Minyak Zaitun Dalam al Quran

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 17, 2021)

Tentang Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Olive oil adalah minyak yang kebanyakan berwarna kehijauan yang dihasilkan dari buah pohon zaitun.

Minyak zaitun ini banyak digunakan dalam bahan-bahan makanan, produk perawatan kesehatan dan juga beragam produk industri.

Minyak zaitun selain memberi rasa mantap pada hidangan di meja, juga memiliki beragam manfaat seperti membuat kulit bersinar dan menjaga vitalitas pada rambut.

Tidak hanya itu, minyak zaitun berpartisipasi dalam produksi beragam produk industri dan menjadi bahan utama dalam industri kosmetik.

Minyak Zaitun Dalam al-Quran

Dalam agama Islam, minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang digemari masyarakat Muslim. Hal ini karena memang dalam beberapa hadis pun disebutkan Rasululllah Saw. menggunakan minyak ini untuk makanan dan juga untuk meminyaki rambut.

Dalam ilmu kesehatan modern pun juga dijelaskan bahwa ternyata minyak zaitun memiliki segudang manfaat sehingga hal ini dikaitkan dengan mukjizat agama Islam yang memberi nilai lebih bagi zaitun dan minyak zaitun karena keduanya ada di dalam al-Quran dan hadis.

Sebenarnya, jika kita menelusuri buah zaitun saja, maka dalam al-Quran ada sangat banyak sekali ayat yang menerangkan tentang zaitun.

Namun untuk ayat dengan penyebutan minyak zaitun saja itu paling tidak ada dua ayat. Berikut ini adalah beberapa ayat yang menyebutkan tentang minyak zaitun:

1. Minyak Zaitun dalam al-Quran Surah al-Mu’minun ayat 20

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِن طُورِ سَيْنَاءَ تَنبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِّلْآكِلِينَ ﴿٢٣: ٢٠﴾

dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan. (Al-Muminoon: 20)

2. Minyak Zaitun dalam al-Quran Surah al-Nuur ayat 35

اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ ۖ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (An-Noor: 35)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, minyak zaitun juga ampuh untuk merawat kecantikan dengan beragam keuntungan seperti berikut:

BACA JUGA:  Manfaat Buah Tin Dan Zaitun Dalam Islam

Minyak zaitun bagus untuk membantu menghilangkan noda pada kulit. Minyak zaitun digunakan dalam pengobatan jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai penghapus riasan.

Selain itu anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kulit. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kaki dan melindungi kesehatan kaki.



Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *