Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil Image: Pixabay

Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 4, 2021)

Masa Kehamilan

Masa kehamilan bagi para ibu hamil adalah masa-masa emas. Para ibu harus super hati-hati agar kesehatan ibu dan bayi bisa terjaga.

Selain pola hidup yang harus lebih hati-hati, baik saat bekerja maupun beraktivitas, para ibu hamil juga harus memperhatikan asupan gizi agar kebutuhan gizi bisa terpenuhi.

Banyak sekali pilihan makanan untuk asupan gizi yang bisa menjadi pilihan para ibu hamil. Di antaranya adalah makanan berupa sayuran dan buah-buahan dengang memilih sayuran dan buah yang mengandung banyak gizi.

Salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil adalah anggur segar yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya.

Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

1. Mengobati Kurang Darah (Anemia)

Anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi selama kehamilan. Anggur berperan penting dalam produksi hemoglobin karena kandungan zat besi yang tinggi.

Wanita hamil yang menderita anemia harus makan buah anggur segar setiap hari agar bisa terhindar dari anemia.

2. Menjadikan kulit cantik

Anggur sangat penting untuk kesehatan kulit karena vitamin E dan K yang banyak dikandungnya. Vitamin E mendukung produksi kolagen pada kulit ibu dan bayi.

Untuk mencegah kemungkinan masalah kulit selama kehamilan, konsumsilah anggur basah secara rutin setiap hari.

3. Memperkuat kekebalan

Anggur membantu memperkuat sistem kekebalan dengan strukturnya yang berisi antioksidan dan melindungi wanita hamil dari infeksi dengan sifat anti-inflamasi.

Anggur juga ampuh mencegah kram dengan kandungan magnesium dalam anggur.

4. Mencegah sembelit

Anggur merupakan salah satu buah yang memiliki efek pencahar. Sembelit adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi selama kehamilan, makan buah anggur akan melindungi Anda dari sembelit selama kehamilan.

BACA JUGA:  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Anggur Bermanfaat menurunkan kolesterol jahat

Berkat kandungan antioksidan resveratrolnya, anggur membantu mengontrol kolesterol selama kehamilan.

6. Baik untuk kesehatan mulut

Asam organik dalam anggur menetralkan bakteri di rongga mulut. Asam ini juga bertanggung jawab untuk pembentukan kalsium, sehingga mencegah masalah gigi pada kehamilan.

7. Baik untuk kesehatan jantung

Selama kehamilan, banyak wanita mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung. Kalium yang ditemukan dalam anggur membantu mengatur sistem kerja jantung ibu hamil dan bayi.

8. Anggur kaya akan antioksidan

Keadaan psikologis ibu hamil sangat efektif dalam tumbuh kembang bayinya. Anggur memainkan peran penting dalam menghilangkan rasa lelah, kelelahan dan stres selama kehamilan berkat strukturnya yang mengandung antioksidan.

Perlu Hati-hati Dalam Konsumsi Anggur selama Kehamilan

Meskipun makan anggur bisa bermanfaat selama kehamilan, namun para ibu hamil juga perlu memperhatikan kadar konsumsi agar tidak berlebihan.

Jika anda berlebihan konsumsi anggur dan makan terlalu banyak anggur selama kehamilan maka hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti mual, sakit kepala, diare, penambahan berat badan, dan peningkatan kadar gula.

Akan lebih baik jika ibu hamil yang termasuk penderita diabetes, obesitas, rawan alergi dan mereka yang memiliki gangguan pencernaan mengonsumsi buah anggur ini dengan berkonsultasi dengan dokter.

Pasalnya, konsumsi buah anggur segar pada kelompok penderita ini dapat mengakibatkan komplikasi yang serius pada ibu atau bayinya.

Tapi jika anda adalah termasuk orang yang sehat-sehat saja maka konsumsi anggur akan menjadikan anda lebih merasakan manfaatnya.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *