Image: Pixabay

Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 9, 2021)

Air Mawar

Air mawar adalah air yang diekstrak dari bunga mawar. Air mawar ini banyak menjadi produk kecantikan karena memang manfaatnya yang sangat besar bagi kulit dan perawatan tubuh.

Dengan aromanya yang wangi dan teksturnya yang ringan, air mawar kini menjadi produk kecantikan yang banyak dicari oleh kaum perempuan. Air mawar memiliki manfaat besar bagi semua jenis kulit, bisa membantu merelaksaasi kulit, menghilangkan warna kulit belang dan ampuh dalam melembabkan kulit.

Anda dapat menggunakan air mawar untuk mendapatkan banyak manfaat yang positif, baik untuk melembutkan kulit hingga membuat kulit anda bersinar alami.

Anda dapat dengan mudah menemukan produk air mawar murni di toko-toko kecantikan maupun obat herbal.

Beragam Manfaat Air Mawar Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Menjaga keseimbangan pH kulit.

Penggunaan sabun dan pembersih wajah yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan tingkat pH kulit Anda, yang dapat menyebabkan masalah seperti jerawat.

Air mawar Ini ampuh dalam membantu menyeimbangkan kerusakan dengan membawa tingkat pH kulit Anda ke ukuran yang normal.

2. Mencegah jerawat Pada Wajah

Air mawar membantu menghilangkan minyak berlebih dari wajah Anda. Selain itu, air mawar ampuh dalam membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang disebabkan oleh jerawat dengan fitur penyeimbang pH. Kondisi ini bisa ampuh dalam membantu mengurangi jerawat.

3. Meronakan kulit

Air mawar membersihkan pori-pori dan minyak serta mempersiapkan kulit Anda untuk mendapatkan hidrasi terbaik. Air mawar adalah tonik yang sangat baik berkat fitur penyeimbang pH. Ini membantu menghilangkan kotoran dari kulit Anda.

4. Efektif dalam Melembabkan kulit

Kesalahpahaman umum tentang penggunaan toner adalah adanya anggapan bahwa toner bisa membuat kulit anda menjadi kering.

BACA JUGA:  Apakah Madu Cocok Untuk Diabetes?

Anggapan ini tidak benar bila anda menggunakan bahan alami dan lembut seperti air mawar murni untuk kulit.

Air mawar membantu menyegarkan kulit anda dengan cara mengendap di pori-pori dan memberikan pengaruh yang bisa melembabkan kulit.

5. Mengurangi pembengkakan

Sifat anti-inflamasi air mawar dapat mengobati pembengkakan yang bisa terjadi pada kulit. Hal ini pun memungkinkan anda untuk menggunakan air mawar sebagai obat pembengkakan kulit terutama pembengkakan di bawah mata.

Setelah anda mendinginkan air mawar di lemari es selama beberapa saat, ambil sebuah kapas, celupkan pada air mawar dan peraslah menjadi bola kapas dan letakkan di bagian mata yang bengkak.

Dengan cara ini maka pembengkakan akan berkurang dalam beberapa menit.

6. Dapat digunakan pada kulit sensitif

Air mawar adalah produk alami dan ringan yang dapat digunakan oleh kulit sensitif. Ini mengurangi kemerahan dan iritasi. Bagian terbaik tentang air adalah tidak memiliki efek samping.

7. Memperlambat penuaan

Kulit Anda terpapar sinar matahari yang berbahaya dan penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras memungkinkannya menua lebih cepat.

Air mawar membantu Anda melawan penuaan dengan menjaga kesehatan kulit berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

8 Menenangkan kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti eksim atau psoriasis, air mawar murni dapat membantu. Sifat pendinginan air meredakan iritasi yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim.

9. Memperbaharui kulit

Buang air mawar ke dalam botol semprot kecil. Membawa botol semprotan berisi air mawar di tas Anda adalah cara terbaik untuk menjaga kulit Anda tetap segar sepanjang hari. Air tidak hanya membantu kulit Anda tetap lembab, tetapi juga membuat kulit Anda segar dan kenyal untuk waktu yang lama.

10. Menyegarkan kulit yang terbakar sinar matahari

Air mawar membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Jika Anda lupa tabir surya dan mengalami luka bakar yang parah, air mawar dapat mempercepat proses penyembuhan dan membantu menenangkan kulit Anda.

BACA JUGA:  Siapakah Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu? Biografi Abu Hurairah Ra

Cara Menggunakan Air Mawar Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Menggunakan Air mawar sebagai toner

Air mawar memiliki sifat astringent ringan yang membantu mengecilkan pori-pori sekaligus menghilangkan sisa kotoran dan minyak dari wajah. Air ini mempersiapkan wajah Anda untuk mendapatkan hidrasi terbaik.

Peras air mawar ke bola kapas. Oleskan air mawar ke wajah Anda yang telah dibersihkan dan tunggu hingga wajah Anda menyerapnya.

Anda bisa menggunakannya 2 kali sehari. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat menambahkan 5ml gliserin ke air mawar, dan sedikit cuka sari apel jika Anda memiliki kulit campuran dan berminyak.

2. Air mawar sebagai pelembab

3 makanan Tuang 1 sendok makan air mawar murni, 1 sendok makan gliserin dan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam botol dan kocok.

Ambil sedikit campuran tersebut dan oleskan ke kulit Anda. Campuran ini adalah salah satu pelembab alami terbaik.

Minyak kelapa dan gliserin membantu melembabkan kulit Anda, dan air mawar menciptakan lapisan pelindung pada kulit Anda sekaligus memberi Anda perasaan segar.

Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, Anda harus segera mencoba campuran ini.

3. Air mawar sebagai pembersih

Tuangkan air mawar murni ke dalam botol semprot dan semprotkan ke wajah Anda sampai seluruh wajah Anda basah.

Biarkan air mawar di wajah Anda selama 20 detik dan bersihkan air dengan tisu. Dengan cara ini, air mawar membantu menghilangkan kotoran dan keringat yang terus menumpuk di wajah Anda sepanjang hari.

4. Air mawar untuk mengatasi jerawat

Campur 1 sendok teh lemon dan 1 sendok teh air mawar hingga tercampur rata. Oleskan campuran ini ke area jerawat di kulit Anda.

BACA JUGA:  Apakah Nabi Muhammad Saw. Disunat?

Setelah menunggu 15 menit, basuh wajah Anda dengan air dingin. Lemon membantu mengelupas kulit Anda sekaligus membunuh bakteri. Bersama dengan air mawar, ini membantu menghilangkan jerawat dengan memberi kesempatan pada kulit Anda untuk sembuh.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *