Perbedaan Adzan dan Iqomah

Perbedaan adzan dan iqomah, Adzan dan iqomah merupakan dua bacaan yang dikumandangkan ketika hendak menjalankan shalat fardhu. Hukum adzan adalah sunah muakkad meskipun ada yang berpendapat bahwa hukumnya adalah fardhu kifayah.

Adzan dan iqomah ini telah ada sejak zaman Rasulullah Saw sebagai panggilan untuk shalat. Meskipun kata yang dibaca dalam adzan dan iqomah ini hampir mirip namun keduanya memiliki perbedaan. Lalu apa sebenarnya perbedaan adzan dan iqomah? Kali ini dalamislam.info akan membahasnya.

Perbedaan Adzan dan Iqomah

Ada perbedaan yang mendasar antara adzan dan iqomah meskipun kedua kalimatnya yang dikumandangkan itu mirip. Di antaranya adalah:

1. Adzan itu adalah panggilan untuk pemberitahuan bahwa sudah saatnya masuk shalat fardhu tertentu. Jadi pada umumnya adzan dibacakan di awal waktu shalat oleh masjid-masjid atau mushalla sebagai tanda waktu shalat. Adapun iqamah itu adalah tanda bahwa shalat hendak dimulai. Arti dari iqamah ini adalah berdiri yang artinya adalah waktunya mendirikan atau melaksanakan shalat.

2. Adzan adalah panggilan untuk orang-orang agar datang ke masjid atau tempat diselenggarakannya shalat. Sedangkan iqomah itu adalah kabar bagi orang-orang yang sudah ada di masjid untuk segera/hendak melaksanakan shalat.

3. Dalam adzan subuh ada tambahan lafadz, الصلاة خير من النوم “shalat lebih baik daripada tidur” sedangkan dalam iqomah tidak ada tambahan itu.

4. Adzan biasanya dibaca lebih lambat dan dikeraskan agar bisa didengar masyarakat yang ada di luar masjid, sedangkan iqomah lebih cepat dan hanya untuk yang ada di dalam masjid.

Originally posted on January 6, 2022 @ 11:58 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.