Kenapa Islam melarang minum minuman keras?

Kenapa Islam melarang minum minuman keras? Minuman keras atau minuman beralkohol merupakan minuman yang dilarang dalam Islam. Sejak zaman Rasulullah saw, minuman keras telah diharamkan untuk dikonsumsi sehingga masyarakat Arab yang dulu peminum khamr pun kemudian meninggalkan kebiasan buruk tersebut.

Lalu apa sebenarnya alasan yang membuat Islam melarang minuman keras? Kenapa Islam melarang minum minuman keras? Pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan menjelaskannya.

Kenapa Islam melarang minum minuman keras?

Di dalam Islam, hukum tentang perintah atau larangan itu diambil berdasarkan pedoman al-Quran dan hadis. Apabila di dalam pedoman itu disebutkan haram, maka hukumnya pun menjadi haram. Apabila diperintah maka wajib untuk dilaksanakan. Dalam hal ini, alasan kenapa Islam melarang minum-minuman keras adalah karena memang ada dalil yang menjelaskannya. Di antaranya adalah:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Hadis juga menjadi dalil utama dalam ketentuan Islam. Adapun Hadits tentang miras sangat banyak sekali. Di antaranya adalah:

1. Hadis Dari Ibnu Umar (ra) berkata: Rasulullah bersabda:

كل مُسْكِرٍ خَمْرٌ، وكل مُسْكِرٍ حرام، ومن شرِب الخمر في الدنيا فمات وهو يُدْمِنُهَا لَمْ يَتُبْ، لَمْ يَشْرَبْهَا في الآخرة

“Setiap yang memabukkan adalah khamr dan semua khamr adalah haram. Jika seseorang meminum khamar di dunia dan mati tanpa bertaubat sambil melanjutkannya, maka dia tidak akan bisa meminum khamar di akhirat (Surga). (Bukhari/Muslim).

2. Jabir bin Abdullah (ra) berkata: Rasulullah bersabda:

ما أسكر كثيرُه فقليله حرام

“Yang banyaknya memabukkan maka sedikitnya juga haram.” (Abu Dawud, Tirmidzi)

3. Abu’d-Darda (ra) berkata: Rasulullah, yang sangat saya cintai, memberi saya nasihat berikut:

لا تشرب الخمر فإنها مفتاح كل شر

“Jangan minum alkohol, karena itu adalah kunci dari semua kejahatan dan kejahatan.” (Ibn Majah)

4. Menurut apa yang diriwayatkan dari Ibnu Umar (ra), Rasulullah bersabda:

لعن اللهُ الخمرَ وشاربَها وساقِيَها وبائعَها ومبتاعَها وعاصرَها ومعتَصِرَها وحاملَها والمحمولةَ إليه

“Sesungguhnya Allah SWT; Dia melaknat minuman itu, yang meminumnya, yang membagikannya, yang menjualnya, yang membeli, yang membuatnya, yang membuatnya, yang membawanya, dan yang membawa. siapa yang dibawa kepadanya!” (Abu Dawud)

5. Menurut apa yang dilaporkan dari Jabir (ra), Nabi mengatakan sebagai berikut:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلَا يَقْعُدْ عَلَى مَائِدَةٍ يُشْرَبُ عَلَيْهَا الْخَمْرُ

“…Seseorang yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir tidak boleh duduk di meja di mana alkohol disajikan (bahkan jika dia tidak meminumnya sendiri)!” (Ahmad).

Minuman Keras adalah Sumber Kejahatan

Dalam hadis Rasulullah diuangkapkan tentang hikmah di balik larangan miras sebagai berikut:

“Janganlah engkau minum! Karena khamr (minuman keras) adalah kunci dari semua kejahatan.”

Minuman beralkohol adalah penyebab kerusakan besar baik bagi individu maupun masyarakat. Minum alkohol mempengaruhi kemampuan mental secara negatif. Namun, semua manfaat untuk dunia dan akhirat hanya bisa diwujudkan dengan pikiran. Ketika pikiran hilang, manusia terjerumus ke dalam dosa yang tak terbayangkan.

Sama seperti ketika percikan jatuh ke dalam alkohol, ia segera terbakar, jadi sangat mudah untuk menyalakan api kejahatan di otak dan hati yang kecanduan alkohol.

Jika kita melihat dosa-dosa yang dilakukan, terlihat bahwa dosa-dosa itu selalu dilakukan pada saat lalai. Jika kelalaian begitu efektif dalam jatuh ke dalam dosa, tidak sulit untuk menebak seberapa parah mabuk yang akan membawa seseorang kepada dosa.

Hal-hal yang memabukkan orang secara material dan spiritual, seperti alkohol, perjudian, dan permainan untung-untungan, adalah senjata paling efektif di tangan musuh abadi umat manusia, Setan. Kecuali seseorang tinggal jauh dari mereka, tidak mungkin baginya untuk menjadi sukses. Setan mendorong kebencian, permusuhan dan permusuhan di antara orang-orang melalui alkohol dan perjudian, dan membuat mereka melawan satu sama lain.

Minuman memabukkan menghalangi mereka dari mengingat Allah, shalat dan ibadah, dan mengubah mereka menjadi orang miskin di akhirat. Singkatnya, itu menghancurkan dunia dan akhirat mereka. Oleh karena itu, cara menghindari kehancuran di kedua dunia tersebut adalah dengan meninggalkan dosa-dosa yang diharamkan Allah.

Minuman Keras Meningkatkan Kejahatan

Menurut laporan penelitian terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia yang mencakup negara-negara yang jumlahnya ada tiga puluh negara, minuman keras bertanggung jawab pada beberapa kejahatan, yaitu: 85% dari total kejahatan pembunuhan, 50% dari kasus perkosaan, 50% dari kasus insiden kekerasan dan beragam tindak kejahatan lainnya.

Anak-anak dari orang yang minum alkohol juga terkena banyak bahaya dan kerugian. Anak-anak yang lahir dari pecandu alkohol juga mengalami gangguan mental hingga mencapai rasio 90%. Risiko seorang wanita pecandu alkohol memiliki resiko mendapatkan anak cacat setinggi 35%. Risiko ini muncul dari paparan ibu anak-anak yang minum alkohol saat bayinya berada dalam kandungan. Hal ini dikarenakan alkohol mampu menghambat pertumbuhan bayi dalam kandungan dan perkembangan pascakelahiran; Alkohol bisa menyebabkan keterbelakangan mental, perawakan pendek dan gangguan perilaku pada anak.

Karena anak-anak dari orang yang kecanduan alkohol hidup dalam suasana keluarga yang penuh konflik dan kekerasan, risiko depresi emosional dan gangguan perilaku sangat tinggi di dalamnya. Begitu banyak dari anak-anak ini gagal di sekolah dan dalam kehidupan.

Kecelakaan lalu lintas, bunuh diri, hasutan untuk melakukan kejahatan, disintegrasi keluarga, kemerosotan kehidupan bisnis, kerugian pekerjaan dan berbagai kerugian ekonomi adalah beberapa bahaya alkohol yang paling umum. Alkohol, yang merusak pikiran seseorang, merusak pandangan dan pikiran seseorang, dan menghancurkan harta bendanya. Selain itu, merusak keluarga, merusak generasi, dan menghancurkan status keluarga dalam lingkungan sosial.

Originally posted on January 3, 2022 @ 8:40 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *