Image: Pixabay

Makanan Untuk Kuatkan Ingatan dan Hafalan Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 3, 2021)

Makanan Dalam Islam

Dalam agama Islam, makanan adalah sesuatu yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah makanan merupakan bentuk dari rahmat Allah Swt. yang diturunkan sebagai rezeki kepada manusia agar manusia bisa bersyukur.

Makanan pun memiliki fungsi sebagai sumber daya kekuatan manusia agar bisa beribadah kepada Allah dengan melakukan segala kebaikan dan menjauhi larangan.

Selain itu, makanan pun punya manfaat-manfaat tertentu misalnya jika digunakan untuk mendapatkan kesehatan maupun menambah daya ingat pada beberapa jenis makanan tertentu.

Makanan Untuk Tingkatkan Daya Ingat dan Hafalan Dalam Islam

Apakah ada makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat dalam Islam. Jawabannya ada, yaitu makanan yang menurut ulama bisa digunakan sebagai sarana meningkatkan daya ingat dan hafalan.

Makanan ini adalah sebagaimana yang diungkapkan oleh Syaikh az-Zarnuji dalam kitab beliau, Ta’limul Muta’allim, bahwa ada beberapa makanan yang juga bisa menunjang mudahnya hafalan (daya ingat).

Di antaranya adalah: minum madu, makan kandar dengan dicampur gula, dan mengkonsumsi anggur merah kering (kismis) sebanyak dua puluh satu biji tiap kali merasa lapar.

Makanan tersebut selain menjadi penyebab mudahnya hafalan (meningkatkan daya ingat), juga sebagai obat dari segala penyakit.

Jadi dari uraian di atas, kita bisa tahu bahwa ada beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai sarana meningkatkan daya ingat, yaitu madu, kandar (kemenyan putih), dan kismis dari anggur merah.

Madu biasanya sangat mudah ditemukan di Indonesia karena memang Indonesia kaya dengan hasil madu yang bervariasi.

Adapun kemenyan putih dan kismis anggur merah bisa ditemukan di tempat penjualan obat herbal yang bisa dicari di lapak online.

BACA JUGA:  Apa Arti Nama Vanessa Dalam Islam?

Makanan Lainnya Yang Bagus Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Selain mengonsumsi madu, kandar dan kismis anggur merah, kita pun juga bisa mengonsumsu beberapa makanan yang menurut penelitian modern bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Berikut adalah beberapa makanan tersebut, yang mana selain bisa meningkatkan kesehatan juga membantu menguatkan konsentrasi otak: Alpukat, Minyak kelapa, Kacang dan polong-polongan, Bluberi, Brokoli, Coklat hitam, biji gandum, kol merah, Rosemary, bayam, Biji bunga matahari, Tomat dan Biji-bijian utuh.

Selain mengonsumsi makanan, kita pun juga harus melatih otak kita agar bisa meningkatkan daya ingat. Caranya adalah dengan banyak membaca, berdiskusi, juga melakukan gaya hidup sehat.

Hindarilah merokok dan asap rokok dan juga mengonsumsi makanan yang kurang sehat karena hal tersebut bisa menghambat kinerja otak sehingga melemahkan daya ingat.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *