Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 18, 2021)

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil– Puasa merupakan salah satu kondisi di mana Anda harus menahan rasa lapar dan haus mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Sebenarnya tidak ada larangan bagi siapapun yang harus dan mau Puasa, bahkan ibu hamil dan ibu menyusui dianjurkan untuk berpuasa. Mungkin saat Anda sedang hamil dan harus berpuasa, kondisi ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Apa Saja Dampak Baik dan Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil ?

Bagi Anda para ibu hamil yang menjalankan puasa di bulan ramadhan, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Adapun manfaat yang akan diperoleh, diantaranya sebagai berikut :

1. Menyeimbangkan Bahan Kimia Dalam Darah

Manfaat pertama, Saat Anda hamil dan berpuasa dapat membantu Anda menstabilkan kondisi tubuh Anda. Sebab, puasa sangat bermanfaat untuk membantu tubuh menyeimbangkan zat kimia yang ada di dalam tubuh.

2. Membantu Membakar Lemak Tubuh

Manfaat puasa bagi ibu hamil berikutnya yaitu Puasa dapat membantu tubuh membakar sejumlah lemak yang tidak berguna bagi kesehatan Anda. Karena ketika tubuh memiliki lemak yang berlebihan, maka akan berdampak buruk juga bagi kesehatan Anda dan janin yang ada di dalam kandungan.

3. Menghindari Mual

Dengan berpuasa, Anda juga bisa terhindar dari kondisi morning sickness. Morning sickness sendiri merupakan suatu kondisi yang biasa dialami oleh ibu hamil dengan gejala mual yang disertai muntah. Hal tersebut terjadi karena terjadi peningkatan asam lambung pada pagi hari.

4. Mencegah Sembelit

Masalah lain yang biasanya muncul saat Anda hamil adalah sembelit. Nah, ketika Anda menjalankan puasa dibulan ramadhan saat hamil, Anda juga bisa mencegah sembelit saat hamil.

BACA JUGA:  Dalam Ajaran Islam Berbakti Kepada Orang Tua Hukumnya Apa?

Dengan berpuasa, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan menstabilkan kadar gula darah Anda.

Demikian pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai dampak baik bagi ibu hamil. Dari pembahasan yang sudah kami jelaskan di atas, semoga Anda sebagai ibu hamil dapat mejalankan puasa dengan lancer.



Selalu belajar dan berbagi. Karena dengan berbagi maka pengetahuan akan bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *