Image: Pxhere.com

Hidangan Kesukaan Nabi Muhammad Saw. Dan Beragam Manfaatnya

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 25, 2021)

Hidangan Pada Zaman Nabi

Nabi Muhammad Saw. sebagaimana para nabi pada umumnya memiliki sifat jaiz atau sifat yang dibolehkan, yaitu nabi karena sosok manusia maka beliau pun memerlukan apa yang diperlukan oleh manusia.

Salah satunya adalah makanan, karena Nabi pun juga membutuhkan makan untuk hidup sebagaimana layaknya manusia pada umumnya.

Nabi Muhammad Saw. pun juga memiliki makanan favorit tertentu yang mana pada saat beliau hidup beliau gemar sekali menyantapnya.

Beberapa makanan yang menjadi favorit nabi Muhammad Saw. ternyata memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Dengan demikian kita pun perlu untuk memilih makanan sebagaimana yang Rasulullah Saw. makan agar bisa mendapatkan manfaatnya juga.

Hidangan yang Disukai Nabi Muhammad Saw. dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beragam hidangan favorit Nabi Muhammad Saw. beserta beragam manfaatnya:

1. Susu

Dikatakan bahwa susu bisa meredamkan panas dari jantung seperti halnya jari mampu menyeka keringat dari alis. Susu pun punya manfaat yang bagus untuk memperkuat punggung, meningkatkan fungsi otak, menambah kecerdasan, memperbarui penglihatan, dan mengusir pikun.

Ibn Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Saw. paling menyukai susu dari semua jenis minuman. Artinya susu adalah minuman kegemaran Rasulullah Saw.

Susu telah dijelaskan oleh penelitian modern bahwa ia bisa digunakan untuk makanan peningkat stamina, menghilangkan dehidrasi tubuh.

Susu pun ampuh dalam membantu pencernaan, bergizi tinggi, bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit, membuang limbah tubuh melalui urin, meningkatkan fungsi otak dan pikiran, menghilangkan stres dan ketegangan dari tubuh.

Meskipun bermanfaat, susu pun harus diminum dalam jumlah yang wajar, karena terlalu banyak susu dapat membahayakan beberapa fungsi tubuh. Seperti melemahkan penglihatan, melemahkan persendian tubuh dan juga menyebabkan obesitas.

BACA JUGA:  Manfaat Mengonsumsi Kurma

2. Madu

Madu dianggap sebagai obat terbaik untuk diare jika dicampur dengan air panas dan diminum saat hangat. Madu adalah makanan makanan sekaligus minuman dan berfungsi sebagai obat-obatan.

Madu sangat ampuh digunakan untuk menciptakan nafsu makan, memperkuat perut, menghilangkan dahak, sebagai pengawet daging, kondisioner rambut, salep mata dan obat kumur.

Madu akan sangat bermanfaat digunakan sebagai minuman pada pagi hari dengan dicampur air hangat dan juga merupakan sunnah untuk dikonsumsi.

Rasulullah Saw. pernah bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. “ (HR. Sunan Ibnu Majah).

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah obat alami yang sangat baik untuk masalah kulit dan rambut, memperlambat tanda-tanda usia tua, dan mengobati radang perut.

Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

كُلوا الزَّيتَ وادَّهِنوا بِهِ فإنَّهُ من شجَرةٍ مبارَكَةٍ

“Makanlah Zaitun dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah” (HR. Tirmidz).

4. Jamur

Nabi Saw. bersabda bahwa jamur adalah obat yang baik untuk mata. Jamur juga baik untuk kehamilan dan konon bisa digunakan sebagai obat alami pencegah kelumpuhan.

Diriwayatkan dari Said bin Zaid, “Aku mendengar Rasulullah bersabda: Kam’at (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata.” (HR Muslim)

Sayidina Ali Ra. melaporkan Nabi kita (saw) mengatakan, “Jamur adalah obat yang baik untuk mata.”

Beberapa jenis jamur ekstraknya sangat baik untuk mata. Jika dioleskan selama beberapa hari, jamur tersebut mampu menghilangkan keputihan dari mata (kebutaan). Ekstrak jamur juga bisa digunakan sebagai penyembuh mata merah.

Jamur kering dan giling mampu menghentikan diare dan bermanfaat untuk penyakit pencernaan.

BACA JUGA:  Adab-adab Berhubungan Suami Istri Dalam Islam

5. Anggur

Nabi sangat menyukai anggur, membersihkan darah, memulihkan tenaga dan vitalitas, memperkuat ginjal, dan membersihkan usus.

Nabi Muhammad (saw) bersabda, “Makan kismis, tapi keluarkan batunya, karena ada penyakit, tetapi di dalam daging ada kesembuhan.” Diriwayatkan oleh Ibn Abbas dan Suyuti.

6. Kurma

Nabi (saw) bersabda bahwa rumah tanpa tanggal tidak ada bekal, juga harus diberikan kepada bayi yang baru lahir.

Nabi (saw) bersabda, “Kaum wanitamu harus makan kurma, karena siapa yang membuat kurma menjadi makanannya, akan menghasilkan anak dengan mudah.” Dikisahkan oleh As Suyuti.

Nabi (saw) bersabda, “Siapa pun yang makan tujuh kurma (‘ajwa) di pagi hari, tidak akan dirugikan oleh orang-orang seperti sihir atau racun untuk itu.” (Bukhari)

7. Buah ara adalah buah dari surga dan obat penyakit

Nabi saw bersabda, “Jika kamu ingin mengatakan bahwa buah tertentu berasal dari surga, kamu harus menyebut tin karena ia memang buah surga.” (HR. As-Suyuthi)

Buah Tin atau Ara memiliki khasiat yang besar sekali seperti untuk menyembuhkan wasir dan encok.

8. Gandum / Jelai

Gandum merupakan makanan yang bisa digunakan sebagai penurun panas kala dihidangkan dalam bentuk sup.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa para sahabat Nabi Saw. biasa makan makanan yang disiapkan dengan jelai dan akar bit setelah shalat Jumat.

9. Buah Delima

Nabi Saw. telah bersabda bahwa buah delima mampu menghilangkan pengaruh Setan dan bisikannya selama 40 hari.

Sayidina Ali Ra. bersabda, “Makanlah buah delima dengan selaput putihnya karena itu adalah terapi untuk perut.” (Musnad Ahmad)

Juga telah diriwayatkan bahwa Sayiduna ‘Abdullah ibn’ Abbas Ra, pernah mengambil satu biji dari buah itu dan memakannya. Ketika ditanya tentang hal itu, dia berkata, “Saya telah mengetahui bahwa tidak ada satu pun buah delima yang diserbuki di bumi kecuali mengandung benih dari benih yang ada di surga jadi mungkin saja yang ini.” (Shu’ab al-Iman dari Bayhaqi).

Banyak sekali manfaat dari buah delima yang di antaranya adalah mampu memurnikan darah, menyegarkan tubuh, membersihkan perut, menghentikan diare, memperkuat organ pencernaan, membersihkan kulit dan beragam manfaat lainnya.

10. Air Putih

Nabi sallahu alaihi wasallam bersabda bahwa termasuk minuman terbaik di dunia ini adalah air putih. Salah satu air putih terbaik adalah air Zamzam yang berasal dari sumur Zamzam.

BACA JUGA:  Apakah Dalam Islam Boleh Menikah Dengan Sepupu?

Banyak sekali kegunaan dan manfaat dari air Zamzam untuk pengobatan yang telah dibuktikan oleh banyak orang.

11. Semangka

Buah Semangka disebut-sebaut sebagai buah yang mengandung 1000 berkah dan 1000 rahmat. Dalam hadis disebutkan bahwa “Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab”. (HR.at-Tirmidzy).

Mencontoh Rasulullah Dalam Hal Menu Makanan

Perlu dicatat bahwa tidak ada tindakan atau kebiasaan Nabi kita (saw) yang beliau laksanakan kecuali pasti di dalamnya mengandung teladan dan kebijaksanaan.

Oleh karena itu, semakin kita meniru Nabi kita maka semakin banyaklah kita akan mendapatkan keuntungan dari mencontoh Nabi itu, terutama dalam hal ibadah.

Juga dalam hal kehidupan sehari-hari, maka kita pun bisa mencontoh Rasulullah Saw. seperti dalam hal menu makanan dikarenakan dalam makanan favorit Rasulullah Saw. ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *