Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Dalam Islam Image Pxhere

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Menurut islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 5, 2021)

Madu Yang Bermanfaat

Madu adalah nutrisi alami yang kuat yang mengandung nilai vitamin tinggi yang terbentuk sebagai hasil pengolahan nektar dengan beberapa enzim yang disekresikan di tubuh lebah.

nektar sendiri adalah cairan manis yang ditemukan pada tanaman yang mana lebah mengambil nektar ini yang kemudian dikumpulkan dalam satu tempat atau sarang.

Lebah mengambil banyak zat gizi dari ribuan tanaman dan bunga yang kemudian diproses menjadi madu. Madu yang memiliki beragam warna ini pun telah digunakan sebagai obat berbagai penyakit selama berabad-abad.

Menurut penelitian diketahui bahwa dibutuhkan sebanyak kurang lebih 17.000 lebah dan sekitar 10 juta bunga untuk mendapatkan 450 g madu.

Madu alami menjadi barang yang bernilai jual tinggi karena memang digunakan sebagai obat untuk beragam penyakit.

Saat ini manusia pun banyak mencari madu alam dan juga mengembangkan peternakan madu agar bisa mendapatkan suplai madu alami.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil Menurut islam

Dalam agama Islam madu digambarkan sebagai makanan yang bersih dan juga penawar dari beragam penyakit. Dalam al-Quran disebutkan:

وَأَوۡحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحۡلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلۡجِبَالِ بُيُوتً۬ا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ. ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٲتِ فَٱسۡلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً۬‌ۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ۬ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٲنُهُ ۥ فِيهِ شِفَآءٌ۬ لِّلنَّاسِ‌ۗ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَأَيَةً۬ لِّقَوۡمٍ۬ يَتَفَكَّرُونَ.

Dan Tuhanmu memberi ilham kepada lebah: Hendaklah engkau membuat sarangmu di gunung-ganang dan di pokok-pokok kayu dan juga di bangunan-bangunan yang didirikan/dibangunkan oleh manusia. Kemudian makanlah dari segala jenis bunga-bungaan dan buah-buahan (yang engkau sukai), serta turutlah jalan-jalan peraturan Tuhanmu yang diilhamkan dan dimudahkannya kepadamu. (Dengan itu) akan keluarlah dari dalam badannya minuman (madu) yang berlainan warnanya, yang mengandungi penawar bagi manusia (dari berbagai-bagai penyakit). Sesungguhnya pada yang demikian itu, ada tanda (yang membuktikan kemurahan Allah) bagi orang-orang yang mahu berfikir. 

Dari ayat di atas disebutkan bahwa madu ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, termasuk bagi ibu hamil yang mana inti dari manfaat itu adalah penawar dari penyakit.

BACA JUGA:  4 Gangguan/Sakit Pada Kaki Yang Umumnya Muncul Selama Kehamilan

Dengan demikian, mengonsumsi madu bagi wanita hamil akan mampu mendatangkan manfaat yang bagus.

Lalu apa saja manfaat mengonsumsu madu bagi ibu hami?

1. Madu Ampuh Mengobati Mulas

Sakit maag adalah masalah kesehatan yang umum pada wanita hamil karena perubahan hormonal. Itu terjadi ketika cairan lambung asam masuk ke kerongkongan. Hal ini pun bisa menyebabkan rasa mulas pada ibu hamil.

Campur satu sendok makan madu dalam segelas susu; Minumlah ini saat anda mengalami mulas saat hamil.

2. Menghentikan mual Bagi Ibu Hamil

Mual adalah salah satu masalah paling umum yang diderita wanita hamil, dan madu dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini.

Mual dan muntah terjadi pada 70% wanita selama trimester pertama (3 bulan pertama) kehamilan. Anda bisa mengatasi mual dan muntah selama kehamilan dengan mengonsumsi 1-2 sendok teh madu setiap hari.

Akan lebih efektif jika Anda menyiapkan teh jahe dan meminumnya dengan menambahkan madu.

3. Menyembuhkan masuk angin selama kehamilan

Selama kehamilan, sistem kekebalan wanita lebih lemah dari biasanya, selaput lendir bisa membengkak, dan tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Madu, di sisi lain, berkat berbagai vitamin yang dikandungnya, memperkuat sistem kekebalan dan mencegah Anda dari sakit dan menggunakan antibiotik yang tidak perlu.

4. Memperbaiki sakit tenggorokan

Ada 2 cara mengobati sakit tenggorokan dengan madu. Yang pertama adalah mencampur madu dan jus lemon dengan segelas air hangat. Untuk mengurangi radang tenggorokan akibat penyakit, sebaiknya obat ini berkumur. Cara lainnya adalah dengan makan satu sendok teh madu.

5. Mengurangi batuk

Jika Anda menderita batuk saat hamil, Anda bisa menyiapkan sirup obat batuk alami. Untuk ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memotong bawang putih menjadi beberapa bagian dalam blender dan memasukkannya ke dalam toples kecil. Kemudian tambahkan madu ke dalamnya, tutupi dan tunggu setidaknya 24 jam hingga tercampur. Konsumsi 1 sendok makan ini untuk meredakan batuk.



BACA JUGA:  Cara Mendidik Anak Dalam Islam Lengkap
Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *