Manfaat Buah Naga Selama Kehamilan Image. Pixabay

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 4, 2021)

Masa Kehamilan Yang Penting

Masa kehamilan merupakan masa yang penting karena menyangkut kesehatan ibu hamil dan sang bayi. Oleh karenanya, ibu hamil harus memperhatikan pola aktifitas dan konsumsi makanan agar dia dan sang bayi bisa selalu sehat.

Banyak sekali jenis vitamin yang dibutuhkan oleh sang ibu agar dirinya dan anak yang dalam kandungannya bisa sehat.

Vitamin ini bisa didapatkan dari beragam makanan seperti buah dan sayur. Ada satu buah yang mana menurut ahli gizi sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil yaitu buah naga.

Apakah Buah Naga Aman Dikonsumsi saat Hamil?

Buah Naga yang juga dikenal dengan nama Pitaya, merupakan sejenis kaktus dalam genus Hylocereus, merupakan tumbuhan asli Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Namun, tumbuhan tersebut dapat ditemukan di seluruh dunia saat ini dan buahnya pun juga bisa ditemukan di mana-mana.

Buah naga memiliki tekstur mirip kiwi dan mengandung biji kecil berwarna hitam. Buah naga bisa memiliki rasa manis atau asam tergantung jenis dan varianya.

Jika anda melihat buah naga yang segar, merah dan lezat selama kehamilan anda, anda mungkin ingin sekali mencobanya.

Apakah aman mengonsumsi buah naga selama kehamilan? Jawabannya adalah aman. Bahkan buah naga sebenarnya sangat berguna untuk anda dan bayi selama masa kehamilan.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Nutrisi dalam buah naga tidak hanya bisa membantu mewujudkan kehamilan yang sehat tetapi juga bisa melindungi bayi anda yang belum lahir dari beberapa cacat dan kemungkinan kelainan saat lahir.

Namun, penting sekali untuk memperhatikan jumlah atau takaran yang akan dikonsumsi. Konsumsi buah naga pun harus disesuaikan dengan petunjuk ahli kesehatan.

BACA JUGA:  Manfaat Minum Susu Saat Sahur

Dan berikut ini adalah begaram Manfaat Makan Buah Naga (Pitaya) Saat Hamil:

1. Mencegah Kemungkinan Cacat Lahir

Folat, yang mana merupakan zat penting dan dibutuhkan selama kehamilan harus dipenuhi kebutuhannya. Dan zat folat ini ternyata banyak ditemukan dalam jumlah yang besar dalam buah naga.

Folat membantu bayi anda yang belum lahir agar tumbuh dengan sehat dan secara efektif melindungi dari kemungkinan cacat.

Selain itu, buah pitaya yang penuh gizi pun mengandung vitamin B1 – B2 – B3 – C dan berbagai vitamin lain yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

2. Mendukung Perkembangan Tulang

Berkat kalsium yang dikandungnya, buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi anda selama kehamilan. Selain itu, kalsium dan fosfor dalam pitaya memastikan kesehatan perkembangan tulang janin anda.

3. Meningkatkan Hemoglobin

Jumlah asupan hemoglobin yang baik saat hamil mampu mencegah risiko buruk yang terkait dengan masalah anemia dan beragam masalah buruk.

Buah naga juga mengandung zat besi dan vitamin C dalam jumlah tinggi, yang secara signifikan meningkatkan jumlah hemoglobin Anda selama kehamilan .

4. Buah Naga Ampuh Atasi Sembelit

Berkat kandungan seratnya, buah naga ini mampu mendorong pergerakan usus halus dan pencernaan lembut serta mencegah masalah sembelit selama kehamilan.

Selain itu, dengan kandungan nutrisinya yang tinggi buah naga sangat baik untuk mengatasi beberapa gangguan pencernaan.

5. Mencegah Infeksi Mikroba

Makan buah naga selama kehamilan mencegah pertumbuhan infeksi bakteri dan jamur di sistem kekebalan tubuh, berkat sifat antijamur dan antibakterinya, dan membantu tubuh melawan infeksi berbahaya ini selama kehamilan.

Selain itu, konsumsi buah naga selama kehamilan secara efektif meningkatkan regenerasi sel dan penyembuhan luka.

BACA JUGA:  Berapa persen Penganut agama islam di korea selatan

6. Buah Naga Ampuh Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah naga membantu tubuh dalam menetralkan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah risiko kanker selama kehamilan.

Selain itu, kandungan karoten pun cukup ampuh dalam menghambat pertumbuhan tumor.

7. Ampuh Dalam Memberikan Asupan Energi

Makan buah naga selama kehamilan merupakan sumber karbohidrat penting, yang memberikan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin.

Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9-14 gram karbohidrat .

8. Buah Naga adalah Sumber Lemak Sehat

Satu porsi buah naga mengandung 0,1 hingga 0,6 gram lemak sehat. Tidak hanya memberikan energi, tetapi juga merangsang pembentukan otak bayi yang belum lahir .

9. Mengatur Tekanan Darah

Buah naga menjaga tekanan darah tetap stabil dengan mengatur gula darah Anda serta meminimalkan komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan.

10. Mengurangi Risiko Keguguran

Trimester pertama adalah masa ketika janin belum cukup kuat dan risiko keguguran tinggi. Nutrisi dalam buah naga meningkatkan kekuatan janin dan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran.

Efek Samping Makan Buah Naga selama Kehamilan

Umumnya buah naga atau pitaya ini aman dan bermanfaat dikonsumsi bagi ibu hamil. Juga konsumsi buah naga bagi ibu hamil ini pun tidak menimbulkan efek samping apapun selama kehamilan.

Meski pun demikian, seperti halnya semua makanan, jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan beberapa masalah.

Makan buah naga secara berlebihan saat hamil bisa menyebabkan diare dan mulas. Juga konsumsi buah naga (pitaya) yang terlalu banyak dapat menyebabkan ruam kulit. Oleh karenanya, konsumsilah buah naga dengan porsi yang cukup sehingga anda bisa mendapatkan manfaatnya selama kehamilan.

BACA JUGA:  Cara Mendidik Anak Dalam Islam Lengkap


Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *