Hal – hal yang Makruh Dilakukan Ketika Berpuasa

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: March 19, 2021)

Hal – hal yang Makruh Dilakukan Ketika Berpuasa– Sejumlah umat Islam masih belum mengetahui banyak hal yang makruh dilakukan selama berpuasa. Banyak orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan hanya untuk menahan lapar dan haus.

Tanpa mereka sadari bahwa puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan rasa lapar dan haus. Akan tetapi, dengan berpuasa juga harus bisa menahan nafsu. Dalam hal ini akan kami jelaskan mengenai hal yang makruh dilakukan saat berpuasa, diantaranya sebagai berikut :

Apa Saja Hal Yang Makruh Ketika Puasa ?

1. Gosip / Ghibah

Gosip atau ghibah adalah tindakan keji saat bulan puasa di bulan Ramadhan. Perbuatan ini terkadang tanpa disadari sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Orang yang suka bergosip diibaratkan orang yang memakan bangkai kakaknya sendiri.

2. Melakukan Bekam Saat Berpuasa

Hal selanjutnya yang makruh saat puasa adalah melakukan bekam yang bisa membuat tubuh lemas. Namun jika tidak memberikan kesan yang bisa membuat tubuh lemas, maka di perbolehkan melakukan bekam saat berpuasa.

3. Berkumur dan Memasukkan Air ke Hidung

Makruh puasa berikutnya adalah berlebihan saat berkumur dan memasukkan air ke hidung. Memang saat berwudhu’ dianjurkan berkumur dan memasukkan air ke hidung, tapi menjadi makruh saat berpuasa, karena takut air masuk ke kerongkongan.

4. Tidur Berlebihan Saat Puasa

Hal terakhir yang makruh dilakukan saat berpuasa yaitu tidur yang berlebihan. Tidur memang di sunnahkan bagi orang yang berpuasa, akan tetapi tidur yang berlebihan juga tidak diperbolehkan. Hukumnya akan menjadi makruh jika berlebihan.

5. Mencicipi Makanan

Menurut sebagian ulama, mencicipi makanan jika tidak ditelan tidak dianggap makruh saat berpuasa. Namun, jika Anda mencicipi makanannya berkali-kali dan sebagian masuk ke perut, meski hanya sebagian kecil, maka ini bisa membatalkan puasa orang tersebut.

BACA JUGA:  Adab-adab Berhubungan Suami Istri Dalam Islam

6. Menyikat Gigi Saat Berpuasa

Sebenarnya boleh-boleh saja menyikat gigi ketika berpuasa, tapi dikhawatirkan air atau pasta gigi masuk ke mulut dan tenggorokan hingga hukum menyikat gigi saat berpuasa menjadi makruh.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *