siapa pengarang kitab ta’lim muta’alim?

siapa pengarang kitab ta’lim muta’alim? kitab ta’lim muta’alim adalah salah satu kitab populer yang banyak sekali dikaji di pesantren-pesantren di Indonesia. Kitab ini merupakan kitab akhlak yang menjelaskan tentang akhlak baik yang harus ditiru dan akhlak buruk yang harus dijauhi oleh para penuntut ilmu maupun pengajar ilmu.

Kitab ini dalam cetakan lama berbentuk lembaran kitab kuning tipis yang seperti kitab kuning gandul tipis pada umumnya, dicetak dengan format tidak dijilid.

Mengenai kitab ta’lim muta’alim ini mungkin ada yang bertanya tentang apa isi kitab ta’lim muta’alim? siapa pengarang kitab ta’lim muta’alim? pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan menjelaskannya.

Pengarang kitab ta’lim muta’alim

Siapa kitab ta’lim muta’alim? kitab ta’lim muta’alim ini dikarang oleh Syaikh Zarnuji. Syaikh Zarnuji ini merupakan seorang alim yang memiliki sebutan yang disandarkan pada asal tepat kelahirannnya yaitu Zarnuji.

Adapun nama asli pengarang kitab ta’lim muta’alim adalah Burhanul Islam, namun ada juga yang menyebutkan bahwa namany adalah Burhanuddin.

Zarnuji sendiri merupakan sebuah daerah yang menurut satu pendapat berada di tanah wilayah kekuasaan Turki, namun pendapat lain mengatakan bahwa Zarnuji merupakan daerah yang berada di Turkistan daerah Transoxiana.

Kedua pendapat ini sepertinya tidak bertentangan karena daerah Transoxiana pada masa lalu juga termasuk wilayah yang banyak dikuasai oleh bangsa Turki.

Tentang Isi kitab ta’lim muta’alim

kitab ta’lim muta’alim ini memiliki nama panjang ta’lim muta’alim ala tarikittaallum yang jika diterjemahkan berarti kitab “mengajari orang yang belajar tentang bagaimana caranya belajar” sebagaimana namanya kitab ta’lim muta’alim ini berisi tentang bagaimana cara seseorang bisa belajar dan mencari ilmu yang bermanfaat.

Tak hanya bagaimana strategi dalam belajar, tetapi juga tentang akhlak dalam belajar mencari ilmu. Karena tanpa akhlak, ilmu yang didapatkan pun tidak bisa bermanfaat.

Di antara isi kitab ta’lim muta’allim ini adalah seperti pasal tentang ilmu dan keutamaannya. Bab pentingnya niat dalam mencari ilmu. Babb tentang memilih ilmu, guru dan teman. Bab tentang mengagungkan ilmu dan ahli ilmu. Bab tentang bersungguh-sungguh dalam belajar, bab tentang tawakkal dan lain sebagainya.

Originally posted on December 28, 2021 @ 3:16 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.