Gambar: Pixabay

Hukum Belajar Bahasa Inggris Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 7, 2021)

Tentang Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang beras dari sekelompok dialek yang mencerminkan asal usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Sebagaimana yang kita tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak digunakan pada saat ini.

Tentu saja kegunaan dan manfaatnya pun sangat besar, salah satunya adalah untuk berdakwah menyebarkan agama Islam kepada masyarakat dunia secara lebih luas. Bahasa Inggris pun juga bermanfaat untuk pendidikan dan pekerjaan.

Hukum Mempelajari Bahasa Inggris dalam Islam

Pada hakikatnya, segala ilmu yang ada di dunia ini adalah hal yang mubah dan juga merupakan sebagai sarana atau wasilah. Jika ilmu-ilmu itu digunakan dengan bijak untuk kebaikan, maka bolehnya mempelajari ilmu itu menjadikan perantara untuk mendapatkan pahala.

Hal ini bisa kita sambungkan dengan kaidah ushul fikih yang mengatakan bahwa:

الوسائل لها أحكام المقاصد

“Hukum wasilah/sarana sesuai dengan hukum tujuan/niatnya.”

Artinya, sesuatu yang bersifat sarana itu hukumnya disesuaikan untuk tujuan. Pisau misalnya, jika digunakan untuk hal baik maka menjadi baik, begitu pula kalau digunakan sebagai keburukan maka menjual dan menggunakannya pun menjadi tidak diperbolehkan.

Adapun bahasa Inggris sebagaimana yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris itu merupakan sarana. Juga mempelajari bahasa Inggris itu banyak sekali manfaatnya.

Misalnya dalam hal dakwah banyak sekali sekarang orang-orang alim yang menjangkau banyak masyarakat dunia karena mampu berbahasa Inggris. Misalnya contoh saja Dr. Zakir Naik.

Juga bahasa Inggris pun bisa bermanfaat untuk sarana melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Manfaat lain adalah bisa untuk digunakan sebagai sarana bekerja dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, hukum mempelajari bahasa Inggris adalah boleh atau mubah, bahkan harus kalau memang itu untuk kebaikan.

BACA JUGA:  Kisah Nyata Bertaubatnya Sepasang Kekasih Dari Perbuatan Zina

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada kita untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagi kita dengan bersemangat sebagaimana sabda beliau:

ﺍِﺣْـﺮِﺹْ ﻋَـﻠَـﻰ ﻣَﺎ ﻳَـﻨْـﻔَـﻌُـﻚَ ﻭَﺍﺳْﺘَﻌِﻦْ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻭَﻟَﺎ ﺗَـﻌْﺠَـﺰ

“Bersungguh-sungguhlah (bersemangatlah) untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah.” (HR. Muslim)

Kesimpulan Hukum Belajar Bahasa Inggris Dalam Islam

Berdasarkan uraian di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa belajar bahasa Inggris dalam Islam itu hukumnya adalah mubah atau boleh. Selanjutnya hukum belajar bahasa Inggris itu nanti tergantung dari tujuannya.

Kalau tujuannya adalah untuk kebaikan maka belajar bahasa Inggris akan mendapatkan pahala. Namun kalau untuk tujuan yang buruk maka hal itu bisa mendatangkan dosa. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *