Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 19, 2021)

Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan– Di bulan Ramadhan, setiap muslim wajib menjalani ibadah puasa. Selain itu puasa dapat meningkatkan kualitas diri dan keimanan. Puasa sudah ada sejak Nabi Adam As yang saat itu menjalankan puasa Ayyamul Bidh.

Berpuasa pada bulan ramadhan tak hanya menahan lapar dan haus. Namun lebih dari itu, ada berbagai hikmah puasa Ramadhan jika dilakukan dengan serius dan sepenuh hati. Berikut ini merupakan hikmah puasa di bulan ramadhan :

Apa Saja Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan ?

1. Lebih Dekat dengan Sang Pencipta

Ketika kita berpuasa sesuai dengan perintah Allah, itu berarti kita menyerahkan segalanya kepada Allah. Tujuan puasa kita adalah untuk mematuhi semua perintah Allah agar lebih dekat dengannya.

2. Mendorong Perbuatan Baik

Saat kita berpuasa dibulan ramadhan, kita tidak hanya menahan rasa haus dan lapar, tapi juga menjaga diri dari hawa nafsu, perkataan dan perbuatan buruk.

Secara tidak langsung bila kita menjauhinya berarti kita akan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang baik demi kesempurnaan puasa.

3. Menahan Hawa Nafsu

Yang dimaksud dengan hawa nafsu disini adalah, saat puasa kita dituntut untuk bisa menahan segala macam hawa nafsu, termasuk nafsu makan, nafsu berbicara tentang keburukan orang lain, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk menghindarinya kita bisa melakukan hal-hal yang positif, apalagi di bulan ini semua kebaikan akan berlipat ganda pahala. Artinya hikmah yang bisa kita pelajari saat berpuasa adalah menahan hawa nafsu.

4. Mengontrol Emosi

Hikmah puasa selanjutnya adalah menahan atay mengontrol emosi. Emosi atau amarah merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa kita. Oleh karena itu pada saat menjalankan puasa Ramadhan kita wajib dapat mengendalikan emosi kita.

BACA JUGA:  Cara Mendidik Anak Dalam Islam Lengkap

Apalagi kita dituntut untuk bisa mengendalikan emosi kita selama sebulan penuh, tentunya ini bisa kita gunakan sebagai sarana untuk berlatih mengendalikan emosi kita.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai hikmah puasa dibulan ramadhan. Semoga bermanfaat.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *