Image: Unsplash

Pernikahan Dalam Islam! Pentingnya Pernikahan dan Bagaimana Menciptakan Pernikahan Yang Bahagia

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 1, 2021)

Pernikahan dalam Islam

Dalam hukum Islam (syariah), perkawinan (nikāḥ نکاح) adalah kontrak hukum dan sosial antara dua individu. Pernikahan dengan niat yang baik adalah merupakan tindakan ibdah dalam Islam dan sangat dianjurkan.

Adapun ujuan utama dari pernikahan adalah bahwa pernikahan merupakan cara paling efektif dan paling penting untuk menghindari perbuatan haram (berzina).

Dalam pernikahan pun agama mengajarkan tentang bagaimana membangun rumah tangga yang baik dengan dipenuhi kebahagiaan.

Lalu bagaimana dasar dari rumah tangga yang bahagia dan damai menurut Islam? Bagaimana cara membuat pernikahan/rumah tangga bisa dipenuhi kebahagian, bagaimana seharusnya seseorang bergaul dengan pasangan hidupnya dalam pernikahan? Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas masalah-masalah tersebut.

Indahnya Pernikahan dalam Islam

Ada banyak sekali kearifan dan keindahan dalam tujuan pernikahan dalam agam Islam. Adapun pernikahan adalah memenuhi tujuan dalam penciptaan manusia yang diciptakan dengan berpasang-pasang.

Dengan menikah, seseorang akan menjadi lebih tenang karena bisa menghilangkan kesepian, saling melengkapi, memperbaiki kesalahan secara bersama-sama dengan pasangan, dan melanjutkan hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Suami istri yang menikah adalah gambaran dari dua hal yang dihubungkan antara satu dengan yang lain. Allah Swt. berfirman dalam ayat 189 surat al-A’raf:

هُوَ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا ۖ فَلَمَّا تَغَشَّىٰهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِۦ ۖ فَلَمَّآ أَثْقَلَت دَّعَوَا ٱللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ ءَاتَيْتَنَا صَٰلِحًا لَّنَكُونَنَّ مِنَ ٱلشَّٰكِرِينَ

Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan isterinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: “Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur”.

Sepasang kekasih yang akan membangun rumah tangga melalui pernikahan diwujudkan dengan adanya akad nikah.

BACA JUGA:  Ayat-ayat al-Quran Tentang Pernikahan/Menikah

Akad nikah adalah sebuah perjanjian yang terdiri dari janji-janji yang diberikan oleh pasangan antara satu sama lain untuk berkomitmen dalam membina rumah tangga.

Mengingkari janji pernikahan ini berarti pasangan itu akan bercerai, dan perceraian dalam agama Islam dipandang sebagai perbuatan halal yang tidak menyenangkan dalam agama kita.

Saat kita diberi anugerah hidup dalam kehidupan duniawi ini sesuai dengan izin Allah, maka kita pun harus bertindak sesuai dengan keinginan-Nya.

Oleh karena itu, toleransi dan rasa hormat pasangan terhadap satu sama lain tanpa membawa rumah tanggga ke titik perceraian merupakan keberhasilan yang besar dalam biduk rumah tangga.

Namun cukup banyak pasangan yang gagal dalam menjalani tantangan dalam kehidupan berumah tangga.

Awetnya rumah tangga tak melulu karena kaya dan fisik yang ganteng/cantik. Buktinya banyak artis-artis kaya dan ganteng/cantik tapi rumah tangganya berakhir dengan perceraian.

Jadi apa rahasia pernikahan yang awet dan bahagia? Apa saja kesalahan yang dilakukan pria dan wanita dalam pernikahan yang bisa merusak rumah tangga mereka?

Berikut ini adalah beberapa nasihat bijak yang sangat penting bagi para pasangan agar pernikahan mereka bisa langgeng.

Tips dan Renungan Agar Pernikahan Bisa Langgeng dan Bahagia

Berikut ini merupakan pesan-pesan, tips dan renungan yang patut kita pikirkan secara mendalam agar bisa mendapatkan pernikahan yang langgeng dan bahagia.

1. Kehormatan bukanlah sesuatu yang dimiliki secara sepihak. Setiap pasangan harus menghormati pasangannya, karena keduanya memiliki kehormatan masing-masing. Entah istri atau suami, anda harus menjadi pasangan yang bisa menghormati pasangan anda.

2. Mengobrollah satu sama lain pada saat semua orang ada di rumah. Rumahmu adalah surgamu. Jadikanlah rumahmu sebagai surga dengan saling mengobrol karena dengan mengobrol anda bisa lebih dekat dengan pasangan anda.

BACA JUGA:  Membersihkan Hati dan Jiwa dalam Islam Dapat Dilakukan dengan Beragam Cara Berikut!

3. Keluarga pasanganmu adalah keluargamu. Jangan pilih kasih dalam menyayangi keluarga. Tunjukkan hormat yang anda berikan kepada keluarga anda sendiri sama kadarnya kepada keluarga pasangan anda.

4. Saat anda memasuki rumah, berdoalah agar rumahmu menjadi berkah dan memohonlah untuk segera bertemu dengan pasangan yang bisa membuat anda bahagia. Juga berdoalah agar kedatangan anda bisa menjadi kebahagiaan pasangan di rumah.

5. Jika ada masalah, jangan sungkan untuk mengonsultasikan masalah-masalah yang menjadi perhatian semua orang dalam rumah tangga. Banyaknya masalah itu dikarenakan masalah tersebut tak pernah terselesaikan dan dibahas.

6. Dalam menghadapi perselisihan apa pun, pikirkanlah dalam diri anda, “ini adalah kesalahanku”. Jika masing-masing pasangan punya pemikiran seperti ini maka masalah yang datang pasti akan mudah terselesaikan.

7. Luangkanlah waktu untuk pasangan dan anak-anak anda, tak peduli sesibuk apa anda di rumah.

Tips-tips sederhana di atas jika anda bisa melakukannya niscaya anda akan mendapatkan keluarga yang bahagia.

Kesalahan yang Biasa dilakukan oleh pasangan dalam pernikahan

Menurut laporan Departemen Agama, jumlah pasangan yang bercerai dari hari ke hari semakin meningkat. Konflik yang terjadi dalam keluarga, kurangnya komunikasi, masalah keuangan dan moral seringkali menjadi penyebab umum mengapa pasangan suami istri bercerai.

Yang paling umum dari kasus perceraian ini adalah bahwa ternyata pasangan yang telah menikah tidak bisa rukun satu sama lain seiring berjalannya waktu.

Artinya ketika usia pernikahan sudah semakin lama, maka pasangan suami istri itu malah semakin memudar hubungan kasih sayangnya.

Lantas, kesalahan apa sebenarnya yang terjadi pada pria dan wanita hingga terjadi konflik semacam ini?

Berikut ini adalah beberapa kesalahan sebagai perenungan yang bisa menjadi penyebab mengapa kasih sayang dalam rumah tangga sedikit demi sedikit memudar.

BACA JUGA:  Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Hal ini kami rangkum dalam dua kategori, yaitu kesalahan yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki. Dan berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan kaum wanita dalam pernikahan hingga menjadikan konflik dalam rumah tangga.

1. Tidak menghargai jerih payah suami

2. Berbicara dengan cara yang keliru.

Dan berikut ini adalah beberapa KESALAHAN YANG biasa dilakukan oleh suami sehingga menyebabkan konflik dalam rumah tangga.

1. Tidak mampu menunjukkan penghargaan yang cukup kepada jerih payah istri.

2. Melupakan momen-momen tertentu yang sangat penting artinya bagi sang istri.

Jika masing-masing pasangan suami istri bisa melaksanakan hal-hal di atas maka mereka akan mendapatkan pernikahan yang langgeng. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *