Image: Pixabay

Nama Para Sahabat Nabi Untuk Nama Bayi

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 3, 2021)

Sahabat Nabi Saw.

Nabi Muhammad Saw. berjuang dengan mengalami banyak kesulitan dan rintangan dalam menyebaran Islam. Selama masa dakwah ini, nabi selalu ditemani oleh orang-orang muslim yang setia kepada beliau. Orang-orang ini adalah para sahabat Nabi yang rela untuk mengorbankan jiwa dan raganya untuk Islam dan Rasulullah Saw.

Para sahabat ini memiliki andil penting dalam perjuangan menyebaran agama Islam. Dan para sahabat ini pun selalu menjadi sosok teladan bagi seluruh umat manusia hingga saat ini.

Tentunya menjadi pilihan yang bagus bagi umat Islam untuk menggunakan nama-nama para sahabat yang dicintai oleh Nabi itu sebagai nama bayi.

Dan pastinya dengan menggunakan nama-nama indah para sahabat untuk nama para bayi, maka ketika kita memanggil anak-anak kita dengan nama-nama yang indah tersebut pasti akan menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Nama Para Sahabat Nabi Yang Bagus untuk digunakan Sebagai Nama Bayi

Berikut ini adalah beberapa nama sahabat Nabi Saw. beserta artinya yang bisa digunakan sebagai nama bayi:

Nama dan Maknanya dari Para Sahabat Laki-laki Rasulullah Saw.

Abdullah: Abdullah, yang artinya berarti hamba Allah merupakan nama beberapa sahabat Rasulullah yang dekat dengan beliau, seperti Abdullah bin Umar, Abullah bin Mas’ud, dll. Juga nama ini adalah ama ayah Muhammad (saw). Selain itu, Nabi kita menyatakan bahwa nama ini adalah salah satu nama yang paling Allah cintai.

Abdurrahman: Abdurrahman artinya hamba Rahman, seperti halnya Abdullah adalah salah satu nama yang disayangi Allah. Nama Rahman artinya orang yang menyayangi semua orang.

Ali: Kata Ali artinya hebat, unggul dan mulia. Sahabat Ali dikenal sebagai orang pertama yang menerima ajakan menjadi Muslim.

BACA JUGA:  Apakah Hadis Hasan Dapat Naik Derajatnya Menjadi Hadits Shahih?

Abu Bakar: Nama ini adalah yang pertama dari empat khalifah besar, Hz. Nama Abu Bakar juga. Nama Abu Bakar diperkirakan berarti ayah dari bayi unta. Itu juga digunakan untuk maksud ayah Bekir. Hz. Muhammad (saw) kemudian di Hz. Dia mengubah nama Abu Bakar menjadi Abdullah.

Anas: Nama Anas adalah salah satu nama sahabat pria yang masih dipakai sampai sekarang. Anas berasal dari akar kata yang sama dengan kata ‘manusia’ dalam bahasa Arab. Anas bin Malik adalah salah satu sahabat paling terkenal dengan nama ini.

Habib: Nama ini yang artinya sahabat, kekasih, tercinta, termasuk nama yang sangat dicintai tuan kami. Karena kata Habibullah yang artinya kekasih Tuhan juga digunakan.

Halid: Halid artinya selalu sama, tidak berubah, abadi. Itu juga merupakan nama Sahabat dan Panglima Islam yang terkenal, Halid bin Walid.

Hamza: Nama Hamza berarti singa, agung, kuat. Hz. Itu adalah nama Hamzah. Hz. Hz Hamza. Diketahui bahwa dia adalah paman Muhammad (saw) dan menjadi martir secara brutal di Pertempuran Uhud.

Haris: Salah satu nama yang disebutkan dalam hadits adalah Haris. Nama tersebut memiliki dua arti yang berbeda. Salah satunya adalah penjaga, yang lainnya adalah petani. Guru kami menjelaskan nama ini sebagai nama yang paling benar dalam arti. Nama Haris adalah salah satu nama yang paling banyak digunakan di antara para sahabat setelah Abdullah dan Abdurrahman.

Malik: Artinya orang yang memiliki atau memiliki hak atas sesuatu. Nama Malik juga disukai saat ini.

Muaz: Seseorang yang maknanya bermartabat, dihormati, berharga dan dilindungi. Selain itu, Hz. Muaz bin Cebel, yang layak dipuji Muhammad (saw).

Utsman: Khalifah Hz. Itu adalah nama Osman. Nama Osman berarti seekor naga / ular dan anak anjing bustard yang terkenal dengan matanya yang indah.

BACA JUGA:  Keutamaan Membaca Surah al-Mulk

Umar: Hidup berarti hidup. Khalifah Islam kedua, Hz. Itu juga merupakan nama Ömer. Hz. Meskipun Umar bersama orang musyrik Mekah pada awalnya, dia kemudian memilih Islam.

Talha: Nama ini berarti pohon getah. Itu juga merupakan nama Talha bin Ubeydullah, salah satu sahabat yang diberi kabar baik tentang surga.

Zayd: Nama ini, yang artinya bertambah, bertambah, dan lebih, adalah satu-satunya nama Sahabat yang disebutkan dalam Al Qur’an (Ahzab, 33/37). Hz. Zayd, Hz. Dia dikenal sebagai budak yang dibebaskan oleh Muhammad (saw).

Nama dan Makna Dari Sahabat Rasulullah Saw Dari Kalangan Wanita

Dengan datangnya ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi, kaum wanita mendapatkan banyak hak dalam masyarakat Arab.

Dengan demikian, para sahabat wanita juga mencapai posisi penting dalam sejarah Islam. Berikut adalah nama-nama sahabat wanita dan artinya.

Aisyah: Pada saat yang sama, Hz. Kata yang juga merupakan nama istri Muhammad (saw) ini berarti hidup seperti orang yang hidup dalam kelimpahan dan kekayaan. Nama ini juga banyak disukai saat ini.

Asma: Asma artinya nama dan nama dalam bahasa Arab. Demikian pula, kita melihat bahwa Asma’ül Hüsna, yaitu, digunakan untuk nama-nama indah Allah.

Fatima: Itu adalah nama putri Muhammad (saw). Artinya adalah sesuatu yang telah terputus. Menurut hadits Nabi, Allah membedakan Fatima dan keturunannya dari siksa neraka pada saat kiamat.

Halimah: Halimah, yang juga merupakan nama perawat Nabi, berarti wanita yang berwatak lembut. Nama ini juga umum di kalangan Sahabat.

Khadijah: Istri Nabi Muhammad (saw) dan pada saat yang sama wanita Muslim pertama. Nama Khadijah berarti bayi perempuan prematur.

Laila: Nama Laila berarti wanita cantik seperti malam. Ini juga disebut malam terakhir bulan Arabi.

BACA JUGA:  Apa Arti Nama Vanessa Dalam Islam?

Sofiya: Nama ini berasal dari kata pure dan artinya murni, suci dan suci. Diketahui bahwa banyak Sahabat menggunakan nama ini.

Sumayyah: Ini banyak digunakan di antara nama-nama Sahabat Hanim. Namanya berarti langit kecil dalam bahasa Arab. Itu juga merupakan nama wanita pendamping syahid pertama dalam sejarah Islam.

Zainab: Arti nama Zainab yang juga merupakan nama cucu Muhammad SAW; batu mulia, perhiasan. Arti lain dari nama tersebut adalah ornamen.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *