Image: Wikipedia

Doa Lengkap Memohon Perlindungan Kepada Allah Swt Arab Latin Terjemah Bahasa Indonesia

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: February 4, 2021)

Berdoa Kepada Allah Swt

Allah adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dalam hidup ini, Allah menghendaki agar kita umat Islam hidup mendapatkan kemudahan.

Sehingga setiap masalah yang dihadapi oleh manusia itu pasti ada pemecahannya dengan memohon petunjuk dan pertolongan Allah Swt.

Salah satu pertolongan Allah adalah bantuan Allah agar terhindar dari keburukan dan hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi dalam hidup kita .

Allah telah menurunkan banyak Doa yang dapat kita ucapkan dengan tujuan agar kita bisa mendapatkan perlindungan untuk mengatsi semua kesulitan dan keburukan yang terjadi pada beragam situasi.

Dalam Islam terdapat tuntunan doa agar kita bisa mendapatkan perlindungan dari kejahatan, syirik, musuh, dan untuk menjaga keamanan keluarga dan anak-anak Anda.

Dalam berdoa, kita pun harus membarenginya dengan usaha yang kuat. Dalam berdoa pun kita juga harus memiliki keyakinan dan kepercayaan penuh kepada Allah karena tanpa kehendaknya tidak ada yang bisa terjadi.

Dan berikut ini adalah doa-doa lengkap untuk mendapatkan perlindungan Allah Swt dari beragam hal yang bisa kita amalkan agar kita terhindar dari hal-hal buruk tersebut.

Doa Agar Mendapatkan Perlindungan Kepada Allah Dari Kejahatan, Arab, Latin, Terjemahan Bahasa Indonesia Lengkap

1. Doa Memohon Perlindungan Kepada Allah Dengan Doa Pujian

Bacaan Latin:  Laa ‘ilaaha’ illallaahu wahdahu laa syariika lahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa Huwa ‘alaa kulli shay’in Qadiir.

Terjemahan Bahasa Indonesia:  Tidak ada yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, yang tidak memiliki sekutu. Kekuasaannya adalah miliknya dan miliknya adalah pujian dan dia mampu melakukan segala hal.

Diriwayatkan oleh Abu Ayyash bahwa Nabi Muhammad (saw) bersabda:

“Jika seseorang berdoa di pagi hari: Tidak ada yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, yang tidak memiliki sekutu. Kekuasaannya adalah miliknya dan miliknya adalah pujian dan dia mampu melakukan segala hal. ‘maka baginya sama dengan (memerdekakan) budak dari keturunan Nabi Ismail, dan dicatat baginya 10 kebaikan dan dihapus darinya 10 keburuan dan diangkat baginya 10 derajat. Dia juga akan dijaga dari syetan sampai sore, dan jika dia ucapkan pada sore hari maka (fadhilahnya) sama seperti itu sampai pagi”. (HR. Abu Daud)

2. Doa untuk Perlindungan dari Kejahatan Syetan

وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ

Bacaan Latin: Wa qur Rabbi a’uudzu bika min hamazaatisy Syayaatiin

Artinya: Dan katakanlah, “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, (QS. Al-Mu’minun: 97)

Dengan membaca Doa ini, maka hal itu bisa menunjukkan bahwa kita mengingat Allah sebelum memulai pekerjaan apa pun. Dengan membaca doa Ini pun maka kita akan mendapatkan keamanan dan lindungan dari Setan baik pada saat makan, tidur, bekerja, dll.

BACA JUGA:  Cara Mendidik Anak Dalam Islam Lengkap

3. Doa Untuk Memohon Perlindungan Dari Siksa Neraka

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّال

Allahumma inni a’udzhu bika min ‘adzabi jahannam, wa min’ adzabil-qabr, wa min fitnatil-mahya wal-mamat, wa min fitnatil-masihid-Dajjal. 

Terjemahan: (Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari siksaan Neraka, dari siksa kubur, dari cobaan hidup dan mati, dan dari kerusakan Al-Masih Ad-Dajjal. ”(Sumber HR. Muslim)

4. Doa Untuk Memohon Perlindungan Saat Meninggalkan Rumah

 

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

‘bismillah tawakkaltu alallah la haula wala quwwata illa billah

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepadaNya

5. Doa Untuk Perlindungan Dari Bencana

Doa untuk perlindungan

Bacaan Latin: Bismillaahil-ladzii laa yadhurru ma’as-mihi shay’un fil-‘ardhi wa laa fis-samaa’i wa Huwas-Samee ‘ul-‘ Aliim.

Terjemahan: “Dengan Nama Allah, Yang Dengan Nama-Nya tidak ada yang dapat menyebabkan kerusakan di bumi maupun di langit, dan Dialah Yang Maha Mendengar, Yang Maha Mengetahui.”

Nabi (saw) bersabda bahwa mengucapkan doa ini tiga kali pada pagi dan sore hari akan melindungi seseorang, sehingga tidak ada yang dapat menyakitinya, dan tidak ada malapetaka yang menimpanya.

Sumber: hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud

6. Bacaan Sebelum Tidur Ayatul Kursi

Anda mungkin sudah menghafal ayat berikutnya yang dikenal sebagai ‘Ayatul Kursi’ dari Surat Baqarah tetapi apakah Anda membaca setiap malam sebelum tidur? Cobalah, dan rasakan kedamaian dan ketenangan yang dibawanya.

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ە ۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ ۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖ ۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ ۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ 

Tulisan Latin: allaahu laa ilaaha illaa huwa alhayyu alqayyuumu laa ta/khudzuhu sinatun walaa nawmun lahu maa fii alssamaawaati wamaa fii al-ardhi man dzaa alladzii yasyfa’u ‘indahu illaa bi-idznihi ya’lamu maa bayna aydiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyay-in min ‘ilmihi illaa bimaa syaa-a wasi’a kursiyyuhu alssamaawaati waal-ardha walaa yauuduhu hifzhuhumaa wahuwa al’aliyyu al’azhiimu

Terjemahan Indonesia: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar. (QS. Al-Baqarah: 255)

Diceritakan oleh Abu Hurairah Ra. beliau berkata: Rasulullah SAW memerintahkan saya untuk menjaga hasil Zakat Ramadhan. Kemudian seseorang mendatangiku dan mulai mencuri bahan makanan (zakat). Aku pun menangkapnya dan berkata kepadanya,

“Aku akan membawamu ke Rasulullah (SAW)!” Kemudian Abu Huraira menjelaskan seluruh kisah itu dan berkata:

BACA JUGA:  Cara Makan atau Minum Habbatussauda Yang Benar Menurut Islam

Orang itu berkata (kepadaku), “(Tolong jangan bawa aku ke Rasulullah (saw) dan aku akan memberitahumu beberapa kata yang akan bermanfaat). Saat hendak pergi ke tempat tidurmu, bacalah Ayat-al-Kursi, karena (jika kamu membacanya) nanti akan ada penjagaan dari Allah yang akan melindungimu sepanjang malam, dan Setan tidak akan bisa mendekatimu sampai fajar.”

(Ketika Nabi (saw) mendengar cerita itu) dia berkata (kepada Abu Hurairah), “Dia (yang datang kepadamu pada malam hari) mengatakan yang sebenarnya kepadamu meskipun dia adalah pembohong; dan itu adalah Setan.”

Ayat dari Surat Al Baqarah ini dianggap sebagai salah satu ayat muliah dari seluruh ayat Alquran.

7. Dua Untuk Perlindungan Dari Musuh

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِيْ نُحُوْرِهِمْ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ

“Ya Allah! Sesungguhnya aku menjadikan Engkau di leher mereka (agar kekuatan mereka tidak berdaya dalam berhadapan dengan kami). Dan aku berlindung kepadaMu dari kejelekan mereka.” (HR. Abu Dawud).

Yang berikut ini sangat mudah dan singkat untuk diingat. Dianjurkan untuk melafalkan saat Anda takut orang lain mungkin mencoba menyakiti Anda.

اللهُمَّ اكْفِنِيهِمْ بِمَا شِئْتَ

ALLAHUMMA IKFINIIHIM BIMA SYI’TA

Ya Allah, cukupkanlah aku dari kejahatan mereka dengan cara sesuai yang Engkau kehendaki.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ عَضُدِيْ، وَأَنْتَ نَصِيْرِيْ، بِكَ أَجُوْلُ، وَبِكَ أَصُوْلُ، وَبِكَ أُقَاتِلُ

“Ya Allah! Engkau adalah lenganku (pertolongan-Mu yang kuandalkan dalam menghadapi lawanku). Engkau adalah pembelaku. Dengan pertolongan-Mu aku menang, dengan pertolongan-Mu aku menyergap dan dengan pertolongan-Mu aku berperang.”

8. Doa Untuk Perlindungan Dari Syirik

Syirik, (bahasa Arab: “menjadikan sekutu [seseorang]”), dalam Islam, penyembahan berhala, politeisme, dan pergaulan Tuhan dengan dewa-dewa lain. Ada banyak jenis syirik mulai dari ‘syirik kecil’ sampai syirik besar yang termasuk penyembahan berhala.

BACA JUGA:  Ayat-ayat Al-Quran Tentang Sabar

Allah itu Al-Waahid (artinya ‘Satu-satunya’) dan menyekutukan sekutu atau tuhan lainnya adalah haram. Allah memperingatkan para pengikutnya untuk tidak melakukan dosa ini,

Katakan, [Wahai Muhammad], “Aku hanya pemberi peringatan, dan tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa. (Quran 38:65).

Doa ini akan menjadi langkah maju yang tepat jika ada syirik yang dilakukan. Allah itu Ar-Rahim, Yang Maha Penyayang, dan tahu perasaan apa yang sesungguhnya ada di dalam hatimu.

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ

Allahumma inni a’uzubika an usyrika bika wa ana a’lamu wa astaghfiruka lima la a’lamu.

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui.” (HR. Ahmad,)

9. Doa Untuk Perlindungan Anak Dan Keluarga

Allah juga telah menyebutkan ayat-ayat tertentu dari Alquran yang dapat kita baca untuk mencari perlindungan bagi orang yang kita cintai seperti kerabat dan keluarga.

Berikut ini adalah doa Quran yang berfungsi untuk memohon perlindungan bagi anak cucu dan keluarga.

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

Bacaan Latin: rabbi ij’alnii muqiima alshshalaati wamin dzurriyyatii rabbanaa wtaqabbal du’aa/-i

Terjemahan Indonesia: Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS. Ibrahim: 40)

Dan berikut ini adalah doa agar diberi pasangan dan keturunan yang menjadi penghibur bagi kita.

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Tulisan Latin: waalladziina yaquuluuna rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata a’yunin waij’alnaa lilmuttaqiina imaamaan

Terjemahan Indonesia: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74)

Kesimpulan Tentang Doa Lengkap Memohon Perlindungan Kepada Allah Swt Arab Latin Terjemah Bahasa Indonesia

Doa di atas adalah doa-doa tentang memohon perlindungan kepada Allah Swt dari beragam keburukan dan kesulitan.

Semoga doa yang ada dalam artikel ini bisa memberi kepada Anda beberapa informasi bermanfaat di mana Anda dapat membaca doa itu dan mendapatkan manfaatnya.

Sangat disarankan bagi kita untuk memulai dengan membaca salah satu dari doa-doa di atas dan menjadikannya sebagai rutinitas. Cobalah membaca Ayatul Kursi atau Surat Al Falaq atau Nas (atau ketiganya) sebelum tidur pada malam ini dan Anda akan merasakan kualitas tidur yang lebih baik insyaAllah.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *