Dalam Ajaran Islam Berbakti Kepada Orang Tua Hukumnya Apa?

Dalam Ajaran Islam Berbakti Kepada Orang Tua Hukumnya Apa? Dalam Islam diajarkan segala kebaikan, baik yang berhubungan dengan keluarga maupun manusia sesama.

Di antara yang banyak ditanyakan oleh para pembaca adalah Dalam Ajaran Islam Berbakti Kepada Orang Tua Hukumnya Apa?

Dalam Ajaran Islam Berbakti Kepada Orang Tua Hukumnya Apa?

Lalu Dalam Ajaran Islam Berbakti Kepada Orang Tua Hukumnya Apa? Jawabannya adalah dalam ajaran islam berbakti kepada orang tua hukumnya adalah fardhu ain alias wajib individu. Dalam Islam berbakti kepada orang tua disebut dengan birrul walidain.

Birrul Walidain adalah bahasa Arab: بر الوالدين yang mana ia termasuk dalam konsep etika Islam yang menunjukan kepada tindakan berbakti (berbuat baik) kepada kedua orang tua.

Dalam Islam Berbakti kepada orang tua ini hukumnya fardhu (wajib) ain atau wajib individu bagi setiap Muslim, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah seorang non muslim.

BACA JUGA: Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? 7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Saffron

Bentuk Berbakti Kepada Orang Tua

Jika kita hendak mencari konsep bentuk-bentuk birrul walidain dalam Islam maka kita bisa menelusurinya dalam tinjauan Al-Quran.

Adapun birrul walidain sebagaimana disebutkan dalam al-Quran meliputi hal-hal berikut seperti:

1. Larangan mengatakan uff, membentak dan menyakiti orang tua, dan perintah mengucapkan kata-kata mulia,

2. Merendahkan diri di hadapan orang tua atau saat bergaul dengan mereka

3. Hormat patuh kepada orang tua selama tidak untuk maksiat atau melakukan perbuatan yang melanggar agama.

4. Memuliakan orang tua dengan penuh rasa kasih sayang dan juga terima kasih atas jasa-jasa keduanya yang tidak bisa di nilai dengan apapun.

5. Membantu orang tua secara fisik maupun materil kepada kedua orang tua dengan sepenuh hati

6. Mendoakan orang tua baik yang masih hidup atau pun yang sudah meninggal dunia dengan doa terbaik

Berbakti kepada Orang Tua Dalam Hadis

Dalam hadis nabi, banyak sekali disebutkan riwayat tentang berbakti kepada orang tua. Salah satu riwayat tentang berbakti pada orang tua ini adalah sebagaimana hadis berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ،قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ، وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ، وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezkinya, maka hendaknya ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambug silaturrahim (kekerabatan).” (HR. Ahmad).

10 Cara Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Islam

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk berbakti kepada orang tua:

1. Bersyukurlah untuk mereka dan tunjukkan rasa terima kasih Anda

Ketika kita memasuki dunia ini dari rahim ibu kita, kita sangat tidak berdaya. Kami belum belajar untuk memberi makan diri kami sendiri, berjalan, berkomunikasi, atau melakukan segala bentuk perawatan diri (um, ganti popok kami!).

Orang tua kita mengambil semua tanggung jawab ini. Kita mungkin membuat mereka gila saat kita tumbuh dewasa, tetapi mereka terus mengenakan pakaian di punggung kita, menyediakan makanan dan mengantar kita dari latihan ke kelompok pemudadan banyak lagi.

Bahkan jika orang tua Anda (adalah) tidak percaya, mereka masih membesarkan kami dan pantas mendapatkan rasa terima kasih kami.

Untuk menghormati orang tua Anda dimulai dengan berterima kasih kepada mereka.

2. Membangung komunikasi yang baik dengan mereka.

Tuhan ingin kita memiliki hubungan yang mendalam dengan orang lain dan hubungan pertama Anda adalah hubungan dengan orang tua yang telah Dia tempatkan dalam hidup Anda.

Untuk menghormati orang tua Anda, Anda perlu berbicara dengan mereka. Tanyakan tentang hari mereka, bagaimana kabar mereka. Ajukan pertanyaan tentang kapan mereka tumbuh dewasa. Pelajari tentang tonggak dalam hidup mereka dan kesamaan Anda.

Untuk berbakti kepada orang tua Anda, Anda perlu berbicara dengan mereka. Kunjungan, panggilan telepon – tidak peduli seberapa sibuknya Anda. Kunjungan atau panggilan itu mungkin merupakan puncak minggu mereka.

3. Bicaralah perlakukan mereka dengan hormat

Ketika kita menunjukkan rasa dendam atau frustrasi terhadap orang tua kita, kita mencerminkan hati yang tidak bersyukur. Selain itu, kita berdosa dengan tidak memberi orang tua kita posisi otoritas dan rasa hormat yang telah Allah tetapkan.

Kita perlu memperlakukan mereka, dalam ucapan dan perbuatan, sebagai beberapa orang terpenting di bumi.

4. Doakan mereka

Cara lain untuk menghormati orang tua Anda adalah dengan mendoakan mereka. Berdoalah untuk kesehatan, hubungan, panggilan mereka, jika mereka masih bekerja. Berdoalah untuk perjalanan mereka dengan Tuhan (atau untuk keselamatan mereka jika mereka bukan orang percaya).

Selain itu, jika Anda berjuang dengan cara menghormati orang tua Anda, mintalah Tuhan untuk membantu Anda dalam bidang ini.

Saat kita menjalani cobaan hidup sehari-hari, terkadang kita lupa bahwa orang tua kita juga mengalami kesulitan. Ada perjuangan keuangan, masalah kesehatan, teman dan orang yang dicintai meninggal dan banyak lagi. Tidak ada habisnya daftar cara yang dapat kita lakukan untuk berdoa bagi orang tua kita. Berdoa untuk orang tua Anda adalah cara untuk menghormati orang tua Anda.

5. Memberi bantuan kepada orang tua

Berilah bantuan atau suport atas apa yang ingin dicapai oleh orang tua. Permudahlah urusan mereka.

Hendaknya kita menyisihkan rezeki kita bagi mereka atau memberikan bantuan apapun yang bisa membuat mereka senang.

6. Maafkan orang tuamu

Salah satu cara terpenting untuk menghormati orang tua adalah dengan memaafkan mereka.

Setiap orang tua membuat kesalahan dalam membesarkan anak-anak mereka. Saya tahu bahwa saya telah melakukan banyak kesalahan dalam membesarkan anak-anak saya sendiri.

Tidak ada orang tua yang sempurna. Semua telah membuat keputusan yang buruk pada satu waktu atau yang lain atau telah mengatakan atau melakukan hal-hal yang telah menyakiti kita. Lepaskan semua kepahitan atau kebencian dan maafkan mereka.

Jika Anda tidak dapat memaafkan, Anda (dan orang tua Anda) tidak dapat bergerak maju. Anda akan terjebak dalam lumpur kemarahan dan dendam, yang tidak sehat bagi Anda berdua.

Anda dapat menghormati orang tua Anda dengan memberikan kasih karunia dan pengampunan kepada mereka.

7. Jaga orang tuamu

Merawat orang tua Anda bisa sesederhana mengemudi atau menemani mereka ke dokter atau membantu mereka membayar tagihan mereka .

Seiring bertambahnya usia orang tua kita, sayangnya ada orang yang mencari setiap kesempatan untuk memanfaatkannya. Saluran Discovery Investigasi telah menayangkan banyak program tentang anak-anak yang mencuri atau membunuh orang tua mereka demi uang – dan itu hanya ada di keluarga!

Originally posted on March 10, 2021 @ 8:01 pm

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *