Image: Pixabay

Manfaat Minum Susu Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 29, 2021)

Susu Dalam Islam

Dalam Islam susu merupakan minuman penting yang menjadi kegemaran kaum muslimin. Hal ini dikarenakan dalam beberapa teks al-Quran dan hadis, susu digambarkan sebagai minuman yang bernilai.

Susu misalnya disebut sebagai minuman yang ada di surga dan juga bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia yang bersih dari kotoran meskipun keluar dari perut hewan.

Dalam al-Quran disebutkan:

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۚ نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهٖ مِنْۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَّدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَاۤىِٕغًا لِّلشّٰرِبِيْنَ

Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya. (QS. An-Nahl: 66)

Susu pun juga merupakan minuman favorit Rasulullah Saw. yang mana di dalamnya memang terdapat manfaat yang luar biasa.

Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Selain ASI, susu dan beragam produk susu lainnya misalnya keju dan yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan manusia. Lantas apa saja manfaat dari minum susu?

1. Memperkuat tulang

Susu dan produk susu menyediakan kalsium, fosfor, magnesium, dan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat.

Konsumsi susu yang cukup selama masa kanak-kanak dan sepanjang hidup membantu memperkuat tulang dan melindungi dari penyakit tulang seperti osteoporosis di kemudian hari.

2. Memperkuat sistem kekebalan

Susu; mendukung pertumbuhan dan perkembangan, berperan dalam pembentukan sel dan jaringan. Susu, yang bermanfaat dalam perkembangan dan fungsi otak, juga membantu memperkuat sistem kekebalan dan bertindak sebagai pelindung terhadap infeksi. Ini juga membantu luka sembuh dengan cepat.

BACA JUGA:  Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

3. Mencegah gigi menguning

Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu bermanfaat untuk kesehatan dan kelangsungan tumbuh kembang gigi. Saat terkena makanan dan minuman yang bersifat asam, kandungan protein kasein yang tinggi dalam kandungannya menutupi email gigi seperti lapisan tipis dan mencegah hilangnya kalsium dan fosfat dari email gigi.

4. Mengatur tekanan darah

Studi menunjukkan bahwa konsumsi susu dan produk susu 3 porsi per hari membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan anak-anak.

5. Mencegah Munculnya lemak di area perut

Minum susu juga berdampak pada penurunan berat badan. Beberapa penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa konsumsi susu dan produk susu setiap hari bersama dengan diet terkontrol kalori mengurangi lemak perut dan membantu penurunan berat badan.

6. Mengontrol diabetes

Diabetes tipe 2 adalah masalah yang terjadi saat ini sejak kecil. Konsumsi susu rendah lemak dan produk olahannya memiliki peran penting dalam pencegahan diabetes.

Saran Dalam Minum Susu

Meskipun susu sangat bermanfaat, tetapi kita pun perlu berhati-hati dalam memilih produk susu. Lihatlah label kemasan produk susu apakah masih layak dikonsumsi atau tidak.

Manfaat susu secara maksimal bisa kita ambil pada susu perah yang murni. Baik susu sapi, kambing atau unta, setiap masing-masing jenis susu hewan memiliki manfaat yang luar biasa.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *