Efek samping minum minyak zaitun

Efek samping minum minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia dan kaya akan antioksidan. Minyak utama yang dikandungnya, asam oleat, merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dan sangat bermanfaat. Asam lemak dan antioksidan dalam minyak zaitun extra virgin melindungi kesehatan jantung; mengurangi risiko stroke. Ini juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan kanker.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, itu tidak menyebabkan penambahan berat badan bila dikonsumsi secara seimbang, dan bahkan membantu menurunkan berat badan. Ini sangat bergizi untuk rambut dan kulit. Namun, itu tidak cocok untuk setiap kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit sebelum digunakan karena dapat memperburuk beberapa kondisi kulit.

Apa itu minyak zaitun?

Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun, buah dari pohon zaitun. Meskipun berasal dari Mediterania, dikonsumsi di seluruh dunia saat ini. Minyak zaitun, yang digunakan dalam memasak, kosmetik, obat-obatan dan pembuatan sabun, mengandung banyak vitamin.

Minyak zaitun, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari diet Mediterania, melindungi dari banyak penyakit berkat antioksidan dan vitamin yang dikandungnya. Setelah mengetahui apa itu minyak zaitun, pada artikel ini kita akan mengulas tentang Efek samping minum minyak zaitun.

Bagaimana Caranya minyak zaitun dibuat

Setelah zaitun dipisahkan dari cabang dan daunnya dan dicuci, mereka ditekan menjadi pasta untuk mengekstrak minyaknya. Setelah proses pengepresan, buah zaitun yang menjadi adonan diremas (malaxation) selama kurang lebih 20-40 menit. Selama proses ini, zaitun dipanaskan.

Jika suhu tetap di bawah 27 derajat, minyak zaitun itu diperas dingin, jika naik di atasnya (dapat dipanaskan antara 35-60 derajat), itu adalah pengepresan panas. Pada proses selanjutnya, minyak dan air hitam zaitun dipisahkan dari daging buahnya (pomace). Setelah pomace dibuang, minyak dan air hitam dipisahkan satu sama lain dengan sentrifugasi. Langkah terakhir adalah penyaringan. Dalam proses ini, minyak zaitun dimurnikan dari semua residu dan diperoleh warna cerah yang diketahui.

Agar minyak zaitun tidak menimbulkan bahaya, seperti efek samping minum minyak zaitun, maka minyak zaitun harus dibuat dengan proses yang higienis dan seusuai dengan prosedur yang benar.

Manfaat minyak zaitun

1. Melindungi dari penyakit jantung

Studi yang dilakukan dalam dekade terakhir telah menemukan bahwa penyakit jantung kurang umum di negara-negara Mediterania dan alasan utama untuk ini adalah diet Mediterania. Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu komponen utama dari diet ini.

Berkat polifenol, sejenis antioksidan yang dikandungnya, ia dapat menurunkan tekanan darah, melindungi partikel kolesterol LDL “jahat” dari oksidasi, menyembuhkan lapisan pembuluh darah dan membantu mencegah pembekuan darah.

2. Dapat mengurangi resiko penyakit stroke (stroke)

Stroke (stroke) disebabkan oleh masalah aliran darah ke otak akibat penggumpalan darah atau pendarahan dan merupakan penyebab kematian terbesar kedua di negara maju. Beberapa penelitian besar telah menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat menyebabkan pengurangan risiko stroke.

Tidak menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan dapat membantu penurunan berat badan. Tidak seperti banyak jenis minyak, penelitian belum menemukan minyak zaitun dikaitkan dengan penambahan berat badan. Bahkan, diperkirakan bahwa diet kaya minyak zaitun dapat membantu menurunkan berat badan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

3. Dapat melindungi dari penyakit Alzheimer

Salah satu penyebab terpenting Alzheimer adalah plak beta-amiloid yang menumpuk di dalam sel-sel otak. Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin memperlambat pembentukan plak ini berkat oleocanth yang dikandungnya, sehingga membantu memperlambat atau menghentikan perkembangan Alzheimer. Selain itu, diet Mediterania yang kaya minyak zaitund apat mencegah demensia dengan melindungi fungsi otak.

4. Dapat mengurangi risiko diabetes

Minyak zaitun extra virgin memiliki efek menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin . Oleh karena itu, sangat protektif terhadap diabetes tipe 2. Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe 2 lebih dari 40%.

5. Memiliki sifat anti kanker

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang diyakini sebagai salah satu penyebab utama kanker, dan dapat membantu melindungi dari perubahan epigenetik. Namun, lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk mengkonfirmasi ini.

6. Manfaat minyak zaitun untuk perut

Sifat antibakteri minyak zaitun extra virgin dapat menghambat atau membunuh bakteri Helicobacter pylori yang hidup di perut , yang dapat menyebabkan sakit maag atau kanker perut. Satu studi menemukan bahwa 30 gram minyak zaitun extra virgin yang diminum setiap hari dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10-40% orang hanya dalam waktu dua minggu.

7. Dapat mencegah kerusakan hati

Asam oleat dan senyawa fenolik yang terkandung dalam minyak zaitun extra virgin membantu mencegah peradangan, stres oksidatif, resistensi insulin dan masalah lain yang dapat menyebabkan kerusakan hati.

8. Menjaga kesehatan usus

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa fenol dalam minyak zaitun dapat membantu mendukung kesehatan usus dengan meningkatkan kekebalan usus. Ini mungkin juga bermanfaat untuk penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn.

9. Minyak zaitun untuk sembelit

Satu sendok makan minyak zaitun extra virgin yang diminum di pagi hari dengan perut kosong melembutkan usus dengan minyak bermanfaat yang dikandungnya, sehingga memudahkan buang air besar. Ini juga membantu tinja menahan lebih banyak air dan tetap lebih lembut, mencegah sembelit. Namun, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat terutama pada sembelit .

Bagaimana Cara mengonsumsi minyak zaitun?

Area di mana Anda dapat menggunakan minyak zaitun tidak terbatas. Di dapur; Anda dapat menambahkannya ke salad dan makanan, serta menggoreng. Anda dapat mencelupkan roti Anda dengan meletakkannya di piring untuk sarapan dan menambahkan beberapa bumbu. Selain itu, sangat bermanfaat dan bergizi untuk kulit Anda. Anda dapat mencegah sembelit dengan minum satu sendok makan saat perut kosong.

Menurut sebuah penelitian, makanan yang digoreng dengan minyak zaitun tidak kehilangan nilai gizinya dan bahkan mungkin lebih bergizi. Ini karena makanan mengambil antioksidan dari lemak. Namun, penggunaan berulang minyak zaitun untuk menggoreng dapat menyebabkan kerusakan minyak dan pembentukan senyawa beracun.

Bagaimana minyak zaitun disimpan?

Meskipun minyak zaitun sangat bermanfaat, kita perlu mengetahui cara menyimpan minyak zaitun yang baik agar efek samping minum minyak zaitun tidak muncul.

Cari tanggal panen pada botol saat membeli minyak zaitun. Jika tidak ada tanggal tersebut, pembotolan mungkin lebih dari dua tahun. Ini bukan hal yang baik.

Simpan minyak zaitun di tempat yang tidak terkena cahaya langsung (lemari, dll.). Jangan meletakkannya di dekat jendela. Sinar ultraviolet merusak minyak zaitun dan membuatnya memburuk. Juga, jika Anda akan memasukkannya ke dalam botol lain, pilih warna gelap atau botol keramik.

Jangan simpan di dekat kompor atau oven. Mencegah minyak Anda terkena udara. Juga, cegah minyak Anda terkena udara. Udara dapat menurunkan kualitas minyak. Saat Anda membuka sebotol minyak zaitun (seperti sebotol anggur), oksigen mulai terisi dan proses degradasi dimulai. Oleh karena itu, selesaikan minyak Anda dalam waktu 1-2 bulan setelah dibuka.

Efek samping minum minyak zaitun, Bahaya minyak zaitun

Meskipun minyak zaitun banyak sekali manfaatnya, namun tidak kemudian efek samping minum minyak zaitun tidak ada sama sekali. Kita perlu mengetahui adanya efek samping dalam minum minyak zaitun pada beberapa kondisi tertentu.

Minyak zaitun pada kondisi stertentu tidak cocok untuk digunakan pada kulit berminyak atau kondisi kulit seperti dermatitis. Hal ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi. Ini dapat menyebabkan eksim di kemudian hari .

Jika dikonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ini mudah terbakar pada suhu tinggi. Jika Anda menyadari bahwa itu terbakar sebelum menggoreng, jangan pernah menggunakannya. Mengkonsumsi terlalu banyak minyak zaitun dapat menyebabkan pembentukan batu atau penyumbatan di kantong empedu.

Originally posted on December 30, 2021 @ 10:17 am

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *