Nama-nama lain surah al-Fatihah Lengkap

Nama-nama lain surah al-Fatihah. Surah al-Fatihah merupakan surah dengan urutan pertama pada penulisan mushaf al-Quran. Surah ini disebut dengan al-Fatihah yang artinya adalah “Pembuka” karena Surah al-Fatihah adalah surah pembuka al-Quran.

Namun surah al-Fatihah sebenarnya tidak hanya memiliki nama al-Fatihah saja. Ada beberapa nama lain yang menjadi nama bagi surah al-Fatihah. Pada bagian ini kita akan membahas tentang pertanyaan nama-nama lain surah al-Fatihah, apa saja nama-nama lain surah al-Fatihah, ada berapa nama-nama surah al-Fatihah dan sebutkan/jelaskan nama-nama itu.

Tentang Surah al-Fatihah

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa al-Fatihah merupakan surah pertama pembuka mushaf al-Quran. Meskipun al-Fatihah adalah pembuka al-Quran, namun dalam surah urutan wahyu, al-Fatihah bukanlah surah yang pertama kali turun. Adapun surah yang pertama kali turun adalah surah al-Alaq ayat 1-5.

Surah al-Fatihah diturunkan di Makkah sehingga termasuk dalam surah Makiyah. Surah fatihah ini terdiri dari Tujuh ayat. Bacaan bismillah juga termasuk dari bagian ayat surah al-Fatihah.

Surah al-Fatihah Punya Nama-nama Lain

Surah al-Fatihah ini punya beberapa nama dan penyebutan. Surah al-Fatihah disebut sebagai Fatihatul Kitab (Pembuka kitab/al-Quran) karena Qur’an dimulai dengan surah al-Fatihah. Surah al-Fatihah juga memiliki nama lain seperti. Ummul Qur’an karena al-Fatihah mengumpulkan makna-makna seluruh Al-Qur’an yang asli.

al-Fatihah juga disebut dengan al-Asas karena mengandung semua makna dalam Al-Qur’an. Selain itu ada juga nama al-Fatihah lainnya seperti Suratul Kanz, Suratul-Wafiya, Suratul-Kafiya,  Suratul-Hamd, Suratusy-Syukr, Suratud-Dua, dan ada juga nama-nama lainnya.

Perbedaan Tentang Nama-nama surah al-Fatihah

Mengenai nama-nama surah al-Fatihah para ulama berbeda pendapat mengenai jumlahnya. Berikut ini adalah beberapa pendapat tentang nama-nama surah al-Fatihah:

1. Pendapat Mayoritas Ulama

Menurut mayoritas ulama sebagaimana dijelaskan oleh Imam Suyuti, mereka berpendapat bahwa nama surah al-Fatihah lebih dari 20 nama. Banyaknya nama itu menunjukkan pada kemuliaan surah al-Fatihah.

2. Pendapat kedua

Pendapat kedua ini adalah pendapat Abu Amr ad-Dani dan Qurtubi. Menurut mereka Surah al-Fatihah memiliki dua belas nama, dan yang paling terkenal adalah tiga nama yaitu al-Fatihah, Ummul Kitab dan Sab’ul Masani.

Apa saja nama-nama surah al-Fatihah?

Berikut ini adalah daftar dari nama-nama surah al-Fatihah yang paling banyak diketahui:

1. Fatihatul Kitab

Al-Fatihah disebut dengan فاتحة الكِتاب “Pembuka Kitab” karena beberapa alasan, seperti karena al-Fatihah adalah pembuka mushaf al-Quran, karena shalat dimulai dengan bacaan al-Fatihah, dan karena majelis pengajian dimulai dengan al-Fatihah.

2. Ummul Quran

Al-Fatihah disebut dengan أم القرأن “induknya al-Quran” karena al-Fatihah mencakup semua makna-makna dari al-Quran.

3. al-Quran al-Adhim

Surah al-Fatihah disebut dengan القُرآن العظيم al-Quran Yang Mulia karena al-Fatihah mencakup makna-makna al-Quran itu.

4. As-Sab’ul Matsani

Surah al-Fatihah disebut dengan السّبع المثانيّ “Tujuh yang diulang-ulang” karena surah al-Fatihah diulang-ulang dalam shalat.

5. al-Wafiyah

Surah al-Fatihah disebut dengan al-Wafiyah “melengkapi/memenuhi” karena al-Fatihah melengkapi/memenuhi makna-makna yang ada dalam al-Quran.

6. Al-Kanz wal-Kafiyah

Surah al-Fatihah disebut dengan الكنز، والكافية Harta dan kecukupan karena al-Fatihah mencukup bacaan shalat namun shalat tanpa Fatihah tidak sah shalatnya.

7. Al-Asas

Surah al-Fatihah disebut dengan الأساس “asas” karena al-Fatihah adalah asal dari al-Quran.

8. As-Shalat

Surah al-Fatihah disebut dengan Shalat sebagaimana hadis dari nabi berikut: Rasulullah Saw bersabda: “Allah swt berfirman:

قَسَمْتُ الصَّلاةَ بَيْنِي وبيْنَ عَبْدِي

Aku bagikan shalat (doa/bacaan salat) antaraKu dan hambaKu dua bagian.

 

 

Originally posted on December 26, 2021 @ 6:16 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.