Kenapa kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud?

Kenapa kitab zabur diturunkan kepada nabi daud? Kitab Zabur merupakan salah satu dari beberapa kitab samawi yang diturunkan Allah kepada nabi Daud As. Sebagaimana kitab samawi pada umumnya, kitab Zabur berisi petunjuk sebagai pedoman untuk menuju jalan yang lurus.

Nabi Daud As adalah nabi yang mendapatkan kitab Zabur. Lalu kenapa kitab Zabur ini diturunkan kepada Nabi Daud? Pada kesempatan berikut ini dalamislam.info akan membahasnya.

Kitab Zabur

Salah satu dari empat kitab ilahi atau kitab yang diturunkan oleh Allah Swt kepada manusia adalah kitab Zabur. Kitab Zabur ini diturunkan oleh Allahu ta’ala kepada nabi Dawud As. Adapun nabi Dawud adalah salah satu nabi bagi masyarakat Bani Israel. Nabi dawud adalah nabi yang selain mendapatkan kenabian juga mendapatkan kesultanan alias beliau juga seorang raja.

Nabi Dawud memiliki suara yang sangat indah dan berwibawa. Nabi dawud menerima buku Mazmur dalam bahasa Ibrani. Dalam Al-Qur’an disebutkan; “Kami memberikan Zabur kepada Daud (alaihis-salâm) .” (Surat Isra: 55)

Isi Kitab Zabur

Kitab Zabur ini ada dalam satu wahyu Allah yang diturunkan setelah kitab Taurat. Kitab Zabur ini berisi dakwah dan nasehat. Allah melalui kitab Taurat ini memberikan penjelasan dan menyerukan kepada umat Bani Israil untuk bertindak sesuai dengan ketentuan yang Allah jelaskan. Tidak ada penjelasan tentang ketentuan  halal dan haram dalam kitab Zabur ini.

Kitab Zabur tidak membatalkan kitab Taurat dan tidak pula menghapus ketentuan hukum yang ada dalam Taurat. Kitab Zabur ini bukanlah buku syariah yang terpisah dan tersendiri seperti kitab Taurat. Nabi Dawud terus meneguhkan agama yang dibawa oleh Nabi Musa untuk berdakwah kepada Bani Israil.

Orang-orang yang mendengarkan Zabur yang dibacakan oleh Nabi Dawud dengan sangat indah, dengan suara yang sangat cerah dan merdu, mereka akan tercengang dan pingsan. Ketika Zabur dibacakan, manusia, jin, dan hewan pemangsa akan berhenti, burung akan melebarkan sayapnya di atasnya, dan angin akan mereda.

Mengapa kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud?

Jika ditanyakan kenapa kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud? Apa alasan Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud? Maka berikut ini adalah jawabannya.

Semua kitab yang diturunkan kepada manusia itu bertujuan untuk menunjukkan mereka kepada kebenaran atau memberikan hidayah. Kitab yang diturunkan kepada manusia itu bertujuan untuk menjadi pedoman manusia termasuk kitab Zabur. Adapun Nabi yang menerima kitab Zabur ini adalah Nabi Daud yang mana beliau hidup pada abad ke 10 SM di daerah Yerusalem. Kitab Zabur merupakan kitab yang diturunkan oleh Allah swt sebagai pedoman untuk bangsa Bani Israil atau umat Yahudi

Originally posted on December 23, 2021 @ 8:38 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *