Di mana pertama kali Alquran diturunkan?

Di mana ayat pertama Al-Qur’an turun? Di mana pertama kali Alquran diturunkan? Al-Quran merupakan wahyu yang disampaikan oleh Allah melalui Jibril kepada Nabi Muhammad Saw. Al-Quran datang kepada Nabi Muhammad Saw. pada saat usia beliau mencapai 40 tahun.

Setelah itu, al-Quran pun turun dengan berangsur-angsur selama 23 tahun hingga Nabi saw wafat pada saat berusia 63 tahun. Selama kurun waktu tersebut, al-Quran ditulis dan dihafal oleh para sahabat yang jumlahnya banyak sekali.

Lalu Di mana pertama kali Alquran diturunkan? di mana pertama kali ayat al-Quran diturunkan? Berikut ini adalah ulasannya.

Di mana pertama kali Alquran diturunkan?

Mengenai pertanyaan di mana ayat pertama atau dimana pertamakali al-Quran diturunkan, maka jawabannya adalah: Al-Quran turun pertamakali pada tahun 610 di gua Hira di Mekah. Adapun ayat atau Wahyu pertama yang diturunkan adalah lima ayat pertama dari surah al-Alaq.

Al-Alaq berarti segumpal darah, namun dalam penafsiran lain disebut dengan sesuatu yang melekat di rahim (telur), adalah surah yang menjelaskan tentang salah satu tahapan penciptaan manusia. Surat ini disebut juga disurat surah al-Iqra.

Surah al-‘Alaq turun di Mekah pada saat nabi berada di Gua hira untuk berkhalwat atau tahannus. Surah al-Alaq sendiri secara total berjumlah 19 ayat. 5 ayat pertama adalah ayat Al-Qur’an pertama yang diturunkan.

Dalam surah ini dijelaskan bahwa keutamaan membaca dan belajar, penciptaan manusia, ciri-ciri pena, ini adalah karunia Allah kepada manusia, bahwa manusia harus memikirkannya dan menaati Tuhannya, jika tidak ia akan dihukum.

Gua Hira Tempat Pertamakali al-Qur’an Turun

Gua Hira atau dalam bahasa Arab ditulis حراء merupakan gua tempat Nabi Muhammad Saw. bertahannuts atau berkhalwat atau menyendiri. Gua ini adalah tempat pertama kali al-Quran diturunkan kepada nabi pada bulan ramadhan. Gua hira terletak pada jarak 6 KM dari gunung Nur.

Isi Surah al-‘Alaq ayat 1-5, ayat yang pertama kali turun

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
1. Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan!
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.
4. Dialah Tuhan yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam.
5. Dia mengajari manusia apa yang tidak mereka ketahui.

Kesimpulan tentang Di mana pertama kali Alquran diturunkan

Al-Quran turun pertama kali di gua Hira di Mekah pada tahun 610 H. Waktu itu Nabi Muhammad berkhalwat karena prihatin dengan kondisi masyarakat yang penuh dengan kebodohan atau jahiliyah.

Originally posted on December 28, 2021 @ 12:41 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *