Image: Pixaba

Manfaat Mengonsumsi Kurma

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 25, 2021)

Buah Kurma Yang Lezat

Buah kurma adalah buah yang bermanfaat dan banyak tumbuh dan dikonsumsi di daerah Timur Tengah. Kurma juga disajikan sebagai makanan di sebagian besar jamuan.

Kurma merupakan jenis tumbuhan berbunga dari keluarga palem yang menghasilkan buah manis yang lezat jika dimakan.

Tempat kurma berasal secara pasti tidak diketahui karena kurma sudah ada sejak lama. Namun kemungkinan besar kurma berasal dari wilayah Bulan Sabit Subur yang berada di daerah Mesir dan Mesopotamia.

Kurma banyak dibudidayakan secara luas di Afrika Utara, Timur Tengah dan Asia Selatan, juga telah menyebar di banyak wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Kurma dalam Islam memiliki tempat istimewa sebagai makanan yang disebutkan dalam al-Quran dan Hadis. Kurma merupakan makanan yang dimakan oleh siti Maryam ketika hamil.

Selain rasanya yang manis dan gurih, kurma merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita berkat kandungan seratnya yang tinggi, potasium, zat besi, asam folat dan kalsium, serta banyak vitamin dan mineral.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang beragam manfaat dari buah kurma.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Mengonsumsi kurma secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika anda makan tiga buah kurma dalam sehari, maka anda pun akan merasakan efeknya pada tubuh yang sangat mengejutkan.

Beberapa pakar nutrisi menjelaskan tentang 10 alasan penting mengapa seseorang perlu untuk mengonsumsi kurma untuk mendapatkan manfaatnya bagi tubuh.

Kurma dikenal sebagai buah yang mengandung serat yang sangat tinggi. Begitu banyaknya sehart yang dikandung sehingga dalam 100 gramnya terdapat 3,5 gram serat.

BACA JUGA:  Kisah Nabi Nuh As | Kisah Islami Para Nabi

Seratnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit.

Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi kurma secara rutin untuk kesehatan tubuh:

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Menjadi salah satu makanan ramah jantung, kurma menyeimbangkan tekanan darah (tekanan darah) dan mengatur ritme jantung berkat kandungan mineral kalium yang kaya. Ini tidak mengandung kolesterol dan, berkat antioksidan kuatnya, melindungi jantung dari bakteri dan mikroba berbahaya serta mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

Jika Anda makan tiga buah kurma sehari, efeknya pada tubuh sangat mengejutkan! Manfaat buah kurma sangat bermanfaat

2. Mengurangi Stres dan Menjadikan Tubuh Relaks

Berdasarkan penelitian para ahli, terungkap bahwa vitamin B6 yang memperkuat saraf ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada kurma. Dengan cara ini, pertahanan terhadap stres dikembangkan. Dengan kandungan vitamin B1 yang dikandungnya, kurma memudahkan sistem saraf menjadi sehat.

Jika Anda makan tiga buah kurma sehari, efeknya pada tubuh akan sangat mengejutkan! Manfaat buah kurma sangat bermanfaat

3. Kurma Efektif Untuk Mencegah Anemia

Kurma juga dikenal sebagai buah dengan kandungan besinya yang tinggi. Ketika dikonsumsi secara teratur, kurma akan meningkatkan sintesis hemoglobin dalam sel darah pada penderita anemia.

Dengan efek ini, kurma pun mampu mengurangi risiko anemia karena kekurangan zat besi. Selain itu, jumlah sel darah merah meningkat dengan vitamin B2 dan B3 yang dikandung oleh kurma.

4. Kurma Merupakan Sumber Energi Lengkap

Orang yang merasa mudahlelah sepanjang hari, lesu atau ingin menambah berat badan maka ia dapat memenuhi energi yang mereka butuhkan dengan kurma.

Kandungan energinya yang tinggi menjadikan kurma sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menambah berat badan atau anak-anak di usia perkembangan.

BACA JUGA:  Manfaat Lemon Untuk Kulit, Wajah dan Kesehatan

5. Kurma Mampu Meningkatkan Imunitas

Kurma merupakan makanan kaya antioksidan selenium dan vitamin C yang mampu menunjang sistem kekebalan tubuh .

Dengan demikian, kurma mampu membersihkan tubuh dari bakteri dan kuman berbahaya. Selain itu, kandungan mineral magnesium yang tinggi di dalam kandungannya mengurangi laju infeksi yang mungkin terjadi di dalam tubuh.

6. Kurma Bermanfaat Untuk Memperkuat Tulang

Berkat kalsium dan fosfat dalam kandungan kurma, maka kurma akan membantu pembentukan tulang dan menyeimbangkan struktur tulang tubuh.

Kurma pun juga bermanfaat dalam mencegah penyakit tulang yang mungkin berkembang seperti resorpsi tulang dan pelunakan tulang.

7. Menyehatkan Kulit

Kaya akan antioksidan, kurma sangat bermanfaat bagi kulit kita. Sel kulit yang diperbarui membuat kulit tampak lebih muda. Ketika kulit kehilangan struktur elastisnya, kerutan di pipi akan meningkat dan garis wajah yang dalam menjadi jelas.

Kurma memberikan efek kelembapan yang dibutuhkan kulit, sehingga kulit memiliki struktur yang lebih elastis. Berkat vitamin B yang dikandungnya, kurma juga sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka pada kulit lebih cepat.

8. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, kurma mampu bertahan di perut untuk waktu yang lama dan membuat pencernaan kurma menjadi lambat.

Dengan demikian, durasi rasa kenyang menjadi lebih lama dan dengan demikian akan lebih sedikit makanan yang harus dikonsumsi.

Orang dengan masalah kekurangan zat besi akan mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Dengan tingginya kadar mineral zat besi yang dikandung kurma, maka kurma akan mampu mendukung penyimpanan zat besi seseorang dan dengan demikian metabolisme tubuh menjadi dipercepat.

Namun, kita pun tidak boleh lupa bahwa 1 buah kurma mengandung 20 kalori. Sebaiknya kurma dikonsumsi dengan memperhatikan jumlahnya terutama dalam proses diet atau pelangsingan.

BACA JUGA:  Hikmah Keguguran Dalam Islam

9. Mengurangi resiko Kram

Pada defisiensi magnesium, sering terjadi kram otot dan nyeri otot. Kandungan magnesium dalamtubuh mampu memperkuat otot, berperan dalam sintesis protein, dan fungsi enzim yang sehat.

Dengan demikian resiko kram pun bisa diminimalisir. Mengkonsumsi 2-3 buah kurma dalam sehari dapat memenuhi kebutuhan magnesium harian yang manfaatnya bisa mengurangi resiko kram.

Berapa Banyak Idealnya Konsumsi Kurma Perhari?

Kandungan gula berlebih pada kurma mampu meningkatkan asupan kalori. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan gula darah naik turun dengan cepat, terutama pada penderita diabetes atau penderita resistensi insulin yang sudah tahap lanjut.

Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari buah kurma, kita cukup mengkonsumsi 3 buah kurma dalam sehari. Karena seperti halnya setiap makanan pada umumnya, jumlah porsi konsumsi pun juga penting, termasuk dalam konsumsi kurma.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *