Image: bursahafiza.com

Manfaat Buah Tin Dan Zaitun Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 5, 2021)

Buah Zaitun dan Tin Dalam Islam

Buah Tin dan Zaitun merupakan buah yang banyak disebutkan dalam al-Quran. Salah satunya adalah buah Tin dan Zaitun disebutkan dalam satu ayat pada surah Tin:

وَالتِّيۡنِ وَالزَّيۡتُوۡنِۙ‏

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, (Qs. Tin: 1)

Buah zaitun sendiri memang sejak lama telah dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Dalam hadis pun Rasulullah Saw. bersabda:

“Makanlah buah zaitun dan berminyaklah dengannya kerana ia adalah pohon yang diberkati.” (HR Tirmidzi 1851)

Masyarakat muslimin meyakini bahwa dalam Islam karena zaitun dan buah Tin disebutkan dalam al-Quran, maka keduanya memiliki manfaat yang besar untuk dikonsumsi.

Dan ternyata ilmu kedokteran modern membuktikan bahwa ternyata buah zaitun dan buah tin memang memiliki banyak sekali manfaat.

Manfaat Buah Tin Dan Zaitun Untuk Kesehatan

Para ahli gizi menyebutkan bahwa efek makan buah zaitun yang dikombinasikan dengan buah Tin setiap hari sangat luar biasa untuk tubuh.

Buah Tin merupakan makanan kesehatan yang merupakan salah satu buah paling populer yang biasa dikonsumsi di musim panas.

Buah Tin atau juga dikenal dengan buah Ara merupakan salah satu makanan yang disebutkan dalam Al-Qur’an yang disandingkan dengan buah Zaitun.

Dua buah berkhasiat ini menurut penelitian ternyata memiliki banyak manfaat, bahkan manfaatnya pun menarik perhatian ilmuwan Jepang.

Para ahli kesehatan menemukan bahwa buah zaitun dan buah Tin ternyata dapat menunda penuaan dan memperbarui sel-sel tubuh.

Para ahli itu pun menyarankan kepada orang-orang yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari buah Tin dan Zaitun untuk mengonsumsi  7 buah zaitun dan 1 buah Tin secara teratur setiap hari.

BACA JUGA:  Manfaat Habbatussauda Dalam Islam

Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat makan buah Tin dan Zaitun secara rutin setiap hari.

1. Antioksidan Alami Bagi Tubuh

Mendukung pembersihan tubuh sepanjang hari karena merupakan antioksidan yang sangat kuat di kedua makanan. Dengan demikian, ia menunda penuaan dengan meningkatkan jumlah sel muda tubuh.

2. Baik Bagi Otak

Melindungi kesehatan sel otak dengan berkontribusi pada pengembangan kecerdasan. Para ahli merekomendasikan agar anak-anak hamil dan tumbuh kembang mengonsumsi makanan ini secara teratur.

Karena memperbaharui sel saraf, itu juga mengurangi kemungkinan masalah mental. Ini sangat baik untuk penyakit seperti depresi dan gangguan kepribadian yang berakhir dengan bunuh diri.

3. Zaitun dan buah Tin adalah Kombinasi Makanan Diet Yang Bagus

Membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat pembakaran lemak di siang hari. Selain itu, juga mencegah penambahan berat badan karena meningkatkan rasa kenyang di siang hari.

4. Penyeimbang Gula Darah

Ini adalah duo yang dapat dengan mudah dikonsumsi oleh penderita diabetes karena menyeimbangkan gula darah.

5. Ampuh Mencegah Kangker

Karena memperkuat kekebalan, mengurangi kemungkinan terkena kanker. Telah dibuktikan dalam penelitian bahwa itu mengurangi sel-sel kanker hati, paru-paru dan payudara.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *