Image: family.lovetoknow.com

Manfaat Silaturahmi Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 8, 2021)

Arti Silaturahim atau Silaturahmi Dalam Islam

Silaturahim atau dalam bahasa Indonesia berarti menjaga hubungan kekerabatan merupakan konsep dasar yang ditetapkan dalam ajaran Islam dan merupakan perintah dalam agama.

Hubungan silaturahim ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerenggangan antar saudara atau kerabat.

Beberapa ahli hukum memaknai silaturahim dengan wasl yang berarti bersambung, lawan dari memutus.

Silaturahim dalam Islam dilaksanakan dengan banyak cara seperti berkunjung agar bisa mendapatkan saling memberi kabar, berbagi rasa damai, dekat dalam komunikasi, berbagi kegembiraan, memberikan uang dan sejenisnya.

Manfaat Silaturahim

Allah Swt. telah mewajibkan manusia untuk menjalin hubungan silaturahim dengan para kerabat.

Silaturahim tersebut ternyata membawa banyak manfaat dan efek baik dalam hal agama maupun manfaat duniawi sebagaimana berikut:

Manfaat Silaturahim Untuk Agama Dalam Islam

1. Diampuninya Dosa Karena Silaturahmi

Silaturahim memiliki manfaat menjadikan orang yang melaksanakannya diampuni dosanya. Hal ini karena silaturahim termasuk dari perbuatan baik kepada keluarga.

Dalam hadis riwayat Ibnu umar disebutkan bahwa ada seorang laki laki datang kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam , maka dia berkata “wahai Rasulullah sungguh aku sudah melakukan dosa yang besar apakah ada Taubat bagiku ?

Rasulullah bersabda: ‘apakah engkau memiliki ibu?’ lelaki itu berkata: ‘Tidak,’ Maka Rasulullah bersabda: ‘apakah engkau memiliki Bibi?,’ Lelaki itu berkata: ‘ya,’ maka Rasulullah bersabda: “Berbaktilah kepadanya” (HR. Tirmidzi).

2. Mendapatkan Rahmat Dalam Hidup

Dalam hadis disebutkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

قالَ اللَّهُ: أَنا الرَّحمنُ وَهيَ الرَّحمُ، شَقَقتُ لَها اسمًا منَ اسمي، من وصلَها وصلتُهُ، ومن قطعَها بتتُّهُ

“Allah berfirman, “Aku adalah Mahapengasih dan ia adalah Rahim, nama itu diambil dari bagian nama-Ku, siapa yang menyambungnya, maka Aku memberikan rahmat-Ku kepadanya, dan siapa yang memutuskannya, maka Aku memutuskan rahmat-Ku darinya.” (HR Abu Dawud).

3. Silaturahim Mendatangkan Pahala Surga

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut:

BACA JUGA:  Manfaat Madu Untuk Sariawan Pada Anak Maupun Orang Dewasa

يا أيُّها النَّاسُ أفشوا السَّلامَ، وأطعِموا الطَّعامَ، وصِلوا الأرحامَ، وصلُّوا باللَّيلِ، والنَّاسُ نيامٌ، تدخلوا الجنَّةَ بسَلامٍ

“Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR Ibnu Majah).

4. Mendapatkan Ridha Allah Swt

Silaturahim adalah perintah Allah Swt., sehingga jika seseorang melaksanakan silaturahim, maka ia akan mendapatkan manfaat berupa ridha Allah Swt., mendapatkan pahala sehingga akan mendapatkan surga di akhirat kelak.

Manfaat Silaturahim Dalam Kehidupan Duniawi

Manfaat yang dampaknya nyata dalam kehidupan duniawi seseorang, terutama dalam aspek materi, dan dampaknya adalah sebagai berikut:

1. Rejeki Tambah Banyak

Silaturahmi terbukti merupakan pintu dari terbukanya rezeki. Karena silaturahim itu artinya memperbanyak relasi dan menguatkan komunikasi.

Banyak orang tertutup rejekinya karena tidak mau silaturahmi. Dengan silaturahmi maka akan ada obrolan mengenai beragam hal seperti bisnis, jodoh dan hal-hal yang bermanfaat dalam hidup.

Dalam hadis pun disebutkan tentang manfaat silaturahmi:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturrahim.” (HR Bukhari).

2. Memperbaiki Kemaslahatan Sosial

Silaturahmi yang kuat akan bermanfaat menjadikan keluarga dan kerabat yang solid. Hal ini pun menjadikan ketenteraman di antara keluarga menjadi terjaga.

Efek selanjutnya adalah, solid dalam keluarga ini akan mencipatakan kemaslahatan sosial yang lebih besar. Banyak sekali kerusakan sosial itu karena tidak ada hubungan yang solid antar keluarga dan kerabat.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *