Image: Pixabay

Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 4, 2021)

Pentingnya Nutrisi Cukup Bagi Ibu Hamil

Gizi yang seimbang dan nutrisi yang cukup selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Kita bisa mendapatkan kehamilan yang sehat dan perkembangan bayi yang bagus dengan mengonsumsi buah selama kehamilan berlangsung.

Untuk mencegah sembelit misalnya, yang merupakan salah satu masalah paling umum selama kehamilan, akan sangat penting bagi para ibu hamil untuk berhati-hati dalam memilih konsumsi makanan.

Para ibu hamil sangat disarankan untuk memilih buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi. selain itu, makan buah selama hamil juga penting artinya untuk menyeimbangkan gula darah, mengurangi risiko kanker , dan memperkuat sistem kekebalan ibu hamil.

Buah-buahan sehat harus dimasukkan dalam menu makanan ibu hamil. Kebanyakan dari kita menyukai buah pir, yang rasanya segar dan manis. Tetapi apakah aman mengonsumsi buah pir selama kehamilan?

Jawabannya adalah aman dengan kadar yang cukup tentunya. Bahkan buah pir bisa sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Buah Pir adalah termasuk keluarga dekat buah apel. Buah pir dikenal dengan rasa yang ringan, manis dan aroma yang wangi.

Pir adalah buah yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Buah pir termasuk buah rendah kalori dan mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui.

Buah Pir mengandung sekitar 14 mikrogram folat per buah, menurut Database Nutrisi Nasional USDA. Meskipun kelihatannya tidak banyak, namun ibu hamil harus mendapatkan folat sebanyak mungkin selama kehamilan.

Banyak makanan yang tidak mengandung asam folat cukup sehingga kebanyakan dokter pun menganjurkan kepada para wanita usia subur apalagi wanita hamil untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat.

BACA JUGA:  Keutamaan Membaca Surah al-Mulk

Asam folat sangat penting dan dibutuhkan pada trimester pertama kehamilan, yang mana asam folat berperan penting dalam mencegah gangguan tabung saraf. Untuk ibu hamil, asupan folat harian secara ideal adalah 600 mikrogram.

Lalu apa saja manfaat dari mengonsumsi buah pir bagi ibu hamil? Berikut ini adalah informasi mengenai manfaat buah pir bagi ibu hamil.

1. Tubuh Kebal dan aktif melawan infeksi

Buah Pir membantu mencegah penyakit menular seperti pilek, batuk, dan flu musiman. Kandungan nutrisi dalam buah Pir berperan penting dalam pengobatan infeksi paru (bronkitis, pneumonia) dan hepatitis.

Buah pir kaya akan vitamin C yang baik untuk kehamilan. Satu buah pir mengandung 10 mg vitamin, yang merupakan 11% dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk wanita.

Vitamin C melawan infeksi di dalam tubuh. Karena vitamin C dalam buah membantu tubuh Anda menyerap zat besi, konsumsilah dengan makanan tinggi zat besi seperti pir, kacang-kacangan, daging atau nasi.

2. Buah pir Ampuh melawan sembelit

Buah Pir adalah sumber serat yang baik untuk melawan sembelit, masalah umum selama kehamilan. Sembelit menjadi akut dengan asupan suplemen zat besi saat ini.

Satu buah pir mengandung 7gm serat, termasuk 2gm pektin (serat larut yang membantu pencernaan). Untuk mengonsumsi lebih banyak serat, sebaiknya makan buah pir tanpa mengupasnya.

3. Buah Pir Mengandung Cukup kalori untuk Asupan energi Bagi Ibu Hamil

Buah pir utuh mengandung 100 kalori, dan segelas jus buah mengandung 46 kalori. Buah ini tidak menghasilkan penambahan berat badan, karena rendah lemak. Selain itu, membuat Anda merasa kenyang dan memberikan energi.

4. Buah Pir Mengandung Gula Alami

Pir mengandung dua karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Gula alami ini adalah pengganti gula putih dan bisa memuaskan hasrat manis Anda saat hamil.

BACA JUGA:  Manfaat Makan Kurma Menurut Islam

Lebih manis dari apel, pir mengandung lebih sedikit gula.

5. Buah Pir Baik untuk jantung

Kira-kira 100 g buah pir mengandung 116 miligram (mg) potasium. Ini diperlukan untuk berfungsinya jantung ibu dan bayi. Ini juga membantu dalam regenerasi sel.

6. Buah Pir Bagus Untuk Detok Racun

Jumlah tanin yang tinggi dalam buah ini membantu menghilangkan logam berat dan racun berbahaya secara efektif.

7. Membantu memperkuat tulang

Satu buah pir berukuran sedang menawarkan sekitar 16 miligram kalsium. Mineral ini penting untuk merangsang pembentukan tulang dan gigi bayi.

8. Kaya akan asam Folat

Satu buah pir mengandung sekitar 12 mikrogram asam folat. Ini berkontribusi pada asupan asam folat harian, meskipun bukan jumlah yang sangat tinggi.

Asam folat sangat penting pada trimester pertama karena berperan penting dalam mencegah cacat tabung saraf. Inilah mengapa dokter meresepkan suplemen asam folat untuk wanita usia subur.

9. Memperkuat sistem kekebalan

Kehamilan melemahkan sistem kekebalan Anda. Anda perlu memperkuat makanan penambah kekebalan seperti pir.

10. Buah Pir Mengandung Antidepresan

Buah pir adalah antidepresan ringan dan alami. Oleh karena itu, ini membantu dalam memerangi stres dan ketegangan harian.

11. Sifat anti-emetik

Makan buah pir selama kehamilan membantu Anda untuk rileks jika Anda mengalami mual atau mual. Selain itu, Anda juga bisa mengobati penyakit perut dengan jus buah pir.

12. Meminimalkan Perut kembung

Makan satu atau dua buah pir sehari akan memenuhi kebutuhan harian untuk kobalt, yang membantu penyerapan zat besi. Ini meminimalkan pengeluaran air berlebih dari ginjal dan dengan demikian pembengkakan yang umum terjadi pada kehamilan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi buah Pir Oleh Ibu Hamil

Bisakah buah Pir memberi risiko saat dikonsumsi Selama Kehamilan?

BACA JUGA:  Mukjizat Madu dan Lebah dalam al-Quran dan Hadis

Buah pir tidak memiliki efek samping apapun. Namun, jika anda telah didiagnosis dengan kondisi kesehatan tertentu, maka anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk konsumsi buah pir ini.

Jika Anda menderita diabetes, jangan makan buah pir terlalu banyak. Jika Anda mengalami masalah perut kembung yang berlebihan saat mengonsumsi buah ini, maka hindari mengonsumsi buah pir.

Jangan mengonsumsi pir dan seafood seperti kepiting secara bersamaan, karena hal itu dapat menyebabkan diare.

Selain itu, ingatlah bahwa buah-buahan yang masih mentah mengandung serat keras yang mengganggu perut dan bisa menyebabkan muntah atau diare.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *