Home » Akhlak » Dalam Islam Apa Boleh Ibu Hamil Potong Rambut

Dalam Islam Apa Boleh Ibu Hamil Potong Rambut

Memotong Rambut Saat Hamil Dilarang?

Apakah anda pernah mendengar tentang mitos yang menjelaskan tentang potong rambut saat hamil? Konon  menurut mitos tersebut katanya potong rambut saat hamil bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin.

Malahan di beberapa tempat ada juga mitos yang menyebutkan bahwa memotong rambut saat hamil dipercaya akan membawa energi buruk untuk sang bayi.

Hal ini pun menjadikan beberapa ibu hamil enggan untuk memotong rambut karena ada mitos tersebut. Padahal pada beberapa hal bisa jadi ibu hami perlu potong rambut karena adanya rambut yang membuat tidak nyaman.

Lalu dalam agama Islam sebenarnya bagaimana sih hukum memotong rambut agar kita bisa mendapatkan penjelasan sehingga tidak salah dalam bertindak? Sebenarnya dalam islam apa boleh ibu hamil potong rambut? Berikut ini adalah jawabannya.

Hukum Memotong Rambut saat Hamil Menurut Islam

Apakah benar ibu hamil dilarang potong rambut? Inilah penjelasan Hukumnya Menurut Islam!

Mungkin anda juga pernah bertanya-tanya bagaimana sih hukum memotong rambut saat hamil menurut Islam.

Adapun jawabannya, maka memotong rambut saat hami dalam Islam itu tidaklah mengapa alias boleh-boleh saja.

Hukum memotong rambut saat hamil menurut Islam ini sah-sah saja dilakukan, terutama jika dalam rangka merapkan rambut sebab sebagai manusia wajib mensyukuri dan merawat anugerah dari Allah SWT.

Mengenai hukum memotong rambut saat hamil ini memang tidak ada dalil atau hadits khusus. Meskipun demikian, memotong rambut yang diniatkan untuk merawat diri dan membuat ibu hamil lebih nyaman, boleh saja dilakukan bahkan bisa menjadi sebuah kebaikan.

Malahan dengan memotong rambut itu ada beberapa hal yang bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti menjadikan tubuh nyaman.

BACA JUGA:  Hukum transfusi Darah Dalam Islam

Sudah jelas bahwa saat hamil, hormon di dalam tubuh akan meningkat. Hormon yang meningkat ini juga akan memengaruhi seluruh siklus di dalam tubuh, ditambah dengan perubahan pada fisiknya. Tidak heran kalau ibu hamil merasa tidak nyaman, merasa rambutnya yang panjang semakin lembab dan kusam.

Karena itu, demi kenyamana ibu hamil selama mengandung bayinya, memotong rambut diperbolehkan. Islam pun tidak pernah memberikan syariat yang membuat umatNya merasa terbebani dan kesulitan.

Dalam Islam maupun secara medis, memotong rambut saat hamil tidak menimbulkan bahaya untuk ibu hamil. Pun dari zaman Rasulullah SAW hingga saat ini tidak ada teladan dalam Islam yang memerintahkan untuk tidak melakukan itu.

Secara medis dari berbagai penelitian dan pendapat para ahli, hal tersebut juga sama diperbolehkannya. Artinya tidak ada bahaya memotong rambut kecuali jika disertai dengan bahan-bahan kimia atau sesuatu yang berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Jadi sebagai umat muslim, kita tidak perlu menjalankan dan tidak perlu percaya pada segala sesuatu yang tidak ada dalam syariat islam, jangan khawatir untuk memotong rambut selama kehamilan selama hal itu dapat memberikan kenyamanan dan tidak mempengaruhi kesehatan.

Sebaiknya, pasarahkan segalanya dengan percaya pada Allah SWT, sehingga setiap urusan yang dilakukan akan diberkahi dan dijauhkan dari kesesatan atau kemaksiatan.