Image: Pixabay

Manfaat Makan Kurma Menurut Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 3, 2021)

Kurma dalam Islam

Dalam agama Islam, kurma merupakan jenis buah yang banyak disebutkan dalam hadis dan juga al-Quran. Dalam al-Quran misalnya kurma merupakan makanan yang diberikan kepada siti Maryam ketika beliau mengandung nabi Isa.

Al-Quran juga menyebut kurma sebagai rezeki Allah yang menjadi makanan yang muncul dari kebun-kebun sebagaimana rezeki-rezeki buah-buahan dan sayuran halal lainnya.

Dalam hadis, kurma merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah Saw. Juga kurma menjadi buah yang muncul sebagai ilustrasi-ilustrasi tertentu dalam beberapa hadis.

Manfaat Makan Kurma dalam Islam

Dalam Islam kurma memiliki manfaat yang luar biasa dan memakannya akan mendatangkan manfaat tersebut. Hal ini seperti yang diucapkan oleh Rasulullah saw.

 مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعَ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ 

“Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwah 7 butir, maka di racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu. (HR. Bukhari)

Apa Saja Manfaat Makan Buah Kurma?

Manfaat kurma yang terkenal itu disebabkan karena kurma mengandung cukup vitamin dan nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah kurma disebut-sebut sebagai asupan makanan nomor satu untuk orang yang sedang dalam rangka menurunkan berat badan.

Selain buah kurma juga pasti tidak terlewat sebagai makanan sunah takjil selama bulan Ramadhan. Berikut ini adalah beragam manfaat makan buah kurma.

Kurma Memiliki efek perlindungan terhadap kanker

Kurma memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Kurma adalah pelawan kanker yang sangat baik berkat vitamin yang dikandungnya dan juga kurma merupakan asupan yang menjadi sumber energi.

Kurma Memperkuat sistem kekebalan dengan kandungan antioksidannya

BACA JUGA:  Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kurma memperkuat sistem kekebalan Anda dan meningkatkan fungsi seluruh tubuh.

Kurma Berperan Pnting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit

Kurma berperan penting dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Caranya adalah dengan mencukupi kandungan gizi sehingga kulit pun terjaga kesehatannya.

Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, kurma mampu mengatur keseimbangan kalium tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.

Kurma Efektif Melindungi sistem saraf dengan kandungan vitamin B1, B2

Kurma melindungi sistem saraf dengan kandungan vitamin B1 dan B2-nya. Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan untuk reaksi metabolisme dalam sel. Kebanyakan vitamin tidak dibuat di dalam tubuh atau tidak diproduksi di dalam tubuh. Kurma, yang akan Anda makan dalam jumlah tertentu setiap hari, akan baik untuk Anda dalam hal vitamin.

Kurma efektif menghilangkan kelelahan fisik dan mental .

Anda bisa memulihkan tubuh yang lelah dengan makan kurma di siang hari. Ini memberi energi untuk waktu yang lama.

Sedikit kurma saat buka puasa memberi efek relaksasi pada tubuh.

Konsumsi kurma dalam jumlah kecil saat buka puasa, yang sangat diperlukan selama bulan Ramadhan, memiliki efek menenangkan pada tubuh.

Membantu produksi darah ke tubuh

Kurma memberikan produksi darah ke tubuh. Mereka diisi dengan hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke semua sel tubuh. Karbon dioksida yang terbentuk di semua sel dikumpulkan dari sel dan membawanya ke paru-paru, dan karbon dioksida dihembuskan.

Kurma sangat baik bagi penderita anemia

Kurma meningkatkan energi Anda dengan memperbaiki anemia. Anemia terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah yang sehat karena berbagai alasan. Kurma baik untuk mengatasi anemia.

BACA JUGA:  11 Makanan Khas Turki Yang Lezat Menggoda Selera

Mencegah merapuhnya tulang

Kurma sangat baik untuk dikonsumsi oleh lansia dan anak-anak mencegah kelemahan tulang.

Memiliki efek positif terhadap penyakit TBC

Tuberkulosis merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi karena hanya satu mikroba. Kelapa sawit baik untuk penyakit TBC.

Kurma adalah buah yang sangat bermanfaat melawan gagal ginjal.

Para ahli menyatakan bahwa pola makan yang sehat adalah aturan utama dalam penyakit ginjal, dan kebiasaan makan yang salah harus berubah total. Kurma merupakan buah yang sangat bermanfaat melawan gagal ginjal.

Kurma efektif untuk memperkuat hati

Untuk memperkuat hati Anda, cukup dengan menghentikan kebiasaan berbahaya seperti merokok dan alkohol dan makan makanan yang sehat. Kurma adalah salah satu makanan yang baik untuk hati.

Kurma membantu Meningkatkan ASI

Setelah lahir, ASI Anda mungkin tidak langsung keluar. ASI Anda akan keluar secara bertahap selama 1-3 hari dan akan meningkat saat bayi Anda menyusu. Kurma meningkatkan ASI.

Kurma sangat bagus Untuk melawan stres

Jika anda mudah mengalami stress maka cobalah untuk mengonsumsi buah kurma secara lebih rutin karena zat yang dikandung kurma mampu membantu melawan stress

Kurma sebagai zat ekspektoran

Kurma bisa menjadi ekspektoran yang efektfi bagi tubuh. Dahak dan sifat anti-peradangannya mengurangi penumpukan lendir, sehingga memfasilitasi pernapasan yang nyaman.

Nilai Gizi dalam 100 Gram buah Kurma

Kalori: 300,4 kkal, Karbohidrat: 72,9 gr, Protein: 2,2 g, Kolesterol: 0, Serat (pulp): 9,3 gr, Vitamin A: 0,5 g, Vitamin B1: 0,1 mg, Vitamin B2: 0,1 mg, Vitamin B3: 2,2 mg, Vitamin B6: 0,153 mg, Vitamin B9 (Asam Folat): 24,9 mcg, Vitamin C: 3 mg, Kalsium (Ca): 59 mg, Besi (Fe): 3 mg, Fosfor (P): 63 mg, Natrium (Na): 5,4 mg, Kalium (K): 700 mg dan Magnesium (Mg): 58 mg.



BACA JUGA:  Manfaat Madu Untuk Rambut Kering
Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *