Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, Minyak zaitun adalah minyak yang sangat baik untuk dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak zaitun diperoleh dengan cara memeras dan mengekstraksi minyak buah zaitun. Tak hanya untuk kesehatan, teranyata minyak zaitun itu juga sangat bermanfaat bagi kecantikan.

Setelah membaca artikel ini, anda akan tertarik untuk mengonsumsi minyak zaitun tidak hanya untuk salad atau makanan, tapi anda bisa mengonsumsi minyak zaitun untuk merawat kecantikan diri anda, seperti bagi kecantikan kulit, rambut, dan kuku.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Menurut International Olive Council, minyak zaitun sangat kaya akan banyak vitamin seperti A, D, K dan E, yang berperan penting dalam meningkatkan kecantikan Anda. Bahkan minyak zaitun adalah salah satu bahan utama dalam berbagai produk kecantikan seperti pembersih wajah, produk perawatan rambut, sabun, sampo, dan lotion. Berikut adalah beragam manfaat minyak zaitun untuk kecantikan:

1. Menjaga kelembapan kulit.

Minyak zaitun memiliki sifat pelembab yang membantu menjaga kulit wajah dan tubuh Anda tetap lembut, halus dan terhidrasi. Faktanya, minyak ini mudah meresap jauh ke dalam kulit, sehingga menjaga kulit tetap lembut dan halus dalam waktu yang lama. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering.

Selain itu, lipid alami dalam minyak zaitun berkontribusi pada produksi sebum. Sebum adalah pelumas alami tubuh. Itu juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Keringkan kulit Anda dengan lembut setelah mandi atau berendam. Gunakan minyak zaitun sebagai pelembab dan pijat kulit Anda saat masih agak lembab.

Atau, oleskan minyak zaitun ke seluruh wajah, tangan dan kaki sebelum tidur untuk menikmati kulit yang segar dan kenyal di pagi hari. Ini adalah salah satu Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan.

2. Mencegah Penuaan Kulit Dini

Seiring bertambahnya usia, kerutan dan garis-garis halus mulai terlihat di kulit Anda. Namun dengan minyak zaitun, Anda bisa menghilangkan tanda-tanda penuaan tersebut.

Vitamin E, antioksidan kuat dalam minyak zaitun, membantu meregenerasi sel-sel kulit baru, yang membantu menjaga kulit tetap montok dan terhidrasi. Juga dapat mengencangkan kulit untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Plus, asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya meremajakan kulit.

Setiap hari, oleskan sedikit minyak zaitun ke wajah, leher, tangan dan kaki Anda dan pijat dengan lembut selama minimal 5 menit. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

Pilihan lain adalah dengan memasukkan 2 sendok makan madu organik, 1 sendok makan minyak zaitun dan setengah gelas bubur pepaya matang ke dalam mangkuk. Aduk rata dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 5 sampai 10 menit, lalu bilas campuran dengan air hangat. Anda juga dapat menggunakan ini sekali atau dua kali seminggu.

3. Mengobati kulit terbakar matahari

Anda bisa mencoba minyak zaitun untuk pengobatan kulit terbakar sinar matahari. Ini juga dapat membantu menyembuhkan sengatan matahari yang parah. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang salah satunya adalah untuk menjaga kulit dari sinar matahari.

Sifat minyak zaitun yang menenangkan dan melembapkan membantu mengurangi peradangan dan meremajakan kulit. Ini juga mencegah gejala umum kulit terbakar, seperti kulit mengelupas.

Ketika minyak zaitun digunakan secara teratur, itu dapat mengurangi keparahan kerusakan akibat sinar matahari pada kulit Anda dan menjaganya tetap sehat.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review melaporkan bahwa minyak zaitun memblokir sekitar 20% sinar UV. Oleskan sedikit minyak zaitun ke area yang terbakar sinar matahari dan biarkan selama beberapa jam. Cuci dengan air dingin. Lanjutkan metode ini beberapa kali sehari selama beberapa hari untuk mempercepat penyembuhan.

Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun ke dalam air mandi air panas dan beristirahat di air ini setidaknya selama 30 menit. Anda dapat menerapkan ini sekali sehari agar Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan bisa anda peroleh secara maksimal.

4. Menambah Kesehatan Rambut Anda

Manfaat minyak zaitun untuk rambut memang tidak ada habisnya. Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ini baik untuk banyak masalah rambut seperti rambut rontok atau rambut menipis.

Sifat pelembabnya memastikan pertumbuhan rambut yang sehat. Juga, minyak menembus jauh ke dalam kulit kepala dan mengobati radang kulit kepala dengan melembutkan jaringan kulit kepala.

1. Pijat kulit kepala Anda dengan minyak zaitun hangat dengan gerakan melingkar selama 5 sampai 10 menit.

2. Biarkan tetap seperti ini semalaman.

3. Keesokan paginya, keramas rambut Anda seperti biasa.

4. Ulangi ini 2 atau 3 kali seminggu.

5. Menambahkan Kilau pada Rambut.

Jika Anda ingin menambahkan kilau pada rambut yang tidak bernyawa dan kusam, cobalah minyak zaitun, ini sangat efektif.

Mengoleskan minyak zaitun ke rambut membantu mengembalikan kelembapan pada rambut kering dan rusak, membuatnya lebih berkilau dan sehat. Ini juga dapat membantu meluruskan rambut keriting yang sulit ditata.

Oleskan minyak zaitun hangat ke rambut Anda dari akar ke ujung. Pijat kulit kepala dan rambut Anda selama beberapa menit, lalu kenakan topi mandi selama 30 menit dan tunggu. Bilas rambut Anda dengan air, lalu keramas dan cuci seperti biasa. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

Atau, tambahkan 1 putih telur ke 1 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata sampai Anda memiliki masker yang halus. Oleskan masker ini ke rambut dan kulit kepala Anda yang basah. Tutupi kepala Anda dengan shower cap selama sekitar 30 menit. Kemudian cuci rambut Anda dengan sampo ringan dan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali.

6. Minyak zaitun baik untuk lingkaran hitam

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Minyak zaitun memiliki polifenol, vitamin E, dan pitosterol yang mencerahkan kulit Anda dan membantu menghilangkan bintik hitam.

Ini juga memelihara kulit halus di sekitar mata dan melembutkan garis-garis halus.

Oleskan minyak zaitun dengan lembut di bawah mata Anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit sebelum tidur. Cuci dengan air keesokan paginya. Ulangi ini sekali sehari.

· Sebagai alternatif, campurkan minyak zaitun dan jus lemon dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran tersebut ke lingkaran hitam di sekitar mata Anda. Diamkan selama sepuluh menit, lalu cuci muka dengan air hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari.

7. Mengobati Tumit Retak

Tumit pecah-pecah membutuhkan kelembapan untuk menyembuhkannya, dan minyak zaitun kaya akan sifat pelembab. Untuk hasil terbaik, Anda akan membutuhkan banyak waktu agar minyak meresap sepenuhnya ke kulit Anda. Oleh karena itu, terapkan cara ini sebelum tidur dan pertahankan hingga pagi hari.

1. Rendam kaki Anda dalam air sabun selama 10 menit.

2. Gosok kaki Anda dengan lembut dengan batu apung.

3. Bilas kaki Anda dengan air dan keringkan secara menyeluruh.

4. Oleskan minyak zaitun dalam jumlah banyak ke tumit dan telapak kaki Anda.

5. Pijat selama 5 menit.

6. Kenakan sepasang kaus kaki bersih dan pergi tidur.

7. Ulangi ini selama beberapa hari sampai retakan pada tumit Anda benar-benar hilang.

8. Berfungsi sebagai Penghapus Rias Alami

Jika Anda memiliki sebotol minyak zaitun di rumah, Anda tidak memerlukan penghapus riasan komersial. Minyak zaitun organik bekerja sebagai penghapus riasan alami yang efektif.

Saat Anda mengoleskan minyak ke wajah Anda, itu juga membantu menyegel produk berbasis minyak lainnya, menjadikannya bahan yang sempurna untuk menghilangkan riasan yang membandel. Itu dapat dengan mudah menghapus riasan tahan air yang paling sulit sekalipun. Plus, itu melembabkan kulit secara efektif.

Jika Anda memakai riasan tipis, tuangkan sedikit minyak zaitun ke kapas. Gunakan ini untuk menghapus riasan dari wajah Anda. Kemudian cuci muka agar Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan bisa anda rasakan.

Bagi mereka yang memakai riasan tebal, oleskan beberapa tetes minyak zaitun extra virgin ke wajah Anda. Pijat wajah Anda dan biarkan sebentar. Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh dengan kain yang dibasahi dengan air hangat.

9. Memperkuat Kuku yang Lemah

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk kuku yang lemah dan rapuh. Sifat pelembabnya membantu memperbaiki kuku, melembutkannya dan membuatnya tetap sehat dan kuat. Adapun cara untuk merawat kuku dengan minyak zaitun adalah:

1. Sebelum tidur, pijat ke kuku dengan beberapa tetes minyak zaitun hangat selama beberapa menit.

2. Kenakan sarung tangan katun dan tidur.

3. Cuci kuku Anda dengan air hangat keesokan paginya.

4. Anda dapat mengulangi metode kecantikan ini setiap hari agar Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan bisa anda terus rasakan.

10. Menyembuhkan Bibir Pecah-pecah

Karena vitamin E dalam minyak zaitun, itu juga sangat efektif untuk mengobati bibir pecah-pecah dan kering. Sebagai pelembab, minyak zaitun juga berfungsi sebagai pelembab bibir untuk membuat bibir halus, lembut dan kenyal. Minyak zaitun juga mencerahkan dan mencerahkan bibir yang gelap.

· Tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun ke dalam 1 potong gula dan lelehkan. Jika Anda mau, tambahkan sedikit jus lemon ke dalam campuran. Gosok bibir Anda dengan lembut dengan campuran ini. Bilas bibir Anda dengan air hangat, lalu keringkan dengan lembut dan oleskan sedikit minyak zaitun. Ulangi ini beberapa kali seminggu.

Anda bisa mengoleskan minyak zaitun langsung ke bibir sebelum tidur setiap hari untuk mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

Hal Penting Untuk Mendapatkan Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Pastikan minyak zaitun adalah produk berkualitas tinggi tanpa aditif atau bahan kimia.

Jangan gunakan minyak zaitun untuk tujuan kecantikan jika kulit Anda sensitif atau berminyak, atau jika Anda menderita kondisi seperti dermatitis.

Jangan biarkan minyak zaitun terkena panas, cahaya, atau oksigen yang berlebihan.

Jangan lupa untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam diet Anda, karena kecantikan dimulai dari dalam!

Originally posted on December 31, 2021 @ 9:26 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *