Mengapa masjid disebut baitullah?

Mengapa masjid disebut baitullah? Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin sering mendengar kata Baitullah atau rumah Allah yang disebutkan kepada masjid. Jadi masjid selain dinamai masjid atau tempat shalat, juga disebut dengan baitullah atau rumah Allah.

Lalu apakah arti dari Rumah Allah ini? Mengapa masjid disebut dengan rumah Allah?

Apa Arti baitullah?

Dalam bahasa Arab, kata “rumah Allah” disebut dengan “Baitullah” dan kata ini pada awalnya adalah ungkapan yang digunakan untuk menyebut Ka’bah. Jadi pada mulanya, yang dimaksud dengan “bayt” atau rumah adalah Ka’bah. Hal ini bisa kita ketahui dari Surat Al-Baqarah Ayat 125 berikut:

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ 

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud”.

Alasan mengapa Ka’bah disebut Baytullah (rumah Allah), adalah karena Ka’bah adalah tempat peribadatan pertama yang dibangun untuk menyembah Allah. Kakbah adalah simbol dari agama Hanif, yang dikirim melalui nabi sebagai bimbingan bagi manusia dan juga larangan terhadap penyembahan berhala serta melaksanakan keyakinan tauhid. Kakbah adalah tempat di mana semua Muslim menyerahkan doa-doa mereka.

Kakbah yang disebut sebagai Rumah, maksudnya Rumah Allah atau Baitullah sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Ali ‘Imran Ayat 96 berikut:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَٰلَمِينَ

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.

Mengapa masjid disebut baitullah?

Dari uraian sebelumnya, kita tahu bahwa arti dari Baitullah adalah rumah Allah, yang maksudnya adalah rumah yang digunakan sebagai tempat menyembah Allah.

Jadi kenapa masjid disebut dengan baitullah? Jawabannya adalah karena masjid merupakan tempat yang digunakan untuk menyembah Allah.

Dalam sebuah hadits disebutkan:

المساجد بيوت الله في الأرض تضيء لأهل السماء كما تضيء نجوم السماء لأهل الأرض

“Rumah-rumah Tuhan di bumi; adalah masjid, yang menerangi penduduk langit sebagaimana bintang di langit menerangi penduduk bumi” (HR. Tabrani).

Jadi dalam hal ini, istilah Baitullah atau “rumah Tuhan” harus dipahami sebagai tempat pemujaan atau peribadatan kepada Allah, bukan tempat yang dikaitkan dengan adanya Allah. Perlu selalu kita yakini bahwa Allah terbebas dari ruang dan waktu.

Waktu dan ruang adalah makhluk/ciptaan, sedangkan Allah adalah Tuhan Maha pencipta. Oleh karena itu, Dia bebas dari sifat-sifat makhluk seperti membutuhkan tempat.

Originally posted on January 9, 2022 @ 12:20 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.