Image: muhendisbeyinler.net

Siapakah Al-Khawarizmi? Biografi Al-Khawarizmi

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 31, 2021)

Siapakah al-Khawarizmi itu?

Siapakah al-Khawarizmi itu? jawaban singkatnya adalah al-Khawarizmi merupakan Penemu Besar Cendekiawan Islam dan penemu Angka Nol (0).

Al-Khawarizmi merupakan seorang sarjana Islam yang hidup pada periode Abbasiyah. Dia adalah salah satu ahli matematika terpenting dalam sejarah manusia yang menemukan aljabar dan algoritma dan merupakan ilmuwan pertama kali yang menemukan angka nol.

Hampir semua buku karya al-Khawarizmi diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan digunakan di negara-negara barat.

Sosok jenius yang luar biasa ini tidak hanya tertarik pada matematika. Bahkan hasil studinya dalam bidang astronomi dan geografi masih digunakan hingga saat ini.

Biografi al-Khawarizmi

al-Khawarizmi menurut perkiraan lahir pada tahun 780 H. di wilayah Uzbekistan daerah Hazera Hiwe. Ilmuwan Islam yang hebat ini sayangnya tidak memiliki informasi yang cukup tentang masa awal kehidupannya.

Al-Khawarizmi pergi ke Baghdad selama masa mudanya dan menerima pendidikan di sini.  Pendidikan al-Khawarizmi didukung oleh raja Abbasiyah dan al-Khawarizmi banyak belajar di Baytul Hikmah, perpustakaan dan sekolah terbesar di masanya.

al-Khawarizmi hidup di tengah-tengah maraknya studi ilmu pengetahuan di mana para sarjana terbaik hidup pada periode itu. al-Khawarizmi pun juga sempat diangkat sebagai direktur perpustakaan Istana di Baghdad.

Keilmuwan al-Khawarizmi

al-Khawarizmi tertarik pada lebih dari satu cabang ilmu pengetahuan saat dirinya belajar di Baghdad. Karyanya yang paling penting yang ia tinggalkan banyak sekali dalam beberapa bidang seperti matematika, astronomi dan geografi.

al-Khawarizmi telah memperoleh perhatian dunia dengan konsep dan penjelasan darinya yang sebagian besar dalam bidang matematika. Sumbangsihnya bagi ilmu pengetahuan modern sangatlah besar sehingga kemajuan seperti sekarang ini adalah salah satunya berkat sumbangsih al-Khawarizmi.

BACA JUGA:  Ayat ayat alquran Tentang cinta Dan Artinya

Karya al-Khawarizmi yang paling terkenal di bidang matematika adalah penemuannya pada bilangan “0”, pengembangan sistem bilangan desimal dan konsep logaritma.

al-Khawarizmi berhasil memperkenalkan sistem angka India yang sekarang dikenal sebagai angka Arab, dan juga mengembangkan banyak metode aritmatika seperti pecahan dan operasi.

al-Khawarizmi merinci tabel trigonometri dan melakukan studi di Baytul Hikmah tentang penghitungan volume dan keliling bumi.

Simbol Angka Yang Masih Berlaku Sampai Saat Ini  ditemukan Oleh Al-Harezmi yang mana Setiap Angka Memiliki Sudut Sebanyak Jumlahnya.

al-Khawarizmi dan Matematika

Karya terpenting al-Khawarizmi di bidang matematika adalah Kitab al-Muhtasar fi Hisab al-Jabr wal Muqabala, Kitâb al-Muhtasar fi’l Hisâbi al-Hindî dan al-Masûhat.

Pada awalnya, al-Khawarizmi mampu menyelesaikan sebagian persamaan orde pertama. Namun, tidak ada solusi yang tepat untuk menemukan akar persamaan kuadrat.

al-Khawarizmi secara komprehensif lalu menyusun strategi tentang bagaimana cara menyelesaikan persamaan kuadrat dalam bukunya al-Jabr wal Muqabala. al-Khawarizmi berhasil menunjukkan dengan jelas kapan suatu persamaan akan memiliki akar ganda dan kapan akan ada akar nyata dan terbukti secara geometris.

al-Khawarizmi juga mengerjakan binomial dan banyak operasi aljabar. Dia menggunakan metode persegi dan persegi panjang yang masih aktif digunakan dalam matematika sampai sekarang.

Buku berjudul al-Jabr wal Muqabala telah digunakan sebagai buku dasar aljabar di banyak universitas di dunia selama 600 tahun. Terjemahan Latin pertama dari buku tersebut, yang datang ke dunia Barat melalui Andalusia, dibuat pada tahun 1183. Buku ini digunakan sebagai buku teks di Universitas Leipzig hingga tahun 1986.

Sampai saat ini, aljabar dipandang sebagai mata pelajaran matematika dan geometri. Dalam buku ini , dia menamai aljabar al-Khawarizmi untuk membuat kita positif dengan membuang suku negatif di sisi lain persamaan untuk membiarkan x dalam persamaan .

BACA JUGA:  Arti Mimpi Salju Turun Dalam Islam

al-Khawarizmi dan Ilmu Astronomi dan Geografi

al-Khawarizmi hanya membuat beberapa karya yang mengesankan di bidang astronomi dan geografi. Karya Ptolemeus di bidang geografi banyak menginspirasinya, yang mana al-Khawarizmi berhasil mengoreksi kesalahan pada peta dunia yang digambar oleh Ptolemeus.

al-Khawarizmi pun menulis buku tentang jam dan tentang jam matahari. al-Khawarizmi telah bekerja dengan 70 ilmuwan dan ia pun berhasil menggambar peta dunia pada tahun 830.

Di bidang astronomi, ia mempelajari pergerakan bintang dan planet, gerhana matahari dan bulan, serta membuat tabel dan bagan astronomi.

al-Khawarizmi juga mengerjakan geografi untuk menghitung diameter dunia. Dia juga mempelajari gunung dan sungai, menemukan sumber dan garis bujur awal Sungai Nil.

Algoritma al-Khawarizmi dan Angka India

Karya penting lainnya dari jenius hebat ini adalah bukunya “Tentang Petunjuk Bilangan”. Buku ini juga mencakup algoritma dan angka India.

Konsep logaritma juga telah memasuki matematika dalam karya ini, yang hingga saat ini hanya memiliki versi Latin. Dalam karyanya ini, al-Khawarizmi mengkaji metode penghitungan menggunakan sistem angka India yang memiliki 10 angka.

Sementara buku matematika al-Khawarizmi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin hingga abad ke-12, tabel astronominya juga diterjemahkan ke dalam bahasa Cina.

al-Khawarizmi dikenal sebagai sebagai penemu algoritma. Kata Algoritma pun juga berasal dari nama al-Khawarizmi. Nama al-Khawarizmi mulai masu ke Eropa sejak tahun 1145 ketika karyanya mulai diterjemahkan ke dalam bahasa Latin.

Selain pemikiran ilmu matematika miliknya berhasil ia kenalkan untuk pertama kalinya ke Eropa, al-Khawarizmi pun juga berkontribusi dalam pembentukan budaya matematika di Eropa.

Menurut beberapa sejarawan Eropa, masa-masa pencerahan atau Renaisans di Eropa banyak diselingi nama-nama seperti al-Khawarizmi dan Umar Hayyam, Abul Wafa, dan Giyasuddin Jamsid.

BACA JUGA:  Hari Akhir Atau Akhirat Dalam Islam


Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *