Image: Pixabay

Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan Menurut Islam

Posted on
(Artikel terakhir diupdate pada: January 24, 2021)

Anak Dalam Kandungan Menurut Islam

Dalam agama Islam, anak yang berada dalam kandungan itu sudah terhitung sebagai manusia yang punya hak sebagaimana manusia pada umumnya.

Dalam hadis pun disebutkan bahwa ada dua orang perempuan yang bertengkar sehingga salah satu di antara keduanya melemparkan batu kepada yang lain.

Batu itu terkena perutnya yang hamil dan bayinya meninggal dalam kandungan. Rasulullah Saw. pun mengharuskan agar pelaku dikenai diyat atau hukuman atas tindakan tersebut.

Bayi dalam kandungan itu pun pada usia tertentu sudah memiliki hak agar orang tuanya memberikan ajaran yang terbaik kepadanya.

Oleh karenanya, sejak dini seharusnya orang tua sudah mengajari anak agar anak itu menjadi anak yang cerdas.

Dalam Agama Islam, anak telah ditiupkan roh ke dalam raga bayi pada umur 120 hari. Sejak saat itulah anak sudah hidup dan bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Oleh karena, kita pun bisa melakukan hal-hal tertentu agar bisa membuat anak cerdas sejak berada di dalam kandungan sesuai ajaran Islam.

Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan Menurut Islam

Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita tempuh sebagai orang tua agar bayi dalam kandungan kita bisa menjadi anak yang cerdas menurut cara Islam.

1. Membacakan Doa Kepada Anak Dalam Kandungan

Sejak usia kehamilan bayi, orang tua hendaknya tak lepas dari membaca doa untuk mengharapkan agar anaknya diberi anugerah kecerdasan sejak dalam kandungan.

Bahkan doa sebenarnya sudah harus dibaca semenjak orang tua berusaha untuk mendapatkan kehamilan pada saat berhubungan intim.

Adakalanya kebodohan itu datang dari syetan, sehingga dengan membacakan doa, anak kita akan terhindar dari syetan sehingga terhindar dari kebodohan.

BACA JUGA:  Manfaat Air Kedelai untuk Ibu Hamil

Adapun doa yang bisa kita baca untuk dapat memperoleh anak yang sholeh dan sholehah adalah doa Nabi Zakariya yang ada dalam Al Quran:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ‌ ‌ۚ قَالَ رَبِّ هَبۡ لِىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً‌ ‌ ۚ اِنَّكَ سَمِيۡعُ الدُّعَآءِ

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anakyang baik (shaleh). Sesungguhnya Engkaulah Maha pendengar doa”, (Qs. Al Imran : 38)

2. Membacakan Al Quran

Membaca al-Quran kapanpun dan dimanapun pada tempat-tempat yang baik adalah hal yang sangat dianjurkan kepada orang-orang muslim.

Al-Quran membawa berkah, dan al-Quran adalah obat. Ia berisi petunjuk kepada kebenaran. Membacakan al-Quran kepada bayi dalam kandungan merupakan salah satu cara terbaik untuk melatih anak menjadi anak yang cerdas.

Dan tentunya, anak pun akan mengenal al-Quran dan mengenal Islam sejak dini. Melantunkan bacaan al-Quran kepada bayi adalah cara jitu untuk merangsang kecerdasan anak dalam kandungan.

3. Memberikan Stimulus dan Sentuhan

Islam mengajarkan kasih sayang dan kelembutan kepada makhluk. Oleh karenanya, mengenalkan kasih sayang itu pun bisa kita lakukan kepada bayi dalam kandungan sejak dini.

Caranya bisa dengan membelai lembut perut ibu hamil dan mencoba berinteraksi dengan bayi dalam kandungan.

Hal ini pun dibenarkan dalam ilmu kedokteran modern bahwa stimulus dengan membelai bayi bisa membuat bayi terangsang dan aktif.

Tentnya hal tersebut bisa melatih kecerdasan anak sejak dini dalam kandungan.

4. Mengajak Bicara

Sejak dalam kandungan terutama sejak usia minggu ke 25 janin sudah dapat mendengar dan mengenali suara orang orang terdekatnya.

Oleh karenanya, lakukanlah komunikasi islami dengan janin dengan mengelus elus perut. Ucapkan doa, salam, bacakan al-Quran dan shalawat, pasti indera bayi semakin kuat dan ini pun berpengaruh besar pada kecerdasan si bayi.

BACA JUGA:  Cara Allah Menciptakan Manusia

5. Menjaga Asupan Nutrisi dan Gizi Bayi

Faktor penting yang menunjang kecerdasan bayi atau anak dalam kandungan adalah asupan gizi yang cukup. Dalam Islam pun dijelaskan bahwa perempuan hamil yang khawatir atas kandungannya maka ia diperbolehkan tidak berpuasa.

Ini artinya Islam memiliki cara ampuh dalam rangka mencerdaskan anak bayi sejak dalam kandungan. Oleh karenanya, sejak bayi ada di dalam kandungan, usahakan untuk makan makanan yang bergizi dan mengandung nutrisiyang dibutuhkan bayi.

6. Orang Tua Mengajarkan Tingkah Laku Yang Baik

Pepatah mengatakan bahwa buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Hal ini pun ada dalam agama Islam meskipun tidak persis, bahwa anak itu dilahirkan secara Islam, tapi orang tuanya itu yang membuat mereka menyimpang dari Islam.

Sebenarnya, jika kita ingin anak kita cerdas sejak lahir, maka hendaknya kita berusaha untuk menjadi pribadi yang baik dan cerdas. Karena genetik anak itu dipengaruhi oleh genetik orang tua, menurut penelitian modern.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, lakukanlah hal-hal yang berkaitan dengan belajar agar hal itu bisa diturun oleh anak dalam kandungan.

Misalnya dengan banyak membaca buku, belajar, membaca al-Quran dan beragam hal yang bermanfaat.

7. Perbanyak Sedekah

Cara selanjutnya agar anak bisa cerdas seak dalam kandungan adalah hendaknya orang tua memperbanyak sedekah.

Hal ini karena sedekah itu bisa menolak balak dan mendatangkan keberkahan.

Rasulullah Saw. bersabda: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi)

Dengan bersedekah itu, kita mengharapkan kebaikan untuk sang bayi dan tentu doa kita agar diberi bayi yang cerdas anak yang cerdas itu terkabul.

Itulah beberapa cara untuk membuat anak cerdas sejak dalam kandungan menurut Islam. Semoga kita bisa mendapatkan bayi yang cerdas, soleh solehah sesua dambaan orang tua amin ya Rabbal alamin.



BACA JUGA:  Makanan Untuk Kuatkan Ingatan dan Hafalan Dalam Islam
Gravatar Image
Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *