Islam Turki mazhab apa?

Islam Turki mazhab apa? Turki merupakan negara yang terletak di dua benua yaitu Eropa dan Asia. Masyarakat Turki asli berasal dari Asia tengah yang bermigrasi besar-besaran setelah kalahnya Bizantium oleh umat Islam.

Meskipun disebut sebagai negara sekuler, namun masyarakat Turki secara mayoritas beragama Islam. Hal ini karena dalam sejarahnya bangsa Turki yang migrasi dari Asia tengah itu adalah masyarakat yang beragama Islam.

Kerajaan Seljuk yang menjadi kerajaan pertama di Anatolia setelah Bizantium dikalahkan merupakan kerajaan Islam sehingga menjadikan Anatolia sebagai pusat agama Islam di Asia Minor. Setelah itu juga muncul kerajaan Ottoman yang juga merupakan kerajaan Islam hingga berakhir pada masa pasca perang dunia pertama.

Islam Turki mazhab apa?

Secara singkat, Islam di Turki secara mayoritas bermazhab Hanafi dalam bidang fikih. Ada juga mazhab lain seperti mazhab Syafii, namun jumlahnya lebih sedikit atau bisa dibilang minoritas.

Menurut laporan survei yang dilaksanakan pada tahun tahun 2007 di Turki, didapatkan hasil bahwa mayoritas muslim di Turki adalah penganut paham ahlusunah waljamaah dengan persentase 78,2% dari keseluruhan jumlah muslim di Turki. Di antara penganut paham ahlusunah waljamaah ini kemudian sebanyak 72% diantaranya mengikuti mazhab Hanafi dan sisanya 6,2% mengikuti Mazhab Syafi’i.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Lembaga Survey Optimar pada tahun 2019, ditemukan data bahwa sebanyak 89,5% penduduk Turki menyatakan bahwa mereka “percaya akan keberadaan dan keesaan Allah” atau percaya akan Tauhid.

Adapun sejumlah 74% masyarkat Turki adalah Muslim Sunni, sejumlah 12,5% adalah kelompok Alawi, dan mazhab lainnya sebanyak 3% berpegang pada mazhab Ja’fari, Nusairi dan Syiah 12 Imam.

Tentang Keagaman Di Turki

Kepresidenan Urusan Agama didirikan pada tanggal 3 Maret 1924, atas perintah Mustafa Kemal Atatürk , sebagai organisasi yang berafiliasi dengan Perdana Menteri Turki dengan Undang-undang No. 429. Kepresidenan Agama bertanggung jawab melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan keyakinan, peribadatan dan prinsip moral agama Islam, pencerahan masyarakat tentang agama dan pengelolaan tempat ibadah.

Tentang Masjid di Turki

Ada banyak sekali masjid di Turki baik masjid bersejarah sejak peninggalan kerajaan Seljuk maupun Usmani. Menurut data statistik Direktorat Urusan Agama Republik Turki tahun 2016, terdapat 89.445 masjid di Turki. Ada 3.530 masjid dan 120 makam di daerah Istanbul sajal.

Salah satu masjid paling terkenal di Turki adalah Masjid Biru atau Blue Mosque alias Masjid Sultan Ahmed. Saat ini sejak dibukanya masjid Hagia Sophia, menjadikan masjid hagia Sophia ini sebagai masjid yang paling populer.

Originally posted on December 29, 2021 @ 7:57 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.