Sholat itu artinya apa? Arti Shalat?

Sholat itu artinya apa? Shalat merupakan ibadah penting yang dilaksanakan oleh umat Islam. Selain itu shalat juga termasuk dari rukun Islam yang dilaksanakan setelah mengikrarkan ucapan dua syahadat. Itu artinya, tanpa melaksanakan shalat, maka seseorang tidak sempurna keislamannya karena salah satu rukunnya tak terpenuhi.

Dari sini kemudian muncul pertanyaan, Sholat itu artinya apa? apakah arti dari shalat itu sendiri. Dalam tulisan ini kita akan membahas hal tersebut.

Shalat itu artinya apa?

Adapun istilah shalat dari segi bahasa kata itu berarti doa. Adapun menurut istilah syariat shalat berarti ucapan dan pekerjaan atau kegiatan ibadah yang dimulai dengan takbir, dan diakhiri atau ditutup denngan salam, dimana ibadah tersebut dilaksanakan dengan rukun dan syarat tertentu.

Ada juga yang menjelaskan bahwa shalat berarti: ibadah yang diperintahkan untuk dilakukan umat Islam lima kali sehari, pada pagi, siang, sore, sore dan malam, dan pada hari raya, dengan mengikuti aturan dan syarat tertentu. Pengertian ini sepertinya pengertian yang lebih sempit namun tak mencakup semuanya. Pengertian pertama di atas adalah pengertian umum yang mencakup semuanya.

Pengetahuan Tentang Shalat

Sholat adalah salah satu dari Rukun Islam yang jumlahnya ada Lima. Dinyatakan dalam Al-Qur’an bahwa seorang hamba harus melakukan shalat pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dengan memenuhi kesucian diri yaitu memiliki wudhu.

Menurut ayat-ayat Al-Qur’an, shalat adalah sarana penyucian diri dan jiwa. Pada saat yang sama, sahalat adalah cara seorang hamba untuk menunjukkan kepatuhan kepada Sang Pencipta dengan mengingat Allah. Menurut Al-Qur’an, shalat adalah bentuk ibadah yang juga diajarkan kepada nabi Ibrahim.

Sholat merupakan ibadah yang diawali dengan takbir iftitah (Allahu Akbar), qiyam (berdiri), dilanjutkan dengan qiraat (membaca Surah Fatiha dan sebagian surah Al-Qur’an), Ruku (membungkuk dengan membaca tasbih), Berdiri kemudian dan berdoa, kemudian Sujud dan diikuti dengan duduk di antara dua sujud. Lalu sujud lagi kemudian berdiri untuk melanjutkan rakaat selanjutnya.

Secara rinci pelaksanaan shalat tidak dijelaskan dalam al-Quran. Namun penjelasannya dapat ditemukan dari hadis-hadis Rasulullah Saw.

 

Originally posted on December 23, 2021 @ 4:59 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.