ketika ayahnya meninggal pada tahun 1303. Ibnu Kasir menetap di Damaskus bersama keluarganya pada saat dirinya berusia tujuh tahun. Kakak laki-lakinya memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pendidikan Ibnu Kasir.

Setelah Ibnu Katsir menerima ilmu agama sejak remaja di lingkungan keluarganya, dirinya pun berguru kepada beberapa ulama terkemuka seperti Burhanuddin al-Fazari , Kamaluddin Ibn Kadi Syihna , Kasim Ibn Asakir, Ishaq Ibn Amidi, Muhammad Ibn Zinad, Ibn ar-Rabi dan Ibnu Taimiyyah dalam bidang fiqh, tafsir dan hadits yang merupakan ilmu-ilmu dasar Islam.

Ibnu Kasir pernah berguru kepada Ibnu Taimiyyah sehingga beliau termasuk murid Ibnu Taimiyyah. Berikut ini adalah informasi tentang biografi Ibnu Taimiyyah.

Masa Perjalanan Mencari Ilmu

Ibnu Kasir yang telah mulai menulis karya pada usia muda melanjutkan pencarian ilmunya dengan berguru kepada al-Mizzi, seorang ulama penulis karya bernama Tehzîbü’l-Kemal dan menjadi menantunya dengan menikahi salah satu putrinya.

Ibnu Kasir mendapat sanad keilmuan dari para ulama seperti al-Karafi, al-Dabbusi, al-Urani dan al-Khutani. Ibnu Kasir pun memberi kuliah di madrasah terkenal di Damaskus selama bertahun-tahun, kemudian beliau diangkat menjadi guru besar di Madrasah Hajibiyah.

Setelah Subki wafat, Ibnu Kasir pun menjadi syaikh di Asyrafiyya Daru’l-Hadis yang terkenal. Di antara para muridnya banyak yang menjadi ulama terkenal, misalny adalah ulama hadits terkenal Ibnu Hajar, Syihabuddin bin Hijji dan Hafiz Abu’l-Mahasin al-Husayni.

Ibnu Kasir berhasil menuliskan karya yang banyak memberikan pengaruh besar bagi studi Islam, seperti Tafsir Ibnu Kasir dan al-Bidayah wan-Nihayah dalam bidang sejarah. Kitab Bidayah wan Nihayahnya itu dianggap sebagai karya penting karena memuat berbagai informasi tentang biografi tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam, tenang Nabi Muhammad dan juga sejarah dari periode Empat Khalifah dan peristiwa pada masanya.

Wafatnya Ibnu Kasir

Ibnu Katsir kehilangan penglihatannya menjelang akhir hayatnya sehingga beliau ada pada masa tua dengan keadaan buta. Ibnu Kasir meninggal di Damaskus pada tahun 1373 (h. 26 Syaban 774) ketika beliau berusia 72 tahun .

Karya Ibnu Kasir

Ibnu Katsir tidak hanya seorang sejarawan, tetapi juga seorang ulama besar fiqh dan hadits . Dalam hal ini, ia menulis karya-karya yang sangat berharga dan orisinal tentang sejarah pemikiran, fiqh, hadits, dan strata Islam. Karya-karya utamanya adalah:

1. Al-Bidayah wan Nihayah fit Tarih

Karya ini, yang merupakan sejarah umum, menceritakan peristiwa yang dimulai dari penciptaan alam semesta hingga hari-hari terakhir kehidupan Ibn Katsir.

2. al-Bâisu’l-Hasis Syarh İhtisar Ulumi’l-Hadis

Kitab ini adalah ringkasan karya Ibn Salah bernama Ulumü’l-Hadis.

3. At-Takmîl fî Ma’rifati’s-Sikât wad-Duafâ va’l-Majâhîl

Ini adalah karya penting tentang perawi hadits yang andal, lemah dan tidak dikenal.

4. al-Hadyu was-Sunan fi Ahadisi’l-Masânîd was-Sunan

Karya ini, juga dikenal sebagai Jâmiu’l-Masanîd, yaitu karya yang menggabungkan berbagai karya para ulama misalnya, Musnad Ahmed Ibn Hanbal, karya Bazzar, Abu Ya’lâ dan Ibn Abî Shayba dan juga kutubussittah serta mengaturnya sesuai dengan bab-babnya.

5. Ahadisu’t-Tawhid war-Radd Ala’ş-Şirk : Menelaah hadits tentang tauhid dan syirik.
al-Ictihad fi Taleb-i Fadaili’l-Cihad : Ia mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan jihad .

6. Tabakatusy-Syafiiyyah

Ini berbicara tentang kehidupan para ulama ahli hukum Mazhab Syafi’i.

7. Adillatut-Tenbih fi Fıkhi’ş-Şafiîyyah

Kitab ini berkaitan dengan masalah fiqh Syafi’i .

8. Menakib-u Imam al-Shafii

Kitab ini berbicara tentang menakib Imam Syafii.

9. al-Ahkam ala Abwabi’t-Tanbih

Konon Ibnu Kasir tidak sempat menyelesaikan karya ini, yang berbicara tentang aturan fiqh. Ia hanya meneliti bagian tersebut hingga haji . Dia membuat banyak referensi untuk karya ini dalam komentarnya.

10. Musnadush-Shahihain

Kitab ini menjelaskan tentang dengan musnad khalifah Abu Bakar dan Umar.

11. Muhtasar Ibnu’l-Hacib

Ini adalah singkatan atau muhtashar dari sebuah karya Ibn Hajib .

12. Sharhu’l-Bukhari

Pekerjaan yang belum selesai ini adalah komentar dari Sahih Imam Bukhari .

13. Fedailu’l-Qur’an

Karya ini tentang keutamaan Al – Qur’an , terletak di akhir komentarnya dan menjelaskan keutamaan Al-Qur’an.

14. Tafsiru’l-Kur’ani’l-Azim

Tafsir ini adalah salah satu tafsir narasi yang paling kredibel. Dalam karya yang benar-benar merupakan tafsir narasi ini, Ibnu Katsir terkadang mengutip dari tafsir yang bijak dan terkadang menambahkan pandangannya sendiri.

Originally posted on December 26, 2021 @ 9:49 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.