Image: Pixabay

Manfaat Menjadi Orang Jujur Dalam Agama Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 1, 2021)

Menjadi Orang Jujur Dalam Islam

Menjadi orang jujur dalam agama Islam adalah kewajiban. Hal ini karena jujur merupakan sifat yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. dan juga termasuk sifat wajib bagi rasul.

Artinya, dalam sejarahnya tak ada rasul yang tak jujur. Karena hal ini menyangkut apa yang mereka sampaikan berupa wahyu yang harus disampaikan secara benar.

Dalam al-Quran disebutkan perintah yang jelas tentang perintah untuk menjadi orang yang jujur.

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصّٰدِقِينَ

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar (jujur).” (QS. At-Taubah: 119)

Jujur adalah sifat kebenaran. Sehingga ketika orang menjadi jujur, maka ia akan menjadi orang yang benar dan terhindar dari sifat menutup-nutupi yang cenderung pada sifat ketidak jujuran dan sifat keliru.

Manfaat Menjadi Orang Jujur Dalam Islam

Kejujuran adalah hal terpenting yang bisa mengangkat karakter luhur seseorang dalam hidupnya. Orang yang jujur ​akan ​menerima rasa hormat dari orang lain dan juga rasa cinta dari lingkungannya sepanjang hidup mereka.

Masyarakat banyak yang mendambakan dan menginginkan orang jujur ​​dan masyarakat pasti akan menghargai orang yang jujur.

Orang yang jujur ​​disambut dengan hangat oleh lingkungan yang ia masuki. Kejujuran adalah bagaikan mata uang yang mahal dalam hidup ini; Artinya, kejujuran selalu dan di mana pun akan menjadi sebuah nilai yang mahal.

Nabi Muhammad Saw. dikenal dengan sifat Amin, bisa dipercaya karena kejujurannya. Semua perkataan yang diucapkan oleh nabi Muhammad, pasti langsung diimani. Dan jika ada orang yang tidak percaya, itu berarti dia adalah seburuk-buruknya manusia.

BACA JUGA:  Inilah Profesi Guru Dalam Islam

Orang yang jujur ​​tidak pernah sendirian ketika mereka berjalan melewati setiap tahap dalam kehidupan mereka. Orang yang benar dan jujur ​​tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari teman dan sahabat.

Orang yang tidak jujur ​​selalu sendirian. Tidak ada yang mau hidup dengan kebohongan dan pembohong atau berteman. Kejujuran adalah salah satu ciri yang paling dikagumi di masyarakat.

Kejujuran adalah akhlak moral paling berharga yang hendaknya dicapai seseorang dalam perjalanan hidup yang singkat ini. Saat perjalanan hidup seseorang berakhir, maka anak-anaknya niscaya akan mewarisi kejujurannya.

Orang yang jujur ​​dikenang dengan rasa hormat dan cinta karena kejujurannya. Seorang penipu akan dikenang keburukan dan akhlak tercelanya.

Anak dan cucu mereka akan diberi tahu oleh masyarakat betapa jujurnya ayah atau kakek mereka. Mengingat begitu besarnya manfaat menjadi orang yang jujur, maka akan terlihat betapa ruginya orang yang tidak jujur ​​ketika ia menghabiskan umur dalam hidupnya.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *