Image: Wikipedia

Manfaat Puasa Dalam islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 4, 2021)

Puasa Dalam Islam

Dalam agama Islam puasa didefinisikan sebagai ibadah yang diawali niat dengan menahan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan dan minum sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Puasa adakalanya dihukumi wajib adakalanya sunah, bahkan makruh hingga haram. Hal itu menyesuaikan dengan kondisi dan waktu puasa itu sendiri.

BACA JUGA: Macam-macam Puasa Sunah Dalam Islam

Puasa sendiri sudah dilaksanakan oleh umat manusia sejak zaman dahulu. Perintah puasa ini ternyata menyimpan beragam manfaat yang besar, baik dalam hal agama maupun dalam hal medis.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas beragam manfaat berpuasa dalam Islam.

Manfaat Puasa Dalam Islam

Menurut agama Islam, puasa yang diperintahkan dalam bulan ramadhan juga puasa-puasa sunnah memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah uraian tentang beragam manfaat puasa dalam Islam itu.

1. Menjadikan Seseorang Bertakwa

Puasa Ramadhan memiliki manfaat sekaligus tujuan bahwa agar seseorang bertakwa dengan melaksanakan puasa tersebut.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam QS. AL Baqarah ayat 183 sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

2. Menghindarkan Seseorang Dari Maksiat

Puasa bermanfaat bisa menghindarkan seseorang dari maksiat. Hal ini karena puasa itu ada banyak pantangan yang harus dihindari.

Misalnya makan dan minum, juga perkataan kotor. Otomatis puasa akan melatih seseorang untuk terhindar dari maksiat.

3.  Mendapatkan Kegembiraan

Hal ini sebagaimana Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ : فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

“Orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan, yaitu kegembiraan ketika berbuka puasa dan kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-nya”

Manfaat Puasa Dalam Bidang Kesehatan/Medis

Selain manfaat puasa dalam Islam, kita pun juga bisa merenungi manfaat puasa dalam bidang medis karena medis ternyata mampu menguak rahasia keajaiban puasa.

BACA JUGA:  Agar Karpet Masjid Wangi, Bersih dan Awet

Di antara manfaat puasa untuk kesehatan berdasarkan kajian medis adalah:

1. Puasa Bermanfaat untuk Kinerja Perut dan Usus

Karena perut tidak memproses makanan di siang hari saat berpuasa, lambung dan usus pun menemukan kesempatan untuk beristirahat karena lelah bekerja selama setahun penuh.

Karena reaksi asam lambung saat puasa, sistem pencernaan pun bisa bekerja lebih baik. Namun, penting sekali bagi anda untuk makan secukupnya saat buka puasa dan sahur.

2. Memperkuat Memori Daya Ingat

Keinginan atau nafsu yang bisa kita hindari saat berpuasa memungkinkan otak kita untuk fokus pada pekerjaan yang sedang kita lakukan. Kita pun akan lebih fokus untuk menghindari aktivitas yang tidak perlu.

Dengan demikian, sangat memungkinkan bagi memori otak kita untuk bekerja lebih baik dengan berfokus pada hal prioritas dan penting.

Makan lebih sedikit adalah bisa menyingkirkan rasa malas dan memfokuskan pikiran pada ha hal penting. Puasa Ramadhan memberikan kontribusi penting bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Puasa memungkinkan pikiran kita untuk bekerja lebih praktis dan fokus pada hal-hal yang penting saja sehingga kita bisa berfokus pada pikiran dan ingatan kita.

3. Puasa Mampu Menunda Penuaan Dini

Ketika kadar lemak dan kolesterol darah menurun saat tubuh berpuasa di bulan Ramadhan, maka pembuluh darah akan merestorasi diri sehingga bisa bekerja lebih baik.

Berkat puasa, pembuluh darah menjadi bersih dan sirkulasi darah pun bisa meningkat. Dengan kata lain, puasa membawa kesehatan bagi tubuh dan pikiran kita karena memungkinkan sel untuk beregenerasi dan menunda sebagian besar penuaan dini.

4. Puasa Ampuh Melawan Kanker

Penyakit kanker dimulai dengan terjadinya kerusakan pada beberapa sel dan bisa terjadi di mana pun di bagian tubuh.

BACA JUGA:  6 Amalan-amalan Utama di Bulan Suci Ramadhan 

Jika tubuh kita terus-menerus mengalami metabolisme yang bermasalah, maka tubuh pun akan kehilangan daya tahan untuk melindungi agar sel tubuh tetap sehat.

Pada saat orang berpuasa, tubuh akan mengalami metabolisme yang lebih sehat sehingga bisa mencegah pembentukan sel kanker sejak dini.

5. Puasa Membantu Berhenti dari Kebiasaan Buruk

Selama masa puasa, ada banyak hal yang membatalkan puasa yang harus dihindari. Dan hal yang dihindari itu bisa jadi adalah kebiasaan yang buruk.

Misalnya adalah merokok, yang mana karena membatalkan puasa maka merokok pun dilarang sehingga tubuh bisa beradaptasi untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

6. Puasa Membantu Liver untuk Istirahat

Hati kita, yang terus bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sangat babak belur karena puluhan makanan dan minuman berbahaya dan tidak berbahaya yang kita konsumsi, bisa meluangkan waktu dan istirahat saat berpuasa.

Proses mendengarkan ini memungkinkan tubuh kita bekerja dengan cara yang lebih sehat dan hati kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

7. Meningkatkan Fungsi Mental!

Puasa memiliki peran protektif terhadap penyakit mental seperti Parkinson dan Alzheimer, yang memungkinkan pembentukan sel punca baru di otak. Selain itu, kegiatan ilmiah mengungkapkan bahwa puasa meningkatkan fungsi mental.

8. Puasa Bisa Membersihkan Kulit!

Bergantung pada pembersihan sistem pencernaan Anda, seluruh tubuh Anda dibersihkan. Kondisi ini membersihkan hati dan ginjal Anda dari racun. Oleh karena itu, kulit Anda juga dibersihkan dan berkontribusi pada pengurangan jerawat Anda.

9. Puasa Ampuh Dalam Mengajar Kesabaran!

Seseorang yang berpuasa dan terbiasa tidak makan atau minum dalam jangka waktu tertentu meningkatkan kesabaran pasien dan ciri ini merupakan perkembangan psikologis yang penting bagi manusia.

BACA JUGA:  Hukum Menjawab Adzan Dalam Islam

 



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *