Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur?

Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur? Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang utama dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw.

Berdasarkan tuntunan Rasulullah saw, shalat tahajud itu dilakukan setelah tidur, meskipun hanya sejenak. Namun apakah sah shalat tahajud tanpa tidur? Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur?

Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur?

Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur? Jawabannya adalah tidak sah shalat tahajud tanpa tidur karena shalat tahajud sendiri adalah shalat sunah pada malam hari yang dilakukan setelah tidur, meskipun hanya sebentar.

Perlu diketahui bahwa definisi shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah bangun tidur walaupun tidurnya hanya sebentar.

Jadi, jika kita tidak tidur sama sekali di waktu malam kemudian ingin melaksanakan shalat sunah tahajud, maka shalat sunah yang dilakukan tidak dinamakan shalat tahajud sebagaimana menurut pendapat yang kuat atau mu’tamad.

Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur?
Bolehkah shalat tahajud tanpa tidur?

Imam Romli dalam karyanya Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj menyebutkan:

ويسن (التهجد) بالإجماع لقوله تعالى {ومن الليل فتهجد به نافلة لك} [الإسراء: 79] ولمواظبته – صلى الله عليه وسلم – وهو التنفل ليلا بعد نوم

Artinya: Shalat tahajud disunahkan dengan kesepakatan ulama berdasarkan firman Allah Taala (dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu (QS Al-Isra; 79). Dan juga berdasarkan ketekunan Nabi Muhammad SAW dalam melaksanakannya. Shalat tahajud adalah shalat sunah di malam hari setelah tidur.

Dengan demikian sudah jelas sekali bahwa shalat tahajud harus dilakukan setelah tidur. Oleh karena itu, jika ingin melaksanakan shalat tahajud tidurlah terlebih dahulu walau hanya sebentar.

Tapi, jika memang tidak bisa tidur masih ada shalat sunah lain yang bisa dikerjakan seperti shalat tasbih, shalat hajat, shalat witir dan lain sebagainya.

Bisa kita simpulkan bahwa shalat tahajud itu adalah shalat yang dilakukan setelah tidur pada malam hari. Dengan demikian jika belum tidur maka tidaklah bisa disebut sebagai shalat tahajud. Wallahua’lam.

Info Dalam Islam

Berbagi beragam informasi menarik dan bermanfaat tentang agama Islam yang semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *