Image: Pixabay

Manfaat Minum Susu Saat Sahur

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 29, 2021)

Minum Susu

Minum susu sudah menjadi kebiasaan hidup sehat masyarakat dunia. Bahkan sejak zaman dahulu susu pun digunakan sebagai salah satu metode pengobatan.

Konsumsi susu secara rutin bisa meningkatkan beragam manfaat dalam tubuh. Salah satunya adalah untuk penguatan tulang dan kesehatan pencernaan.

Nutrisi yang banyak dikandung oleh susu dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat berpuasa. Oleh karena, sangat disarankan untuk minum susu bagi orang yang hendak berpuasa saat sahur agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Manfaat Minum Susu saat Sahur

Seorang peneliti tentang Nutrisi asal Turki, Assoc. Dr. Reyhan İrkin menyatakan bahwa susu dapat membantu menjaga keseimbangan mineral tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan, dan akan sangat bermanfaat untuk dikonsumsi khususnya saat sahur.

Assoc Anggota Fakultas Nutrisi dan Dietetika Universitas Demokrasi İzmir. Dr. Reyhan İrkin menyatakan bahwa segelas susu dapat menutup kekurangan cairan dan mineral tubuh terutama pada lingkungan musim panas.

Agar susu dapat digunakan untuk melindungi kesehatan tubuh di bulan Ramadhan, İrkin menyarankan agar susu dikonsumsi saat sahur.

Dr. İrkin juga menekankan bahwa susu memberikan rasa kenyang dan beragam manfaat seperti berikut:

“Segelas susu sapi mengandung 116 kalori. Susu merupakan minuman yang dapat membantu menjaga keseimbangan mineral tubuh dan memenuhi kebutuhan cairan selama bulan-bulan musim panas. Untuk alasan ini, sangat bermanfaat untuk mengonsumsinya saat sahur. Konsumsi 1-2 gelas sebagai makanan yang dapat memberikan rasa kenyang dengan kandungan air yang tinggi, kandungan protein dan lemak yang tinggi, serta memberikan energi dengan laktosa akan memastikan nutrisi Anda seimbang. Di bulan Ramadhan, orang berpuasa selama hampir 16 jam di negara kita. Selama ini, kebutuhan tubuh seperti cairan, protein, dan mineral. Jika kami ingin bertemu mereka dengan cara terbaik, kami merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya satu gelas susu per sahur.”

İrkin menyatakan bahwa jika susu dikonsumsi setiap hari dapat mencegah obesitas dan sindrom metabolik akibat resistensi insulin dan diabetes, serta menekankan bahwa konsumsi susu harus ditingkatkan.

BACA JUGA:  Makanan Untuk Kuatkan Ingatan dan Hafalan Dalam Islam

Irkin mengatakan bahwa akan sangat bermanfaat bila mengonsumsi “vitamin D” bersamaan dengan konsumsi susu, “Telah diamati bahwa mengonsumsi susu dan produk olahannya memiliki manfaat dalam mencegah penyakit muskuloskeletal. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi susu normal dan tinggi lemak, serta vitamin D, dapat mengurangi massa lemak dalam tubuh dan meningkatkan massa otot. menggunakan ekspresi.

Manfaat Minum Susu Dalam Islam

Di dalam Islam susu digambarkan sebagai minuman kaya akan manfaat. Susu pun juga menjadi salah satu minuman ahli surga dan susu juga termasuk mukjizat akan kebenaran al-Quran.

Bahwa meskipun susu keluar dari perut hewan, tetapi susu itu bersih dari kotoran yang mana bisa memberikan manfaat yang bagus bagi tubuh.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *