Image: Pixabay

Cara Mengusir Semut Dalam Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 24, 2021)

Semut Dalam Islam

Dalam Islam, semut merupakan hewan yang istimewa. Semut ini telah disebut kisahnya dalam Alquran bahkan namanya pun digunakan menjadi nama surah yaitu An Naml yang artinya semut.

Dalam Islam, semut merupakan hewan yang tidak boleh dibunuh dengan cara apapun. Apalagi membunuh semut dengan dibakar sarangnya.

Dalam sebuah riyawat dari Abdullah bin Mas‘ud r.a disebutkan bahwa, “Kami pernah bersama Rasulullah SAW melewati sebuah sarang semut yang telah terbakar. Nabi lalu marah dan bersabda, ‘Sesungguhnya tidak patut bagi manusia untuk menyiksa dengan siksaan Allah’.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i).

Dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma juga disebutkan bahwa:

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنَ الدَّوَابِّ: النَّمْلَةِ، وَالنَّحْلَةِ، وَالْهُدْهُدِ، وَالصُّرَدِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh 4 jenis binatang: semut, lebah, hudhud, dan suradi. (HR. Ahmad)

Cara Mengusir Semut Dalam Islam

Jika rumah kita banyak semut yang mengganggu dan kita ingin mengusirnya maka kita sebenarnya bisa menggunakan cara yang dicontohkan dalam al-Quran.

Alih-alih mengobati semut dan meracuni atau bahkan membakarnya, kita bisa mencontoh kisah nabi Sulaiman yang mana dalam kisah itu para semut pun sebenarnya bisa mendengar atau mengetahui adanya kelompok manusia.

Dengan demikian sebenarnya kita bisa berikhtiar mengusir semut dengan cara menegur mereka. Adapun caranya bisa menggunakan kalimat seperti di bawah ini:

“Assalamualaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat.”

Doa Untuk Mengusir Semut Dalam Islam

Dalam Islam sebenarnya tidak ada doa khusus yang mengajarkan tentang cara mengusir semut. Namun kita tetap bisa berdoa dengan doa yang sebisa mungkin kita ucapkan dengan diberi asma Allah.

BACA JUGA:  Hikmah Keguguran Dalam Islam

Salah satu doa yang bisa kita ucapkan adalah:

“Ya Allah! Lindungilah rumah kami dari ciptaanmu yang bisa mengganggu kami. Hilangkanlah semut-semut itu dari rumah kami.”

Atau kita bisa berkata kepada semut itu untuk memerintah mereka agar pergi dari rumah. Karena memang makhluk hidup itu sejatinya bisa diajak berkomunikasi dalam Islam.

“Wahai semut wahai rakyatnya Nabi Sulaiman! Carilah tempat lain yang lebih bagus dan aman darimu agar tidak terkena gangguan.”

Kalimat di atas bisa kita ucapkan keapda semut-semut itu dengan harapan agar mereka bisa pergi dengan sendirinya. Wallahua’lam.



Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *