Mengapa masjid penting dalam islam?

Mengapa masjid penting dalam islam, masjid merupakan tempat yang digunakan untuk beribadah kepada Allah. Dalam Islam, masjid sangat penting artinya dan juga perannya sangat besar.

Lalu apa saja peran masjid dalam Islam, mengapa masjid sangat penting adanya dalam Islam? Kali ini dalamislam.info akan membahasnya.

Pengertian Masjid

Masjid secara bahasa berarti tempat sujud. Adapun Masjid secara istilah adalah segala tempat yang digunakan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah berupa shalat lima waktu secara berjamaah.

Masjid pertama di dunia ini adalah Masjidil Haram yang mana di sana terdapat Kakbah, kiblat umat Islam. Kakbah sendiri menurut satu pendapat dibangun oleh Malaikat, meskipun ada yang mengatakan bahwa yang pertama kali membangunnya adalah Nabi Adam.

Pada zaman Nabi Muhammad, masjid pertama yang dibangun oleh umat Islam adalah masjid Quba yang ada di Madinah. Kemudian nabi membangun masjid Nabawi yang mana di sana terdapat makam Rasulullah Saw.

Mengapa masjid penting dalam islam

Sejak zaman awal Islam, masjid memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan uamt Islam itu sendiri.

1. Masjid Sebagai Tempat Utama Beribadah

Masjid sangat penting sekali dalam Islam karena ia memiliki fungsi utama, yaitu sebagai tempat ibadah, terlebih untuk shalat lima waktu. Masjid merupakan tempat bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah.

Masjid merupakan tempat milik Allah dan di dalamnya dilaksanakan ibadah kepada Allah sebagaimana firman berikut:

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” (QS Al-Jin: 72)

2. Masjid Adalah Pusat Pendidikan

Selain masjid berfungsi sebagai tempat untuk beribadah seperti shalat, masjid juga berfungsi sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar atau dakwah dalam menyebarkan ilmu agama Islam.

Sejak zaman nabi, masjid menjadi sentra pendidikan dan pengajaran agama Islam. Para sahabat sering berkumpul di masjid untuk membicarakan ilmu agama Islam agar ilmu tersebut bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat luas karena masyarakat punya satu tempat berkumpul yaitu masjid.

3. Tempat Menjalankan Kegiatan Musyawarah

Pada zaman dahulu, masjid banyak digunakan sebagai tempat untuk melakukan musyawarah dalam rangka kebaikan. Pada zaman sahabat, segala taktik atau kebijakan pemimpin dimusyawarahkan di dalam masjid.

Dengan demikian, masjid sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai ibadah dan dakwah, tetapi juga sebagai tempat pergerakan untuk mewujudkan masyarakat yang bersatu.

4. Tempat Berlindung

Di zaman nabi dikenal kelompok ashabus suffah, yatiu para sahabat yang tak memiliki tempat tinggal karena masuk golongan yang kurang mampu. Mereka pun tinggal di bagian masjid dan berlindung di dalam masjid.

Oleh karenanya, masjid memiliki fungsi penting dalam membantu orang-orang yang kurang mampu dengan menyediakan fasilitas tempat berlindung.

Di era modern ini fungsi masjid juga sangat banyak dalam hal sebagai tempat berlindung, seperti berlindung dari bencana dan juga bisa difungsikan sebagai tempat darurat untuk menghindari bencana alam.

Originally posted on January 9, 2022 @ 2:19 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.