Qiroah sab’ah itu apa? Pengertian Qiroah sab’ah

Qiroah sab’ah itu apa? Dalam ilmu-ilmu al-Quran kita mungkin akan sering mendengar istilah qiroah sab’ah. Istilah ini berhubungan dengan bacaan al-Quran yang berbeda-beda berdasarkan imam-imam qiraat yang meriwayatkan bacaan itu.

Bagi yang baru belajar tentang ilmu al-Quran mungkin kebingungan dengan istila qiroah sab’ah ini, apa itu qiroah sab’ah, apa pengertian qiroah sab’aah dan seterusnya. Pada kesempatan kali ni dalamislam.info akan menjelaskannya.

Qiroah sab’ah itu apa

Qiraat Sab’ah adalah qiraat dengan pengucapan tiap katanya melalui aliran (mazhab) para imam qiraat yang jumlahnya ada tujuh, dan bacaan imam itu berdasarkan pada riwayat yang sampai kepada Raslullah SAW. Adapun tujuh imam itu antara lain adalah Imam Nafi’ Al-Madani, Imam Ibnu Amir As Syami, Imam Ashim Al Kufi, Imam Hamzah Al – Kufi, Imam Abu Amr bin ‘Ala dan Imam Ibnu Katsir.

Perlu diketahui bahwa dalam ilmu al-Quran ada perbedaan dalam cara baca al-Quran. Perbedaan ini pun didasarkan pada riwayat yang sampai kepada nabi dan diajarkan oleh para imam qiraat. Perlu diketahui pula bahwa sejak zaman nabi al-Quran memang sudah dibaca dengan cara bacaan yang bervariasi.

Abdul Azhim az-Zarqani menjelaskan bahwa Qiraat berarti Mazhab yang dianut oleh seorang imam Qira’at yang berbeda dengan lainnya dalam pengucapan Al-Qur’an serta kesepakatan riwayat-riwayat dan jalur-jalurnya, baik perbedaan itu dalam pengucapan huruf-huruf ataupun bentuk-bentuk lainnya. Dengan demikian, Qiraat tujuh berarti mazhab imam qiraat dalam pembacaan al-Quran yang berbeda-beda dan jumlahnya ada 7 bacaan.

Siapa saja 7 Imam Qiraat itu?

Sebagaimana disebutkan di atas, ada 7 imam dalam qiraat itu yang meriwayatkan bacaan-bacaan al-Quran yang berbeda. Di antaranya adalah:

1. Abdullah bin Kathir al-Dari al-Makki
2. Abdullah bin Amir Al-Hasabi Al-Shami
3. Asim bin Abi An-Najd Al-Asadi Al-Kufi
4. Abu Amr ibn Al-Alaa Al-Basri
5. Hamza bin Habib Al-Zayat Al-Kufi
6. Nafi’ bin Abdul Rahman bin Abi Naim Al Madani
7. Abu Al-Hassan Ali bin Hamzah Al-Kisai al-Kufi

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di artikel berikut: Biografi 7 Imam Qiraat Sab’ah

Lebih lanjut tentang Qiraah Sab’ah

Pembaca juga mungkin perlu tahu bahwa istilah qiraat sab’ah ini mungkin disebut dengan istilah qiraat al-Quran, karena qiraat sab’ah ini memang berhubungan dengan qiraah (bacaan) al-Quran. Lebih lanjut tentang qiraat al-Quran ini silahkan baca di tulisan berikut: Pengertian Qiraat al-Quran dan Pembagiannya

Itulah informasi tentang Qiroah sab’ah itu apa? Pengertian Qiroah sab’ah, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Dalam beberapa artikel lain di website ini anda bisa membaca beragam informasi menarik lainnya tentang Islam.

Originally posted on January 2, 2022 @ 2:11 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *