Image: pxhere.com

Makanan Favorit Nabi Muhammad Saw

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 25, 2021)

Nabi Muhammad Saw. Dan Makanan

Sebagai seorang Muslim, seseorang harus meyakini Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat persaksian. Yaitu bersaksi bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan dan Nabi Muhammad Saw. adalah utusan terakhir-Nya.

Adapun mengikuti sunnah, (perbuatan Nabi), adalah sesuatu yang perlu dilakukan setiap Muslim karena hal itu adalah salah satu bentuk keyakinan kita terhadap Nabi Muhammad Saw. sebagai utusan Allah.

Sunah Nabi Muhammad Saw. sangatlah banyak aspeknya, dan salah satunya adalah berkaitan dengan berbagai jenis makanan yang disukai Nabi Muhammad Saw. yang sering beliau santap dalam kehidupan sehari-hari.

Makanan bagi manusia sangatlah penting artinya karena dengan makanan seseorang bisa bertahan hidup. Para Nabi dan Rasul pun makan makanan karena mereka adalah manusia.

Namun, ada beberapa aturan dalam makanan sehingga makanan itu bisa bermanfaat bagi manusia, misalnya tentang porsi makan yang baik adalah kita dianjurkan untuk makan namun tidak sampai terlalu kekenyangan.

Nabi Muhammad Saw. pun punya menu makanan yang menjadi favorit atau biasa dimakan oleh beliau. Menurut penelitian, ternyata menu makanan yang menjadi kegemaran Nabi Muhammad Saw. itu banyak memberikan manfaat bagi tubuh dan bisa menjaga kesehatan.

Daftar Menu Makanan Rasulullah Saw

Lalu apa saja daftar menu makanan yang digemari oleh Nabi Muhammad Saw.? Berikut ini adalah daftar dari berbagai santapan yang disukai Nabi Muhammad:

1. Gandum

Nabi Muhammad (SAW) sangat gemar terhadap makanan berbahan gandum dan dalam beberapa riwayat juga terdapat kisah tentang Nabi Muhammad dengan masakan berbahan gandum.

Gandum memiliki kandungan gizi dan nutrisi sangat penting bagi manusia. Gandum bisa digunakan untuk penurun panas terutama bila dimasak dalam bentuk sup panas.

BACA JUGA:  Arti Nama Islam Zia atau Ziya

2. Kurma

Salah satu makanan favorit Nabi Muhammad (SAW) adalah kurma. Pohon kurma ditemukan dalam jumlah besar di Arab Saudi. Dikisahkan bahwa Nabi sangat sering memakan buah kurma.

Dalam hadis pun disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” HR. Bukhari

3. Buah Ara

Menurut penelitian ilmiah, buah ara (injeer dalam bahasa Turki/Persia) sangat baik untuk mengatasi sembelit dan wasir. Nabi Muhammad (SAW) juga menyebut buah ara sebagai buah surga.

4. Buah Anggur
Termasuk makanan yang menjadi favorti Nabi adalah buah anggur. Buah ini memiliki manfaat yang sagat besar seperti sebagai antioksidan, mencegah kolesterol, menjaga kesehatan mata dan tulang dan beragam manfaat besar lainnya.

5. Madu

Obat bagi banyak penyakit, madu dalam bentuknya yang murni bertindak sebagai obat serbaguna. Jika dicampur dengan air panas, dapat menyembuhkan diare yang parah. Ketika dicampur dengan merica dan jahe, anggur ini bisa bertindak sebagai pereda batuk dan mengurangi lendir.

6. Susu

Semua orang di dunia ini sudah mengetahui manfaat dari susu. Susu merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Olahan susu pun banyak sekali jumlahnya seperti keju, yoghurt dan lain sebagainya.

Susu adalah sumber energi utama yang penting. Nabi Muhammad (SAW) bersabda:

ليس شيء يجزئ مكان الطعام والشراب غير اللبن

“Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu”.

7. Jamur

Menurut Nabi Muhammad Saw., jamur merang berfungsi sebagai obat untuk mata, sekaligus sebagai sumber pencegah kehamilan, bila dibutuhkan.

BACA JUGA:  Kewajiban Zakat Hasil Pertanian Dan Buah-Buahan Dalam Islam

8. Minyak Zaitun 

Sudah menjadi hal umum bahwa minyak Zaitun merupakan minyak yang memiliki segudang manfaat. Banyak sekali kegunaan minyak zaitun selain sebagai bahan kecantikan juga bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit.

9. Delima

Delima, menurut Nabi (SAW), membersihkan jiwa manusia dari semua kejahatan selama setidaknya 40 hari. Delima yang bagus juga merupakan salah satu buah termanis yang mengandung beragam manfaat.

10. Semangka

Semangka merupakan salah satu makanan kesukaan Rasulullah Saw. Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah SAW gemar memakan semangka. “Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab”. (HR.at-Tirmidzy).

Mengikuti Sunah Makan Makanan Favorit Nabi

Sangat penting bagi setiap Muslim untuk mengikuti Sunnah Nabi Muhammad (SAW), karena setiap sunnah yang kita ikuti akan bermanfaat bagi kita sendiri.

Makan makanan favorit Nabi atau yang sering dimakan oleh Nabi Muhammad Saw. adalah salah satu cara yang patut kita ikuti agar bisa mendapatkan manfaat-manfaat yang besar.

Sebagaimana disebutkan bahwa Rasulullah Saw. selama hidup hanya sakit sebanyak 3 kali saja. Hal ini tentu banyak dipengaruhi oleh pola makan dan menu makanan yang menjadi santapan beliau. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *