Image: aljawab24.com

Keutamaan Membaca Surah al-Mulk

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 18, 2021)

Surah Al-Mulk Yang Kaya Fadhilah

Dalamislam.info, Surah al-Mulk merupakan salah satu surah al-Quran yang banyak dibaca oleh umat Islam. Surah al-Mulk ini turun selama nabi Muhammad Saw. berada di Mekah sehingga termasuk surah Makiyah.

Surah al-Mulk terdiri dari 30 ayat. Surah al-Mulk ini disebut dengan nama “al-Mulk” yang berarti kerajaan dan diambil dari kata al-Mulk yang ada pada ayat pertama.

Surah al-Mulk membahas beberapa hal penting seperti tentang keagungan Allah, keesaan Allah, kematian dan nasib orang-orang yang mengingkari kebangkitan setelah kematian.

Surah al-Mulk menempati urutan ke enam puluh tujuh dalam urutan di mushaf al-Quran dan termasuk surah ketujuh puluh tujuh dalam urutan turunnya al-QUran.

Dengan membaca dan menelaah arti dari Surah al-Mulk ini, maka kita akan mendapatkan banyak sekali hikmah penting tentang keberadaan dan keesaan Allah Swt, keagungan-Nya, kedaulatan-Nya di alam semesta, satu-satunya Tuhan dan satu-satunya Pencipta.

Kita pun juga akan mengetahui tentang tujuan hidup dan mati, dan kebangkitan setelah kematian dengan merenungi Surah al-Mulk ini.

Selain itu kita pun juga akan mendapatkan fadhilah atau ketuamaan yang besar dengan membaca Surah al-Mulk ini.

Keutamaan Membaca Surah al-Mulk

Banyak sekali hadis-hadis yang diriwayatkan dari para sahabat yang menjelaskan tentang keutamaan Surah al-Mulk ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Siksa Neraka

Rasulullah (Sallallahu Alayhi wa Salam) bersabda sebagai berikut:

سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر

“Surat Tabaraka (Mulk) mencegah siksa kubur.” (HR Hakim).

2. Membaca Surah al-Mulk TermasuK Sunah Nabi

Membaca surah al-Mulk sebelum tidur merupakan hal yang disukai oleh Rasulullah Saw.

BACA JUGA:  Hukum transfusi Darah Dalam Islam

Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah (Radiyallahu Anhuma) ia berkata:

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لاينام حتى يقرأ بتنزيل السجدة وتبارك أي سورة تبارك،

Bahwa Nabi Shallallahu alaihi wasaallam tidak tidur hingga membaca surah Sajdah dan Tabaraka (al-Mulk), yaitu surah Tabaraka (al-Mulk). (HR. Tirmidzi).

3. Dosanya akan Diampuni

عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إن سورة في القرآن ثلاثون آية شفعت لرجل حتى غفر له، وهي: تبارك الذي بيده الملك.

Abu Huraira (Radiyallahu Anh) berkata: Nebi (Sallallahu Aleyhi ve Salam) berkata:

“Di dalam al-Quran ada surat yang terdiri dari tiga puluh ayat yang bisa menjadi syafaat bagi seseorang hingga dosa-dosanya diampuni. Surah ini adalah Surah Mulk! ” (HR. Tirmidzi).

4. Surah al-Mulk benar-benar Berfadhilah Menghalau Siksa Kubur

Abdullah bin Abbas (Radiyallahu Anhuma) berkata:

ضرب بعض أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم خباءه على قبر ـ وهو لا يحسب أنه قبر ـ فإذا فيه إنسان يقرأ سورة تبارك الذي بيده الملك حتى ختمها، فأتى النبي صلى الله عليه و سلم فقال: يا رسول الله إني ضربت خبائي على قبر ـ وأنا لا أحسب أنه قبر ـ فإذا فيه إنسان يقرأ سورة تبارك الملك حتى ختمها. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: هي المانعة، هي المنجية تنجيه من عذاب القبر

Salah satu Sahabat Nabi (Sallallahu Alayhi wa Salam) meletakkan tendanya di atas kuburan. Sahabat itu tidak tahu bahwa itu adalah kuburan!

Tiba-tiba dari makam itu muncul seorang pria yang membaca Surah al Mulk! Orang yang keluar dari kubur itu membaca Surah al Mulk sampai habis! Setelah kejadian itu, sahabat yang menyaksikan hal tersebut datang kepada Nabi Muhammad (Sallallahu Alayhi wa Salam) dan berkata:

BACA JUGA:  Cara Makan atau Minum Habbatussauda Yang Benar Menurut Islam

‘Ya Rasulallah! Saya mendirikan tenda saya, tetapi saya tidak tahu tanah itu adalah kuburan! Tiba-tiba dari makam itu muncul seorang pria yang membaca Surah al-Mulk sampai selesai!’

Maka Nabi Muhammad (Sallallahu Alayhi wa Salam) berkata:

“Surat al-Mulk adalah penghalang (dari siksaan)! Surah al-Mulk adalah penyelamat yang menyelamatkan orang itu dari azab kubur” (HR. Tirmidzi).

Kapan Dianjurkan Membaca Surah al-Mulk?

Melihat keutamaan membaca surah al-Mulk yang luar biasa seperti di atas, maka kita pun seyogyanya juga mengamalkan membaca surah al-Mulk tersebut agar bisa mendapatkan keutamaan.

Adapun mengenai kapan dianjurkan surah al-Mulk sebenarnya surah al-Mulk bisa dibaca kapan saja.

Namun sebagaimana hadis di atas, Rasulullah Saw. selalu membaca surah al-Mulk sebelum tidur. Maka kita pun juga bisa mencontoh beliau dengan membaca surah al-Mulk sebelum tidur.

Juga hendaknya jangan lupa untuk melaksanakan adab-adab membaca al-Quran seperti membaca dengan tartil, dengan pakaian yang sopan juga dengan memiliki wudhu agar bisa mendapatkan fadhilah yang maksimal. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *